Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Jangan Anggap Remeh Asma, Ini 5 Cara Melakukan Pertolongan Pada Penderitanya

by Rafly Aditia on 24 Agustus, 2016

Penyakit asma tidak bisa dianggap remeh. Apalagi, penyakit berbahaya ini seringkali terjadi mendadak dan bisa terjadi di masa saja. Untuk itu, kamu perlu tahu cara melakukan pertolongan bila ada teman maupun kerabat yang mendadak terserang asma. Berikut 5 langkah pertolongan pertama saat ada orang yang terserang asma:

Perhatikan dulu kondisinya

Penyebab Seseorang mengalami sesak nafas hebat bukan hanya asma. Nah, untuk memastikan apakah serangan gangguan pernapasan tersebut asma perhatikan kondisi penderita dengan cermat. Biasanya selain sulit bernapas dan berbicara, penderita asma mengalami batuk parah, mengeluarkan bunyi saat bernapas, sangat kesakitan dan bibir berubah warna menjadi pucat kebiruan. (Baca juga: Perbedaan Wanita dan Pria Ketika Belanja)

Beri ruang agar penderita rileks

Saat penderita sedang terserang asma, sebaiknya berikan ruang dan buat si penderita rileks. Buat agar penderita tenang dan bernapas secara perlahan dan dalam. Tujuannya agar penderita dapat kembali mengontrol pernapasannya. Hindarkan kerumunan orang-orang di sekitar penderita karena hal tersebut dapat memperburuk kondisinya.

Berikan dan bantu penggunaan inhaler

Setelah penderita mulai bisa bernapas, minta dia menunjukkan letak inhaler miliknya. Inhaler atau alat bantuan pernapasan adalah alat semprot yang berfungsi meringankan serangan asma. Kemudian bantu penderita menggunakannya.

Sebaiknya buat penderita dalam posisi duduk

Jangan membiarkan penderita dalam kondisi tidur, karena itu dapat berakibat fatal. Sebaliknya, bantu penderita untuk duduk.  Sebab, saat seseorang mengalami asma, otot dalam saluran pernafasan mengalami penyempitan dan posisi duduk dapat mempermudah penggunaan inhaler. (Baca juga: 7 Kebiasaan yang Jadi Jurang Pemisah Antara Orang Kaya dan Orang Miskin)

Kalau kondisi memburuk, segera bawa ke rumah sakit

Bila kondisi penderita tidak membaik setelah menggunakan obat dan malah cenderung memburuk, segera panggil bantuan medis. Kamu bisa memanggil ambulans atau langsung membawanya ke rumah sakit. Semakin cepat pertolongan kamu lakukan, maka semakin besar peluang penderita untuk kembali normal dan terhindar dari akibat fatal.

Dengan menggunakan asuransi kesehatan, kamu dapat mencegah serangan penyakit berubah menjadi bencana finansial. Dapatkan asuransi kesehatan terbaik di sini

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.