Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Jangan Boros Lagi, Begini Cara Mengelola Keuangan di Tahun Baru

by Miftahul Khoer on 2 Januari, 2019

Tahun 2018 telah berlalu. Saatnya Anda menyambut tahun 2019 yang mungkin bakal banyak tantangannya dibandingkan dengan tahun sebelumnya terutama dalam hal finansial.

tips atur uang _ investasi - CekAja.com

Jika Anda merasa tahun lalu kurang maksimal mengelola keuangan sehingga pendapatan yang diperoleh setiap bulannya entah ke mana, maka tentu saja tahun ini pengelolaan keuangan Anda harus lebih baik dari tahun sebelumnya.

Nah, kali ini Cekaja akan mengulas tentang bagaimana cara mengelola keuangan di tahun baru agar lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Yuk langsung simak.

Evaluasi pengelolaan keuangan tahun lalu

Anda bisa mulai mencoba dengan mengevaluasi pengelolaan keuangan selama 12 bulan di tahun 2018. Apakah Anda tidak pernah mengutamakan untuk menabung atau investasi dan memilih mengeluarkan uang untuk hal-hal yang non produktif?

Jika benar, berarti ada yang salah dengan cara mengelola keuangan Anda sepanjang tahun lalu. Evaluasi bisa dimulai dari berapa pengeluaran keuangan dan berapa nilai investasi yang dilakukan setiap bulannya.

Evaluasi juga utang selama 2018. Alokasi apa yang paling besar untuk utang sehingga bikin keuangan Anda selama 2018 terasa morat-marit. Usahakan untuk tahun 2019 ini utang Anda tidak sebesar dari tahun 2018. Kalau bisa jangan mengutang sama sekali selama tidak ada kebutuhan yang sangat mendesak.

Selain pengeluaran dan utang, evaluasi juga pemasukan atau pendapatan selama 2018. Jika Anda merasa pundi-pundi rupiah selama 2018 belum maksimal, maka Anda pastikan pemasukan tambahan untuk tahun ini bisa tercapai.

Misalnya, pada tahun ini Anda bisa mencoba membuka usaha sampingan untuk menambah pendapatan. Usaha sampingan ini bisa Anda lakukan sesuai kemampuan baik dari segi tenaga dan juga biaya.

Jika Anda sebagai seorang pekerja kantoran yang berangkat pagi pulang sore dari Senin sampai Jumat, maka Anda bisa membuka usaha musiman seperti bisnis kuliner, pakaian dan aksesori di pasar kaget pada hari Sabtu atau Minggu atau saat Anda libur bekerja.

(Baca juga: 10 Kota Terbaik Dunia untuk Dikunjungi Tahun 2019)
Mulai dari nol lagi

Manfaatkan momentum tahun baru terutama di awal tahun sebagai langkah Anda menjadi lebih baik dalam urusan pengelolaan keuangan. Jika tahun lalu pengelolaan keuangan Anda sudah baik maka tak ada salahnya untuk ditingkatkan lagi tahun ini. Sebaliknya, jika tahun lalu keuangan Anda ngos-ngosan maka saatnya Anda perbaiki.

Mulailah dari nol lagi. Anda bisa merencanakan keuangan untuk satu bulan, enam bulan hingga satu tahun ke depan. Caranya, buatlah anggaran bulanan untuk mencukupi kebutuhan selama sebulan. Alokasikan juga anggaran enam bulan hingga satu tahun sebagai dana kebutuhan untuk tahun berikutnya.

Jika Anda sudah mencoba mengelola keuangan dengan baik di awal tahun, maka paling tidak untuk beberapa bulan dan tahun ke depan, keuangan Anda tidak bakal ngos-ngosan atau morat-marit lagi.

(Baca juga: Solusi Pinjaman Uang Paling Tepat di Tahun 2019)
Disiplin, komitmen dan konsisten

Anda mungkin sering mendengar orang-orang banyak bicara tentang keinginannya untuk lebih baik di tahun baru dan melupakan kebiasaan buruk di tahun-tahun sebelumnya.

Ya, termasuk keinginan mengubah cara mengelola keuangannya. Memang boleh-boleh saja orang punya impian untuk memperbaiki kebiasaan buruk. Namun jika pengelolaan keuangan tidak dibarengi dengan disiplin, komitmen dan konsisten yang kuat, maka sama saja tak ada artinya.

Maka mulailah disiplin untuk tidak tertarik mengutang hal-hal yang tidak perlu. Komitmen untuk tidak belanja, foya-foya dan mengeluarkan uang seenaknya. Mulailah konsisten menyisihkan uang untuk investasi, tabungan, asuransi dan belanja-belanja kebutuhan produktif yang bermanfaat bagi masa depan.

(Baca juga: Ini 5 Tren yang Bakal Ramai di 2019)
Capai resolusi tahun ini

Jika Anda sudah mulai disiplin, komitmen dan konsisten terhadap apa yang Anda rencanakan, maka niscaya suatu saat Anda akan menjadi pribadi yang sukses paling tidak secara finansial.

Percayalah semua kebiasaan buruk tahun lalu yang sudah diperbaiki, dievaluasi dan mulai melakukan kebiasaan baik secara finansial untuk tahun ini, maka resolusi Anda untuk tahun ini pasti akan tercapai.

Jika Anda punya resolusi tahun ini untuk memiliki rumah, kendaraan, menikah hingga mendirikan usaha sendiri, maka semuanya pasti akan tercapai jika poin-poin di atas Anda lakukan dengan sungguh-sungguh.

Kuncinya, untuk pengelolaan keuangan yang lebih baik, anggarkan pendapatan Anda sebaik mungkin. Tentukan mana pengeluaran untuk kebutuhan dan mana alokasi untuk investasi. Jika semuanya dilakukan secara terencana, maka Anda termasuk orang yang merdeka secara finansial. Percaya? Selamat mencoba.

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami