Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Jangan Boros! Ini Tips Mengelola Tabungan Untuk 1 Tahun

by Maria Nofianti on 22 Januari, 2020

Bagi beberapa orang, menabung adalah hal yang sulit untuk dilakukan, dan jelas ini menjadi tantangan tersendiri. Karena saat menabung, akan ada banyak godaan yang datang silih berganti. Baik itu menggunakan uang tabungan “sedikit” untuk jajan, jalan-jalan, atau beli ini dan itu. Dan pada akhirnya uang yang semula akan ditabungkan pun terkikis sedikit demi sedikit.

Jangan Boros! Ini Tips Mengelola Tabungan Untuk 1 Tahun

Namun berbeda lagi untuk orang yang senang menabung, dan memiliki tabungan seolah membuatnya menjadi lebih tenang dalam menjalani hidup, karena ada jaminan keamanan dalam keuangannya. Maka menabung akan menjadi al yang wajib. Karena boleh dibilang, jika kita memiliki tabungan, dan konsisten menabung, suatu saat ketika butuh dana darurat, kita bisa menggunakan uang tabungan, dan tak perlu kebingungan.

Jadi meluangkan waktu untuk mengelola uang kamu dengan lebih baik benar-benar dapat memberikan hasil. Ini bisa membantu kamu menghemat banyak uang setiap tahun. Kamu bisa menggunakan tabungan ekstra ini untuk melunasi hutang yang mungkin kamu miliki, menaruhnya untuk uang pensiun, atau membelanjakannya untuk mobil atau liburanmu berikutnya. Baca terus untuk tips mengelola tabungan untuk 1 tahun agar kamu tidak semakin boros.

1. Tetapkan Anggaran kamu.

Memiliki anggaran keuangan yang baik adalah hal yang wajib, ini bisa diterapkan sedini mungkin, saat kamu sudah bekerja dan mencukupi kebutuhan finansialmu sendiri, sebelum menikah, atau jika memang sudah terlambat, maka saat berkeluarga pun kamu bisa memulainy. Nah, bagaimana cara membuat anggaran keuangan?

Cara terbaik untuk memulai menyusun anggaran adalah dengan mewujudkan kebiasaan belanja yang teratur. Pada hari pertama bulan baru, dapatkan tanda terima untuk semua yang kamu beli sepanjang bulan. Susun kuitansi ke dalam kategori seperti restoran, bahan makanan, dan perawatan pribadi. Pada akhir bulan kamu akan bisa melihat dengan jelas ke mana uangmu pergi. Dengan melihat apa yang kamu habiskan secara total untuk makanan, belanja, dll. Bisa membuat kamu memilih mana yang penting.

Karena tak jarang orang merasa bahwa uang bulanan atau gaji mereka pergi mengalir begitu saja setiap bulan, tanpa terkendali, dan tanpa tahu kemana saja perginya. Tentu ini terjadi karena kondisi anggaran keuangan yang buruk.

2. Menyimpan Dengan Uang Tunai Dalam Amplop.

Jika kamu mengalami masalah dengan pengeluaran berlebih, dan kamu adalah orang yang butuh bantuan agar lebih teratur dan disiplin dalam keuangan. Maka kamu bisa coba sistem anggaran amplop. Jadi pos kan setiap uang di amplop sesuai dengan kebutuhannya dan kegunaannya.

Simpan sebagian besar uang tunai di mana kamu paling banyak pengeluarannya. Ini akan membuat kamu tidak akan mengambil uang di amplop yang berisi uang untuk keperluan lainnya. Jadi ini akan memudahkanmu menggunakan uang, dan pos kan uang untuk menabung agar tak terlewatkan.

3. Berpikirlah ‘Mulai Dengan Hal Kecil yang Akan Memperoleh Besar,’ dengan Tujuan Jangka Pendek.

Yang benar adalah, orang menabung lebih berhasil ketika mereka menetapkan tujuan jangka pendek. Sebagai contoh, berkomitmen untuk menabung Rp 100.000 seminggu atau sebulan selama 6 bulan jauh lebih mungkin dicapai dengan menetapkan sasaran untuk menghemat Rp 200.000 sebulan selama setahun.

(Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan Bagi Fresh Graduate, Kuy Simak!)

Setelah mencapai tujuan jangka pendek, kamu akan menciptakan kebiasaan menabung yang bisa dibanggakan. Jadi menabung tak perlu atau tak melulu dari jumlah yang besar namun tak teratur, melainkan dari jumlah yang kecil semampumu, namun konsisten dilakukan, maka ini hasilnya akan jauh lebih baik. Karena menabung adalah membangun kebiasaan.

4. Lunasi Tagihan Tepat Waktu

Jangan biasakan kamu membayar tagihan dengan santai-santai saja dan menunda nunda. Biasakan dengan segera membayar semua tagihan-tagihan yang wajib kamu bayar, maka akan lebih baik terutama jika kamu harus memakai uang kamu untuk keperluan lainnya. Dengan sudah terbayarnya tagihan ini akan memudahkan kamu menerapkan berapa budget keperluan selanjutnya. Karena jika menunda maka dikhawatirkan juga tagihan akan menumpuk dan justru menjadi beban kamu saat harus membayarnya. Maka dengan melunasi tagihan tepat waktu dapat membantu kamu dalam mengelola tabungan untuk 1 tahun jadi lebih mudah.

5. Hemat Uang Secara Otomatis.

Tahukah kamu bahwa kamu dapat menghemat uang tanpa memikirkannya? Yup kamu bisa mengatur rekening bankmu untuk secara otomatis mentransfer dana dari rekening giro ke rekening tabungan setiap bulan. Jika itu terdengar menakutkan bagi kamu, kamu juga dapat mengatur setoran langsung kamu untuk secara otomatis mentransfer 10% dari setiap gaji ke dalam rekening tabungan. Cukup bagus, bukan? Jasa keuangan perbankan memfasilitasi ini agar kamu bisa menabung tanpa kamu sadari.

6. Habiskan Penghasilan Ekstra atau Tidak Terduga dengan Bijak.

Ini adalah tips mengelola tabungan untuk 1 tahun yang bisa kamu lakukan selanjutnya. Ketika kamu mendapatkan bonus kerja yang bagus atau pengembalian pajak, gunakan dengan baik. Jika kamu masih mempunyai tunggakan atau cicilan maka kamu bisa menggunakannya untuk hal itu. jika tidak cukup simpan sebagai dana darurat.

Karena banyak kasus dimana kita mendapatkan bonus atau penghasilan ekstra ini, kita menggunakannya untuk berfoya foya, membeli hal yang tak dibutuhkan seolah bingung mau menghabiskan uang untuk apa. Padahal kan bonus ini bisa ditabung saja. Jadi perlu diingat, jika penghasilan kita bertambah, tak perlulah gaya hidup kita tiba tiba meningkat dan berubah, tentu tak akan membuat keadaan keuangan menjadi lebih baik.

7. Belajar Memasak

Sekarang ini pengeluaran terbesar bisa saja bukan untuk pakaian dan makanan atau yang lain. Mungkin bisa saja karena kebiasaan membeli makanan entah itu hanya jajan atau makan besar. Terlebih lagi saat ini dunia kuliner seolah membuat orang semakin doyan jajan, dan kemudahan akses pembelian secara online pun semakin memanjakan kita, hingga tanpa disadari pengeluaran harian untuk jajan kini membengkak.

Nah, untuk mengatasinya, mulailah untuk belajar memasak karena ini tentu saja akan menghemat pengeluaran kamu. Selain itu tentu saja kamu juga bisa menambah ketrampilan kamu. Dan memasak makanan sendiri bisa menjamin kualitas kebersihan dan kepuasannya juga loh. Jadi semahal atau semewah apapun makanan yang beli diluaran, siapa yang jamin kebersihannya.

8. Usahakan untuk Memangkas Keperluan yang Tidak Begitu Penting

Jika pengeluaran kamu sangat tinggi sehingga kamu tidak bisa menabung sebanyak yang kamu suka, mungkin sudah waktunya untuk mengurangi. Identifikasi hal-hal yang tidak penting yang bisa kamu habiskan lebih sedikit, seperti hiburan dan makan malam di luar. Cari cara untuk menghemat pengeluaran bulanan tetap seperti televisi dan ponsel juga. Berikut adalah beberapa ide untuk memangkas pengeluaran sehari-hari:

  • Gunakan sumber daya seperti daftar acara komunitas untuk menemukan acara gratis atau berbiaya rendah untuk mengurangi pengeluaran hiburan.
  • Batalkan langganan dan keanggotaan yang tidak kamu gunakan terutama jika diperpanjang secara otomatis.
  • Berkomitmen untuk makan di luar hanya sebulan sekali dan mencoba tempat-tempat yang termasuk dalam kategori “makan murah”.
  • Beri dirimu “masa pendinginan”: Ketika tergoda oleh pembelian yang tidak penting, tunggu beberapa hari. Pikirkan apakah itu kebutuhan atau hanya keinginan saja. Jika kamu berhasil melaluinya. Kamu mungkin senang kamu lulus atau siap menabung untuk itu.

Berhemat ini tak akan membuatmu terlihat miskin, jadi tenang saja. Karena yang terpenting adalah kedewasaan dalam mengelola keuangan akan membuat kondisi keuanganmu berada dalam keadaan yang baik.

9. Belajar Memprioritaskan Sesuatu

Setelah pengeluaran dan penghasilan kamu, sasaran yang kamu punya cenderung memiliki dampak terbesar pada bagaimana kamu mengalokasikan tabunganmu. Pastikan untuk mengingat tujuan jangka panjang, karena penting bahwa perencanaan pensiun tidak mundur dari kebutuhan jangka pendek. 

Tipsnya adalah dengan mempelajari cara memprioritaskan tujuan tabungan kamu, sehingga kamu memiliki gagasan yang jelas tentang di mana harus mulai menabung. Misalnya, jika kamu tahu akan perlu mengganti mobil kamu dalam waktu dekat, kamu dapat mulai menyisihkan uang untuk mobil sekarang.

10. Pastikan Kamu Membayar Harga Terbaik

Kamu bisa memaksimalkan pengeluaran keuangan dengab melakukan perbandingan belanja, memastikan bahwa kamu membayar harga terendah untuk produk dan layanan yang kamu terima. Karena kita tahu ada banyak produk yang sama dijual dengan harga yang berbeda di satu toko dengan toko lainnya.

Jangan ragu mencari diskon, kupon, dan alternatif yang lebih murah kapan saja kamu bisa. Ini tentu saja akan menambah tabunganmu karena budget yang kamu terapkan mungkin akan kelebihan dan uang lebihnya bisa kamu simpan. Ini biasanya sangat digemari ibu ibu masa kini.

11. Belajar Tentang Investasi

Saat ini ada banyak cara untuk mengelola tabungan kita. Salah satunya kamu bisa dengan berinvestasi. Namun dalam hal ini kamu tidak boleh gegabah. Sebaiknya kamu belajar dulu tentang investasi agar tidak tertipu karena banyak sekali investasi-investasi bodong yang beredsr merajalela sekarang ini. Jadi, dengan mengetahui manfaat investasi untuk jangka panjang maka keuangan kamu bisa dikatakan ‘aman’.

12. Usahakan Membawa Uang Pas Saat Bepergian

Seringkali kita menghabiskan uang yang terlalu berlebihan saat kita keluar rumah. Sering disebut dengan kebobolan. Untuk menghindari kebobolan sebaiknya kamu hanya membawa uang pas saja atau jika ingin dilebihkan bawalah secukupnya saja dan masuk akal.

Hindari juga membawa kartu ATM atau kartu kredit juga. Karena tanpa disadari hal ini bisa memperparah kebobolan kamu nantinya jika membawa dua kartu itu. Jadi dengan hanya membawa uang pas akan lebih mudah untuk kamu mengontrol pengeluaran kamu, dan menahan dirimu untuk membeli ini itu. Karena dijamin saat berbelanja terutama, akan ada banyak godaan yang menghampiri.

13. Memilih Tabungan Emas

Ini bisa dilakukan jika kamu punya kebiasaan untuk selalu tergoda menggunakan uang tabungan di rekening bank. Sudah banyak bank yang bisa membantu kamu memiliki tabungan emas ini. Segera tabungkan uang begitu kamu menerima gaji kamu dalam bentuk emas batangan di bank pilihanmu.

Tabungan ini tentu saja memiliki ketentuan yang berbeda dari tabungan biasa. Tabungan ini kamu tidak akan diberikan kartu ATM. Ini akan membuat kamu segan untuk mengambilnya untuk dijual misalnya sehingga tabungan emas bisa lebih awet.

14. Buat Rekening Berbeda

Tips mengelola tabungan dalam 1 tahun selanjutnya adalah kamu membuat dua rekening yang berbeda. Pisahkan budget untuk kebutuhan sehari-hari dengan kebutuhan yang ditabung. Ini akan membuat kamu aman dan tidak akan mengutak-atik tabungan kamu.

Nah itu dia beberapa tips mengelola tabungan untuk 1 tahun yang mungkin bisa kamu terapkan dalam kehidupan kamu. Bijaklah dalam menggunakan semua uangmu dan disiplinkan diri kamu untuk selalu menabung walaupun sedikit. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis