Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Jangan Buru-buru Buang Struk Belanja, Ini Alasannya

by Tisyrin N. T on 24 Februari, 2017

anggaran belanja - CekAja.com

Setiap berbelanja atau melakukan suatu transaksi, biasanya kamu akan mendapatkan nota atau struk sebagai bukti pembayaran. Seringkali kamu langsung membuang struk belanja bahkan tanpa mengeceknya.

Padahal, jika kamu tidak langsung membuangnya dan menyimpan terlebih dahulu, kamu bisa merasakan banyak manfaat. Memang mustahil rasanya menyimpan seluruh struk belanja seumur hidup, tetapi kamu bisa memberi patokan berapa lama maksimal menyimpannya. Kalau perlu, simpan saja struk belanjamu dalam bentuk digital.

Apalagi saat ini zamannya belanja dan transaksi online, kamu mungkin juga punya banyak bukti transaksi berbentuk digital bukan? Gunakan fitur screenshot atau lainnya untuk menyimpan struk digital. Untuk struk yang berbentuk fisik, foto saja struk belanjamu agar tidak hilang.

Rapikan semuanya dalam folder khusus, misalnya dengan memberi nama sesuai bulan pengeluaran. Mungkin kamu berpikir, untuk apa melakukan hal semacam itu? Ini beberapa manfaatkan yang bisa kamu rasakan.

Lacak pengeluaran

Menyimpan struk pengeluaran akan sangat membantumu dalam melacak pengeluaran. Kamu bisa menganalisis pengeluaranmu, mencari di mana ‘kebocoran’ yang membuat pengeluaranmu membengkak. Dengan pegangan data yang pasti, hasil analisismu tentu lebih kuat bukan? Karena kamu tidak hanya menggunakan perkiraan.

Setelah melakukan hal tersebut, kamu pun akan lebih mudah membuat keuanganmu lebih sehat. Misalnya dengan cara menyiapkan trik berhemat. Kamu bisa mengurangi atau bahkan menyingkirkan pengeluaran yang tak penting.

Bandingkan harga

Mencoba belanja di beberapa tempat berbeda dan menyimpan struknya akan memudahkanmu dalam membandingkan harga. Siapa tahu ada tempat yang lebih murah dari tempat langgananmu dan memiliki kualitas sama.

Membantu atur budgeting

Dengan arsip yang lengkap, dijamin kamu akan lebih mudah dalam mengatur budgeting. Membuat anggaran rumah tangga, atau bahkan anggaran traveling di lain waktu.

Bukti menukar barang

Struk belanja akan menjadi bukti ketika kamu harus menukar barang karena suatu hal, misalnya barang tersebut sudah kadaluarsa atau rusak sejak dalam kotak kemasan. Bayangkan jika kamu sudah terlanjur membuang struk?Kamu tidak dapat mengklaim penukaran barang karena tidak ada bukti.

Cek kesalahan

Kamu pasti sering membuang langsung struk belanja? Padahal jika kamu mengeceknya terlebih dahulu secara teliti, mungkin saja kamu akan menemukan kesalahan yang sebenarnya merugikanmu. Contohnya, kamu menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan diskon belanja. Namun, setelah melakukan pembayaran diskon tersebut ternyata tidak disertakan. Kamu pun bisa langsung protes dan tidak jadi merugi.

Reimbursement

Nah, untuk urusan yang satu ini, kamu akan kerepotan kalau punya kebiasaan membuang atau tidak menyimpan bukti transaksi. Kantor biasanya akan mengganti biaya-biaya tertentu yang sudah dikeluarkan oleh pegawainya, misalnya biaya pulsa atau ongkos perjalanan tugas ke luar kantor. Jangan lupa ya menyimpan baik-baik buktinya!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami