Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Jangan Asal Sahur, Ini Menu Anti Lapar Saat Puasa!

by Teti Purwanti on 9 Mei, 2019

Sahur merupakan gerbang untuk menjalankan ibadah puasa. Meskipun bukanlah sesuatu yang wajib, tetapi sahur perlu dilakukan agar tubuh kuat melakukan aktivitas harian dengan baik.

Oleh karena itu perihal menu sahur kadang menjadi hal serius bagi kebanyakan keluarga. Dengan menu sahur yang sehat, maka rasa lapar dan juga haus yang biasanya datang saat siang hari tidak terlalu terasa.

Kalau kamu ternyata tidak melakukan sahur, kamu erisiko lemas sepanjang hari karena metabolisme tubuh yang melambat akibat kandungan gula darah yang turun. Karena itu usahakan sahur dan pilh menu yang tepat untuk disantap.

Terpenting adalah menu yang dimakan memenuhi kandungan yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas sepanjang hari. Apa saja sih kandungan yang kamu butuhkan agar bisa kenyang lebih lama? Ini dia daftarnya:

1. Serat

Serat sangat penting bagi tubuh agar proses pencernaan bisa bekerja dengan baik. Ditambah lagi, serat juga membantu membantu menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah konstipasi, serta risiko stroke yang lebih rendah.

Setiap harinya, seorang perempuan disarankan mengonsumsi serat hingga 25 gram setiap hari. Adapun lelaki hingga 38 gram dan anak-anak serta remaja 15 gram serat tiap harinya.

Serat alami bisa ditemukan di sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan juga kacang-kacangan. Sayuran yang banyak mengandung serat antara lain adalah selada, lobak, wortel mentah, bayam, jamur, labu, asparagus, kentang, brokoli, dan kacang panjang.

Sementara buah yang mengandung banyak serat antara lain, jeruk, apel, pisang, pir, mangga, persik, beri, dan ara.

Sementara biji-bijian utuh itu dapat ditemukan di dalam roti, pasta, beras merah, dan outmeal. Kalau dikacang-kacangan, kamu bisa menemukannya di kacang polong, kacang merah, buncis, biji bunga matahari, kacang almond, dan pistachio.

Dengan kombinasi ini, pantas saja banyak orang yang suka membuat smoothies buah untuk sahur dan berbuka. Smoothies yang tepat, banyak mengandung serat dan tentu saja akan membuat kamu kenyang lebih lama.

(Baca juga: 5 Makanan Sehat yang Ampuh Melawan Kantuk)
2. Protein

Kandungan protein di dalam tubuh memang sangat dibutuhkan. Protein yang masuk ke dalam tubuh akan membuat hormon leptin atau hormon kenyang, sehingga kamu tidak cepat lapar. Selain itu, protein juga sangat mudah didapatkan karena banyak makanan yang sangat mudah didapatkan mengandung protein.

Setiap harinya, seorang perempuan membutuhkan protein seberat 45 gram sehari, sedangkan laki-laki sebesar 56 gram. Protein bisa ditemukan di telur, almond, dada ayam, oatmeals, keju, Greek yogurt, susu, brokoli, daging tanpa lemak, tuna dan segala jenis ikan, quinoa, udang, serta kacang-kacangan.

Kalau jenis protein lain tidak menggugah kamu, paling mudah buatlah dua butir telur rebus. Satu telur ukuran besar rata-rata mengandung 6 gram protein dan hanya 0,6 karbohidrat.

Telur mengandung tinggi nutrisi dan cenderung rendah kalori dibandingkan makanan kebanyakan. Ditambah lagi, telur sangat mudah didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau.

(Baca juga: 5 Trik Hemat Makan di Restoran Mewah)
3. Lemak

Lemak tidak selalu buruk bagi kesehatan asalkan dikonsumsi secara terkontrol. Apalagi di saat puasa, lemak juga membantu kamu bertahan seharian dan tidak mudah lapar.

Hanya saja, kamu harus memastikan kalau lemak yang masuk ke tubuh kamu bukan lemak jenuh dan porsi yang tepat. Adapun makanan yang mengandung lemak antara lain, ikan seperti salmon, mackerel, herring, sarden, dan tuna.

Selain itu, ikan-ikan ini juga mengandung omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Lemak baik juga bisa didapatkan di avokad, biji-biji seperti biji labu, biji bunga matahari, dan wijen.

Lemak baik juga bsia ditemukan di minyak zaitung, kacang-kacangan, bayam dan kubis, serta banyak makanan lain dengan omega-3.

Sekarang kamu sudah tahukan apa saja yang dibutuhkan tubuh kamu agar bisa bertahan seharian tanpa perut yang terus meronta-ronta. Usahakan pula untuk mengolah bahan makanan dengan kandungan yang baik ini secara benar dan bukan memasak dengan pemanasan yang terlalu besar seperti digoreng secara berlebihan.

Malah kalau bisa hanya direbus saja dengan rasa yang tidak terlalu kuat, namun tetap menguggah kamu untuk santap sahur yang lahap. Jangan lupa pula dengan asupan air putih delapan gelas per hari agar kamu tidak kekurangan cairan sepanjang hari.

Agar puasa kamu lebih semangat, kamu juga bisa mulai mempersiapkan perlengkapan untuk menyambut hari kemenangan nanti. Manfaatkan promo menarik dari kartu kredit untuk mendapatkan harga yang menarik.

Belum memiliki kartu kredit? Tidak perlu repot, ajukan di CekAja.com dan pilih kartu kredit mana yang kamu suka dan butuhkan. Ada banyak pilihan bank dan juga lembaga keuangan lain yang bisa kamu pilih.  Selamat berpuasa!

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.