Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Jangan Biarkan Kamu Patah Hati dan Bangkrut Hanya Karena Penipuan Kencan Online, Kenali Tanda-tandanya Yuk!

by JTO on 29 September, 2015

kesalahan cinta _ kartu kredit - CekAja.com

Berkenalan di dunia maya lalu jatuh cinta dan akhirnya menikah. Inilah kisah cinta beberapa pasangan yang mungkin juga menginspirasi kamu untuk mencari jodoh dengan menjelajah internet. Bagaimana tidak, pasangan idaman kamu biasanya datang luar negeri. Membanggakan sekali pasti. Tetapi, hati-hati bisa jadi perkenalan awal kamu berujung petaka.

Selalu ada saja yang ingin memanfaatkan celah dari hati orang yang sedang berbunga-bunga. Mereka biasanya menjadi terlalu naïf dan mudah kena tipu. Akhirnya, banyak yang menjadi korban catfishing, penipuan dari orang yang mencuri identitas orang lain. Mereka kehilangan uang dan akhirnya kembali patah hati karena cintanya diberikan untuk seorang ‘hantu’.

Peluang penipuan online semacam ini sangat mungkin muncul dari aktivitas kamu di dunia maya. Sebuah postingan di satu situs tertentu lalu mendapatkan email dari seseorang yang menarik perhatian. Kata-kata manis dan rayuan yang dikirimkan darinya seakan membuai kamu sehingga kamu pun merasa sudah semakin terikat dan dekat dengannya. (Baca Juga: Beberapa Balita Ini Belanja Ribuan Dollar Karena Asal Klik Saat Bermain Tablet dan Smartphone)

Dalam kondisi inilah situasi bisa semakin menjebak. Ketika dia ingin datang dari negara asalnya, kamu lalu dimintai uang untuk membayar tiket pesawat. Atau, ketika dia ingin memberikan sebuah paket hadiah, kamu dimintai uang untuk menebus paket tersebut. Di situlah kamu bisa menjadi bangkrut sekaligus sakit hati karena sudah ditipu.

 

Widget TRV Insurance

 

Berdasarkan data yang dihimpun oleh bankrate, warga AS sudah menghabiskan 82 juta dolar AS akibat penipuan dari situs kencan online. Jumlah yang luar biasa besar bukan? Jadi aturan utama yang dipatuhi adalah: jangan pernah mengirim uang kepada orang yang kamu kenal dari situs internet. Lalu, apalagi yang harus diperhatikan? Simak penjelasan berikut ini.

 

Foto yang Sangat Bagus dengan Deskripsi Membingungkan

Kamu mendapatkan kiriman foto seorang perempuan atau laki-laki yang sangat bagus. Seperti dibuat oleh seorang fotografer profesional. Dia pun mengaku dirinya sebagai seorang aktor/aktris, model, atau musisi. Namun, setelah melihat lebih jauh dari cara dia mendeskripsikan dirinya, mungkin saja kamu menemukan hal yang aneh. Entah dari cara dia menjelaskan profesinya atau yang lainnya. Jika sudah seperti itu, kamu sebaiknya curiga dan lebih berhati-hati. (Baca juga: Ide Kencan Sederhana Namun Miliki Kesan Luar Biasa)

 

Berani Membahas Masalah Uang Semenjak Awal Perkenalan

Salah satu modus yang seringkali digunakan adalah sang penipu mengaku berasal dari Amerika Utara, Eropa, atau Australia namun sedang bekerja di Afrika. Mereka pun mengaku sedang mengalami masalah soal mendapatkan uang tunai di area domilisinya karena beragam alasan. Korbannya akan dimintai tolong untuk memroses pencairan uang tersebut lalu dikirimkan padanya menggunakan wesel.

 

 

Lalu, beberapa setelah bank yang terkait menghubungi kamu dan menginformasikan bahwa wesel yang diterbitkan palsu dan kamu pun harus bertanggung jawab menggantikannya. Ini hanya satu bentuk alasan yang digunakan. Alasan lain yang umum dipakai agar bisa mendapatkan kiriman uang adalah untuk membeli tiket pesawat, membantu keluarga yang sakit, membeli perangkat kamera web yang canggih agar bisa lebih nyaman berkontak dengan video call, membuat tabungan biaya perkawinan, mengirimkan paket hadiah, dan sebagainya. (Baca Juga: Tips Melindungi Diri dari Penipuan Saat Belanja Online)

 

Komunikasi Semakin Lama Semakin Membingungkan

Namanya juga sedang ingin mengenal lebih jauh. Kamu pasti akan sering berkirim email dengan orang yang kamu sukai ini. Tetapi, bisa jadi tanpa disadari kamu seperti sedang berbicara satu arah saja karena setiap kali mendapatkan balasan email, kamu tak selalu mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang kamu ajukan sebelumnya.

Kamu pun kurang memerhatikan karena telah hanyut dalam rayuan yang selalu saja diberika setiap kali dia mengirim email. Ini sebenarnya bisa menjadi tanda yang sangat bagus apakah orang yang kamu kenal ini orang baik-baik atau bukan.

 

 

Dapatkan rewards dan diskon terbaik dari kartu kredit pilihan kami di sini

 

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami