Jam Operasional Bank-Bank Selama PPKM Darurat, dari BRI sampai CIMB Niaga

Jam operasional bank-bank selama PPKM Darurat mengalami penyesuaian. Ketahui daftar lengkapnya beserta jam layanan yang diterima di kantor cabang bank terdekat. Simak informasinya berikut ini!

Jam Operasional Bank-Bank Selama PPKM Darurat, dari BRI sampai CIMB Niaga

Sejak 3 Juli 2021, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan asyarakat (PPKM) Darurat resmi berlaku hingga 25 Juli 2021. PPKM Darurat diterapkan di 48 kabupaten/kota dengan nilai asesmen level 4, serta di 74 kabupaten/kota dengan nilai asesmen level 3 di wilayah Jawa-Bali.

Dengan begitu, berbagai kegiatan akan mengalami penyesuaian waktu dan mekanisme dijalankannya kegiatan tersebut. Termasuk jam operasional bank-bank selama PPKM Darurat.

Bank Tetap Beroperasi Selama PPKM Darurat

Dalam aturan dasar PPKM Darurat, kegiatan perusahaan dibagi berdasarkan kategori bidang yang digeluti, yakni bidang esensial, non-esensial, dan kritikal. Untuk lebih jelasnya, simak penjabarannya berikut ini:

Kegiatan perusahaan dari bidang kritikal (kesehatan, keamanan, ketertiban, logistic, energi, dsb) menerapkan sistem kerja dari kantor (work from office/WFO) 100 persen dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sedangkan untuk perusahaan di bidang esensial (perbankan, pelayanan konsumen dan administrasi, pasar modal, kegiatan ekspor, dsb) menerapkan WFH 50 persen dan WFO 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat .

Kegiatan perkantoran di bidang non-esensial (selain bidang kritikal dan esensial) wajib sepenuhnya atau 100 persen menerapkan sistem kerja dari rumah (work from home/WFH).

Dari penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa bank tetap beroperasi, karena masuk ke dalam jenis bidang perusahaan esensial yang layanannya dibutuhkan masyarakat setiap hari.

Namun memang jumlah karyawan dan jam operasional bank-bank selama PPKM Darurat mengalami penyesuaian. Jadi, kamu harus memaklumi jika ada keterbatasan pelayanan yang kurang optimal karena hal tersebut, ya.

Penyesuaian jam operasional bank-bank selama PPKM Darurat akan didasarkan pada dua hal.

Pertama, jam operasional bank-bank selama PPKM Darurat disesuaikan dengan kategori zona daerah yang berkaitan dengan jumlah kasus Covid-19. Seperti daerah zona hijau, zona kuning, zona merah, atau zona hitam.

Kedua, jam operasional bank-bank selama PPKM Darurat disesuaikan dengan lokasi kantor cabang bank. Beberapa bank menutup kantor cabangnya yang berlokasi di dalam mall. Jadi, jika kamu ingin mendatangi kantor cabang bank, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih yang lokasinya berada di bangunan atau gedung independen, bukan di dalam mall.

Jam Operasional Bank-Bank Selama PPKM Darurat

Berikut ini jam operasional bank-bank selama PPKM Darurat beserta berbagai layanan yang diberikan setiap bank.

1. Jam Operasional Bank BNI Selama PPKM Darurat

BNI memberlakukan jam operasional sesuai dengan status kasus Covid-19 di daerah outlet. Untuk daerah yang berstatus zona merah, jam operasionalnya pukul 09.00 sampai dengan pukul 15.00 waktu setempat. Sedangkan daerah non-zona merah, jam operasionalnya pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00 waktu setempat.

Berikut ini detil jam layanan transaksi di BNI selama PPKM:

  • Layanan valas sampai pukul 13.00 waktu setempat
  • Layanan kliring sampai pukul 14.00 waktu setempat
  • Layanan RTGS dan transaksi tunai sampai pukul 14.30 waktu setempat
  • Layanan remitasi, garansi bank dan trade sampai pukul 14.00 waktu setempat

(Baca Juga: 5 Bank Terbesar di Indonesia, BRI Masih Merajai Dunia Perbankan)

2. Jam Operasional Bank BRI Selama PPKM Darurat

Sedangkan Bank BRI menutup kantor cabang yang berada di dalam mall. Jadi, kantor cabang yang tetap beroperasi hanya yang berlokasi di gedung Bank BRI sendiri. BRI beroperasi dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00 waktu setempat.

3. Jam Operasional Bank Mandiri Selama PPKM Darurat

Kemudian untuk Bank Mandiri, jam operasionalnya mulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 15.00 waktu setempat. Kantor cabang bank yang beroperasi tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat, dan nasabah yang berkunjung wajib menggunakan masker.

Sedangkan untuk layanan perbankan online, Bank Mandiri memberikan kemudahan lewat aplikasi Livin’ by Mandiri yang bisa diunduh di smartphone. Transaksi yang bisa dilakukan secara online melalui aplikasi ini antara lain transfer uang, bayar tagihan, isi e-money dan LinkAja, dan lain-lain.

4. Jam Operasional Bank BTN Selama PPKM Darurat

Sama seperti BRI, jam operasional bank-bank selama PPKM Darurat di Bank BTN juga berlaku pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00 waktu setempat.

Layanan RTGS dan Kliring Kredit diterima dengan batas transaksi pukul 14.00 waktu setempat. Sedangkan batas waktu layanan Kliring Debit maksimal 15 menit sebelum batas waktu masing-masing zona.

5. Jam Operasional Bank BCA Selama PPKM Darurat

Jam operasional bank-bank selama PPKM Darurat lainnya adalah Bank BCA yang beroperasi dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00 waktu setempat.

Bank BCA juga memberikan kemudahan transaksi melalui m-banking maupun internet banking.

(Baca Juga: 9 Tips Belanja di Supermarket Selama PPKM dengan BRI Easy Card)

6. Jam Operasional Bank Permata Selama PPKM Darurat

Pada Bank Permata, jam operasional yang berlaku adalah dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.30 waktu setempat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini batas waktu transaksi di Bank Permata:

  • Layanan kas sampai pukul 14.30 waktu setempat
  • Layanan LLG sampai pukul 13.00 WIB
  • Layanan RTGS sampai pukul 13.30 WIB
  • Layanan Penerimaan Negara sampai pukul 13.00 WIB
  • Layanan Kliring Warkat Debit paling lambat satu jam lebih awal dari jam layanan saat ini
  • Layanan Outgoing TT sampai pukul 14.00 WIB

7. Jam Operasional Maybank Selama PPKM Darurat

Jam operasional bank-bank selama PPKM Darurat yang berlaku di kantor cabang Maybank berlaku pukul 08.30 sampai dengan pukul 15.00 waktu setempat.

Dilansir dari situs resmi Maybank Indonesia, pihaknya akan terus menginformasikan apa bila ada perubahan lainnya yang berkaitan dengan layanan maupun jam operasional bank selama PPKM Darurat.

8. Jam Operasional Bank CIMB Niaga Selama PPKM Darurat

Terakhir, ada Bank CIMB Niaga yang beroperasi mulai pukul 08.00 sampai pukul 14.00 waktu setempat. Penyesuaian jam operasional akan terus diinformasikan kembali jika ada perubahan lainnya.

Itu dia jam operasional bank-bank selama PPKM Darurat. Pergi kemana saja di masa pandemi ini harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat, agar kamu terhindar dari risiko penularan virus.

Berikan perlindungan diri dan keluarga dengan memiliki asuransi kesehatan yang bisa diajukan via CekAja.com.

Kami akan membantumu memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, dan pastinya premi terjangkau. Caranya mudah, hanya perlu mengisi formulir pengajuan online dan membayar premi bulan pertama.

Seluruh partner CekAja adalah penyedia produk finansial terpercaya yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tak perlu dikhawatirkan lagi legalitasnya.

Ayo segera cek rekomendasi produk asuransi kesehatan terbaik untukmu dan ajukan hanya melalui CekAja.com!