Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Jangan Asal Dagang, Simak 5 Tips Maksimalkan Penjualan Secara Online

by Miftahul Khoer on 24 Maret, 2020

Berjualan online memang memberikan peluang yang sangat besar sehingga bisa memungkinkan penjual bisa meraup keuntungan yang juga besar. Kenapa bisa dapat cuan banyak? Karena belanja online menjadi tren saat ini, ditambah lagi target pasar kamu juga jangkauannya sangat luas.

ritel tutup

Salah satu media penjualan online paling digandrungi saat ini adalah marketplace atau pasar digital.

Banyak sekali penjual dan pelapak yang tadinya hanya memiliki toko biasa, kini merambah ke marketplace.

Tidak hanya yang tadinya memiliki toko namun ada juga penjual yang hanya mengandalkan marketplace saja atau biasa disebut sebagai reseller.

Di Indonesia sendiri, marketplace saat ini sudah banyak diantaranya yang paling populer seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain.

Tapi jika kamu berniat untuk mencari cuan di marketplace atau yang ingin penjualannya meningkat, ada beberapa poin yang wajib kamu ketahui agar penjualan kamu semakin moncer, nah berikut merupakan 5 tips untuk memaksimalkan penjualanmu di marketplace.

(Baca juga: Jangan Kalap Diskon Belanja Online, Apa Saja yang Perlu Dibeli?)

1. Kenali lebih dalam marketplace kamu

Pada tahap awal merupakan saat yang paling menentukan untuk bisa memaksimalkan penjualan marketplace kamu.

Sedari awal kamu disarankan untuk mengenal lebih jauh tentang marketplace yang akan kamu gunakan.

Anggap saja bahwa marketplace itu mall besar yang disana nanti orang-orang akan berkunjung dan mencari apa yang mereka butuhkan.

Yang mesti kamu lakukan adalah kamu harus menentukan secara spesifik barang apa yang akan kamu jual.

Biasanya setiap marketplace memiliki barang-barang unggulan yang laku terjual. Misalkan marketplace kamu sudah dikenal untuk menjual pakaian.

Maka kamu harus menyesuaikan dengan popularitas barang yang dijual di marketplace itu. Kamu harus memilih dan memutuskan untuk menjual barang yang serupa namun tentu dengan kualitas yang berbeda.

2. Cari informasi dan riset

Menjalankan sebuah bisnis memang tak main-main. Butuh kecerdasan dan wawasan yang mumpuni, terutama buat kamu yang memulai bisnis di marketplace.

Informasi mengenai marketplace dan riset serius harus dilakukan guna memaksimalkan dan meningkatkan penjualan kamu. Mecari informasi dan riset ini penting lo.

Soalnya berbeda dengan toko konvensional. Sebelum kamu buka toko di marketplace, terlebih dahulu harus mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya.

Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan cara bertanya kepada orang yang sudah memiliki penjualan baik dan cukup pengalaman di dunia marketplace.

Misalkan salah satunya riset harga. Dan cobalah untuk melihat harga-harga produk di toko lain, dengan jenis barang yang serupa. Dari situ kamu bisa tahu berapa harga yang harusnya dipasang.

Nah kamu bisa pasang harga yang relatif murah, meski untungnya kecil asalkan barang kamu bisa laku terjual.

3. Pelajari algoritma tiap marketplace

Selain itu, kamu juga mesti tahu cara kerja mesin pencarian setiap marketplace atau algoritmanya.

Setiap orang ingin tokonya muncul di paling atas atau di urutan teratas dalam pasar digital.

Sebab ketika toko kamu berada di paling atas otomatis akan sering dikunjungi orang. Kuncinya yakni mengetahui algoritma, perdalam soal fitur-fitur search yang ada di dalamnya.

Asal tahu aja, setiap marketplace punya perbedaan algoritma satu dengan lainnya. Ini berarti kamu harus memiliki strategi yang berbeda untuk dapat memenangkan fitur pencarian dan menarik lebih banyak pelanggan dari pencarian terbanyak.

Dan ini bisa kamu sesuaikan dengan penamaan produk kamu. Kamu juga bisa menggunakan kata kunci yang tepat seperti judul produk sehingga produk muncul paling pertama.

Hindari penggunaan simbol yang tidak perlu. Misal jika judul produk tadi “sepatu_sneaker terkini”, maka hilangkan simbol “_” jadi “sepatu sneaker terkini”.

4. Kenali kompetitor

Tugas selanjutnya bagi kamu para pebisnis online. Lebih baik lagi jika kamu melakukan pembelian ke beberapa kompetitor sebagai bahan perbandingan dan evaluasi terhadap toko kamu.

Sebab dengan cara itu kamu akan tahu kelebihan dan kekurangan kompetitor seperti apa dan nantinya bisa kamu terapkan di toko kamu dengan lebih baik.

Kira-kira seperti apa sih pesaing kamu, sehingga mereka bisa mendapatkan banyak pelanggan. Bisa kamu liat apa saja perbedaan toko kamu dengan toko yang lain yang jadi saingan kamu.

Misalkan bisa kamu lihat gimana penamaan barang, serta kualitas produk yang mereka miliki. Tak ada salahnya jika kamu meniru mereka dan mengembangkannya dengan lebih baik.

Pelajari apa saja kelebihan dan kekurangan pesaing kamu. Setelah tahu, kamu tinggal terapkan dan kembangkan hingga toko kamu lebih baik dari pesaing kamu.

(Baca juga: Mulai Juli, Tidak Ada Kantong Plastik di Pusat Perbelanjaan Jakarta)

5. Pelayanan dan interaksi yang baik dengan pelanggan

Terkadang dalam penjualan di marketplace, pelanggan atau pembeli ini sering komplain dan komentar tidak mengenakan apalagi jika mereka tidak puas dengan barang mereka beli.

Nah melayani dan interaksi dengan pelanggan ini penting. Artinya kamu harus bisa melayani pelanggan kamu sebaik mungkin dan bikin mereka puas dengan pelayanan kamu itu.

Salah satunya dengan berinteraksi secara baik, cepat tanggap dan responsif terhadap pelanggan kamu.

Makanya sangat disarankan untuk memiliki admin khusus untuk melayani para pelanggan kamu.

Kamu bisa membayar admin secara profesional agar bisa memberikan pelayanan dan berinteraksi dengan baik terhadap pelanggan. Tentunya sesuai arahan dan aturan kamu.

Seperti menggunakan sapaan akrab kepada pelanggang seperti “Kak atau Sis.” Selebihnya bisa menggunakan kalimat sewajarnya yang informatif dan interaktif.

Itulah 5 tips untuk memaksimalkan penjualan di marketplace. Yang terpenting adalah selalu memberikan pelayanan yang terbaik, karena siapa tahu mereka menjadi pelanggan loyal.

Jika kamu membutuhkan modal untuk membantu mengembangkan bisnis, kamu bisa menjajal platform Kredivo. Disana kamu bisa mendapatkan dana tunai dengan cepat tanpa kartu kredit. 

Selain itu melalui platfrom Kredivo juga, kamu bisa berbelanja di berbagai toko digital kesukaan kamu. 

 

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.