10 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Ada yang Jaraknya Capai 189 KM

Jika ditanya soal jalan tol terpanjang di Indonesia, sepertinya masih banyak masyarakat yang belum tahu, apa saja jalan tol yang masuk ke dalam daftar tersebut. Padahal, beberapa di antaranya adalah jalan tol yang sering dilalui masyarakat ibukota.

Hayo, siapa di antara kamu yang jadi menebak-nebak, apa saja tol yang masuk ke dalam daftar jalan tol terpanjang di Indonesia?

Daripada memikirkan dan memperkirakan yang belum pasti, mendingan cari tahu dulu yuk, sejumlah jalan tol terpanjang di Indonesia, yang pada artikel kali ini akan CekAja ulas secara lengkap khsusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Meskipun jaraknya memang belum sepanjang jalan tol luar negeri, yang bisa mencapai ribuan kilometer, namun jalan tol terpanjang di Indonesia ada sangat banyak.

Apalagi, jumlah dan panjang tol di Indonesia secara perlahan akan terus bertambah, mengikuti kebutuhan dan target infrastruktur pembangunan.

Nah, jika kamu ingin tahu apa saja jalan tol terpanjang di Indonesia tersebut, di bawah ini CekAja telah merangkum 10 di antaranya, yang terdiri dari:

1. Tol Terbanggi Besar – Kayu Agung

Jarak: 189,2 km

Jalan tol terpanjang di Indonesia yang pertama, yaitu Tol Terbanggi Besar – Kayu Agung. Memiliki jarak sepanjang 189,2 km, tol ini dikerjakan oleh BUMN PT Hutama Karya (Persero) pada Juli 2018.

Hanya memakan waktu singkat, yakni sekitar 841 hari, jalan tol Terbanggi Besar – Kayu Agung sudah bisa beroperasi pada November 2019.

Jalan tol ini dimulai dari Lampung, kemudian melintas lewat Pematang Panggang, dan berujung di Kayu Agung yang masuk melalui Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

Tol Tebanggi Besar – Kayu Agung sendiri merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera, yang menjadi salah satu proyek besar milik pemerintah.

(Baca Juga: Tarif Tol Trans Jawa Terbaru)

2. Tol Bakauheni – Terbanggi Besar

Jarak: 140,94 km

Berikutnya ada Tol Bakauheni – Terbanggi Besar, yang menempati posisi kedua sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia.

Bagaimana tidak, pasalnya tol ini memiliki jarak sepanjang 140,94 km. Terlebih, biaya yang dihabiskan untuk pembuatan tol ini pun sangat besar, yakni lebih dari Rp16,7 triliun.

Sama seperti jalan tol sebelumnya, Tol Bakauheni – Terbanggi Besar pun dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) sejak 2015, dan diresmikan pada 2019.

Buat kamu yang memiliki kampung di kabupaten Lampung, pasti sudah tidak asing dengan jalan tol ini. Sebab, tol Bakauheni -Terbanggi Besar melintasi Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Selatan, dan berujung di Pelabuhan Bakauheni.

3. Tol Pekanbaru – Dumai

Jarak: 131,48 km

Selain dua tol di atas, ada juga Tol Pekanbaru – Dumai yang menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia. Dengan jarak sepanjang 131,48 km, jalan tol ini menjadi penghubung antara Pekanbaru dengan Dumai, yang keduanya masih sama-sama masuk Provinsi Riau.

Adapun kota dan kabupaten yang dilalui jalan tol ini, yaitu Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, dan Kota Dumai.

Pembangunan jalan tol ini dimulai pada Desember 2016, kemudian berjalan selama kurang lebih empat tahun, hingga akhirnya berhasil diresmikan pada September 2020.

4. Tol Cikampek – Palimanan

Jarak: 116,75 km

Jaraknya yang mencapai 116,75 km, membuat Tol Cikampek – Palimanan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia, yang menempati posisi keempat.

Diresmikan pada Juni 2015, jalan tol ini menjadi jalan tol terpanjang di Pulau Jawa, yang menghubungkan ujung Jawa Barat dengan ujung Jawa Timur.

Tepatnya, jalan tol ini melintasi daerah Cikopo, Subang, Purwakarta dan Palimanan. Maka dari itu, jalan tol ini sering disebut dengan Tol Cipali (Cikampek – Palimanan).

Sebuah fakta menarik yang perlu diketahui, karena sejak pembangunannya Tol Cipali sempat beberapa kali berganti kepemilikan.

Mulanya, jalan tol ini dimiliki oleh Saratoga yang bekerja sama dengan Sandiaga Uno, sebelum kemudian dijual ke investor Malaysia, yaitu UEM Group Berhad.

Namun belakangan, investor Malaysia itu menjualnya kembali ke PT Baskhara Utama Sedaya (BUS), yang merupakan cucu perusahaan Grup Astra.

5. Tol Jakarta – Merak

Jarak: 98 km

Buat kamu yang tinggal di sekitar ibukota, mungkin kamu sudah tidak asing dengan jalan tol terpanjang di Indonesia yang satu ini. Ya, Tol Jakarta – Merak.

Jalan tol yang memiliki jarak sepanjang 98 km ini, pada dasarnya juga sudah cukup populer, karena sudah digunakan sejak 1984.

Apalagi, Tol Jakarta – Merak menjadi salah satu jalan tol paling sibuk, karena melayani berbagai armada yang ingin pergi ke wilayah Tangerang maupun Pelabuhan Merak.

Oleh karena itu, jangan heran apabila saat melintasi tol ini kamu sering melihat truk atau kontainer besar yang berlalu Lalang.

Dan sesuai dengan namanya, jalan tol milik cucu Grup Astra ini menghubungkan beberapa daerah mulai dari Jakarta Barat, Serang, Tangerang, hingga Cilegon.

6. Tol Solo – Ngawi

Jarak: 90,43 km

Jalan tol terpanjang di Indonesia yang keenam, yaitu Tol Solo – Ngawi. Memiliki jarak sepanjang 90,43 km, tol ini nyatanya terhubung dengan Tol Semarang – Solo di sebelah barat, dan Tol Ngawi – Kertosono di sebelah timur.

Jika kamu melintas di jalan tol ini dan berujung di Kabupaten Ngawi, maka kamu sudah pasti melewati beberapa kabupaten seperti Kabupaten Boyolali, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, dan terakhir Kabupaten Ngawi.

7. Tol Ngawi – Kertosono

Jarak: 87,02 km

Siapa sangka, kalau ternyata jalan Tol Ngawi – Kertosono juga menjadi salah satu jalan tol terpanjang di Indonesia.

Dengan jaraknya yang mencapai 87,02 km, jalan tol ini terhubung dengan Tol Solo – Ngawi di sebelah barat dan Tol Kertosono – Mojokerto di sebelah timur.

Tol yang sudah beroperasi sejak 2018 ini, melintasi beberapa kabupaten yang di antaranya, yaitu Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Ngawi.

Jalan tol yang dimiliki oleh PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri ini pun, ternyata menjadi bagian dari jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Surabaya dan Jakarta.

8. Tol Jakarta – Cikampek

Jarak: 83 km

Menjadi salah satu tol yang paling sering dilalui masyarakat Indonesia, Tol Jakarta – Cikampek memiliki jarak sepanjang 83 km.

Daerah yang dilintasi jalan tol ini pun sepertinya sudah tak asing di telinga, karena terdiri dari Jakarta Timur, Bekasi, Karawang hingga Purwakarta.

9. Tol JORR

Jarak: 64 km

Di urutan sembilan ada Tol JORR (Jakarta Outer Ring Road), yang juga menjadi bagian dari jalan tol terpanjang di Indonesia.

Hal tersebut karena, tol yang merupakan rangkaian jalan melingkar di luar kota Jakarta ini, memiliki panjang sekitar 64 km.

Tidak hanya itu, jalan tol yang sudah eksis sejak 1990-an ini pun, menjadi penghubung bagi warga Jakarta dan sekitarnya, jika ingin berkunjung ke daerah-daerah lainnya seperti Tangerang, Bekasi dan sejumlah kota lainnya di daerah Pantura.

10. Tol Jagorawi

Jarak: 59 km

Siapa yang tidak asing dengan jalan tol satu ini? Ya, jalan tol yang memiliki panjang 59 km ini, menghubungkan tiga kawasan, yakni Jakarta, Bogor, dan Ciawi.

Ada satu fakta menarik yang perlu kamu ketahui tentang Tol Jagorawi, yaitu tol ini nyatanya merupakan tol pertama di Indonesia yang dibangun pada 1975. Kalau diibaratkan manusia, Tol Jagorawi mungkin sudah berusia sekitar 46 tahun ya?

(Baca Juga: Wisata Keren di Yogyakarta)

Itulah 10 jalan tol terpanjang di Indonesia, yang sudah kamu ketahui secara lengkap informasinya di pembahasan sebelumnya.

Bagaimana, dari 10 jalan tol tersebut apakah satu di antaranya ada yang sesuai dengan tebakanmu?
Jika tidak, ini bisa jadi informasi baru buat kamu, yang belum mengetahui jalan tol terpanjang di Indonesia hingga saat ini.

Setelah tahu, untuk menghilangkan rasa penasaran, kamu bisa berkunjung ke daerah yang melewati salah satu tol terpanjang tersebut.

Hanya saja, diperlukan persiapan khusus, terutama dari segi kesehatan jika akan melakukan perjalanan jauh, untuk mengantisipasi risiko yang dapat terjadi.

Salah satu contohnya, yaitu kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan. Yang mana, asuransi kesehatan kini bisa dipilih dan diajukan secara online, melalui situs perbandingan seperti CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan terbaik, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga!