Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Jangan Cuma Pamer Duit di ATM! Ini Daftar Artis yang Berdonasi Atasi Corona

by Anes Saputra on 19 Maret, 2020

Covid-19 atau virus Corona sudah naik status jadi pandemik dan sudah mewabah di 152 negara. Namun semakin besar gelombang wabah ini, makin banyak selebritis dunia yang yang berdonasi, baik yang ditujukan bagi tenaga medis maupun penelitian agar virus ini segera bisa dihilangkan.

Jadi, kalau mengaku diri kamu artis dengan kekayaan melimpah, jangan cuma jago pamer isi saldo di ATM. Beramal juga dong!

  1. Jackie Chan

Semenjak wabah ini merebak, aktor yang dikenal jarang menggunakan pemeran pengganti dalam adegan laga ini bersedia mengeluarkan dana pribadi hingga sejumlah 1 juta yuan atau sekitar Rp2,5 miliar sebagai ucapan terima kasih pada mereka yang berhasil menemukan penangkal virus ini.

Namun, hingga sekarang dana ini masih dikantong oleh Jackie Chan karena belum ada yang berhasil menemukan penangkalnya. Beberapa waktu lalu, Jackie Chan juga diberitakan terjangkit Corona. Untungnya berita tersebut hoax.

  1. Barbie Hsu

Aktris yang dikenal sebagai Sancai dalam serial Meteor Garden ini membeli 10 ribu masker dan didonasikan kepada masyarakat Wuhan. Meski kini menetap di Jepang, Barbie menitipkan paket masker tersebut melalui kenalannya yang berada di China.

Pada awal virus ini merebak, Barbie sempat kesulitan mendapatkan masker untuk dirinya sendiri namun tidak lupa untuk berdonasi.

  1. Fan BingBing

Aktris asal China ini sempat heboh tahun lalu karena menghilang dan bahkan dianggap mati.Ternyata dirinya hanya sedang menghilang karena dalam lilitan pajak tinggi yang harus dia bayarkan.

Meski begitu, awal tahun ini, salah satu pemeran film X-Men tersebut berdonasi 500 ribu yuan atau sekitar Rp984,3 juta ke Wuhan Benevolent General Association. Dana tersebut diharapkan bisa membantu dalam mengatasi masalah yang dihadapi akibat virus Covid-19.

Selain artis-artis asal China, kini banyak pula gelombang artis Korea Selatan juga tengah menjadi sorotan karena sumbangan mereka.

  1. IU

Penyanyi dan aktris IU disebut mendonasikan uang sebesar 100 juta won Korea atau setara dengan Rp1,1 miliar untuk masing-masing lembaga yang IU sumbang.

IU menyumbang untuk sebuah lembaga asosiasi medis dan untuk masyarat berpenghasilan rendah di wilayah Daegu. Jadi, total IU menyumbangkan dana sebesar Rp 2,2 miliar.

IU memang terkenal sangat baik hati, bahkan akhir tahun lali IU dipilih Forbes sebagai salah satu pahlawan filantropi Asia atau Asia’s Heroes for Philanthropy karena ketekunannya beramal.

  1. Pasangan Goblin

Meski tidak jadi pasangan asli di dunia nyata, peran keduanya yang membekas membuat Kim Go Eun dan Gong Yoo kerap dikaitkan. Uniknya keduanya sama-sama peduli mengenai penanganan Corona yang tengah menjadi pandemik.

Masing-masing keduanya menyumbang 100 juta won Korea atau setara dengan Rp1,1 miliar. Kim Go Eun memfokuskan bagi masyarakat yang kesusahan membeli masker. Ada sekitar 40 ribu masker yang dibagikan untuk mencegah meluasnya corona. Sementara sumbangan dari Gong Yoo hanya tertulis untuk membantu mencegah penyebaran Corona di Korea.

  1. Son Ye Jin, Suzy, Song Joong Ki, Park Seo Joon

Pemeran Yoon Se Ri dalam drama Crash Landing On You, Son Ye Jin juga menyumbangkan 100 juta won Korea atau Rp1,14 miliar rupiah untuk membantu mencegah penyebaran virus corona di Korea.

Tindakan serupa juga diikuti oleh artis terkenal lainnya, seperti aktris dan penyanyi Suzy dan aktor Song Joong Ki, termasuk juga Park Seo Joon yang tengah naik daun karena dramanya Itaewon Class tengah mengudara.

  1. Shuo Exo, Wendy Red Velvet, Suga BTS, dan Yonna SNSD

Dari girlband dan boyband Negeri Gingseng juga tidak mau kalah. Suho mendonasikan 50 juta won Korea atau sekitar Rp597 juta untuk upaya mengatasi penyebaran Covid-19 di negaranya.

Wendy Red Velvet, juga disebut menyumbangkan sebesar 100 juta won Korea untuk mengatasi penyebaran virus corona dan pengobatan pasien yang terinveksi Covid-19.

Selain Wendy, empat anggota Red Velvet lainnya, yakni Joy, Seulgi, Yeri, dan Irene juga ikut mendonasikan uang mereka.

Berasal dari Daegu, Suga prihatin saat mengetahui 80 persen kasus yang dikonfirmasi terjangkit berasal dari Daegu. Oleh karena itu, secara spesifik Suga mendonasikan dananya untuk kawasan Daegu.

Yoona, aktris yang juga anggota girlband SNSD ini mendonasikan uang 100 juta won atau sekitar Rp1,1 miliar pada Seoul Social Welfare Community Fund yang nantinya akan disalurkan untuk pembelian masker, hand sanitizer, dan bantuan lain untuk staf medis.

Di Indonesia saat ini baru dua artis yang diketahui berdonasi untuk virus ini.

  1. Nikita Mirzani

Artis kontroversial ini menyumbang Rp100 juta sebagai rasa syukurnya yang baru saja berulang tahun ke-34. Nikita sangat sedih karena Corona sudah masuk ke Indonesia dan sangat terasa dampaknya terhadap masyarakat.

(Baca juga: Ternyata Ini Sumber Kekayaan Nikita Mirzani!)

Oleh karena itu, Nikita berharap apa yang dilakukannya bisa diikuti lebih banyak pesohor dan juga orang yang memiliki dana lebih.

  1. Rachel Vennya

Selebgram Rachel Vennya menginisiasi penggalangan dana untuk membantu tenaga medis yang penanganan corona. Rachel menggalang dana melalui kitabisa.com, awalnya dengan target Rp500 juta.

Nyatanya dalam dua hari Rachel berhasil mengumpulkan dana hingga Rp2 miliar yang akan dirinya update pengalokasiannya dan jumlahnya kepada semua penyumbang. Rachel tidak menyangka kalau penggalangan dana ini bisa berhasil dengan dana yang terkumpul cukup besar.

Kalau kamu sudah berbuat apa? Dengan mengurangi interaksi dan kegiatan di luar rumah sebenarnya sudah cukup membantu kalaupun kamu tidak membantu dengan penggalangan dana.

Kalau kamu mau berdonasi, namun tanggal gajian masih jauh. Tidak ada salahnya meminjam uang melalui layanan pinjaman online yang legal dan resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Setelah kamu gajian, segera kamu lunasi utang tersebut.

JULO merupakan salah satu fintech resmi yang mengantongi izin OJK. Produk jasa keuangan di bawah PT Julo Teknologi Finansial ini telah terdaftar dan berada dalam pengawasan OJK dengan nomor registrasi S-589/NB.213/2018. Izin tersebut diterbitkan pada 31 Juli 2018 untuk nama perusahaan yang sama dengan jenis usaha konvensional.

Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi khawatir keamanan akan privasimu tidak terjamin dengan mengajukan pinjaman melalui aplikasi JULO lewat CekAja.com. Tunggu apa lagi? Ajukan sekarang! Demi bisa membantu saudara kita yang membutuhkan.

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke