Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Jangan Golput! Kamu Bisa Hedon dengan Modal Jari Bertinta

by Tisyrin N. T on 9 April, 2019

Menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, siap-siap deh untuk hedon! Banyak promo menarik yang diadakan oleh tempat wisata, restoran, hingga hotel. So, kamu dan orang-orang terdekat bisa bersenang-senang dengan hemat.

Bisnis Pemilu - CekAja

Pemilu tahun ini berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena untuk pertama kalinya Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) dilaksanakan secara serentak. Jadi, saat pelaksanaan Pemilu 2019 tanggal 17 April 2019 nanti, masyarakat Indonesia akan masuk ke bilik suara untuk menentukan masa depan bangsa.

Sudahkah kamu siap dengan pilihanmu? Jika belum merasa mantap, masih ada waktu untuk berpikir. Asal, jangan golput ya! Sebenarnya, ada banyak kerugian lho kalau kamu golput. Sebagai warga negara yang baik, sebaiknya kamu menggunakan hak pilihmu.

Kerugian Golput

Selain tidak bisa ikut menentukan siapa pemimpin bangsa dan wakil rakyat lima tahun ke depan, ada banyak kerugian lainnya jika kamu memilih golput. Golput meningkatkan peluang terjadinya manipulasi suara. Surat suaramu yang kosong bisa dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk berbuat curang.

Golput juga artinya menyia-nyiakan anggaran. Ingat, penyelenggaraan pemilu perlu biaya yang besar untuk mencetak surat suara dan berbagai tetek bengek lainnya. Sayang sekali bukan anggaran yang sudah dikeluarkan jika masyarakat banyak yang memilih golput?

Angka golput di Indonesia semakin memprihatinkan. Saat pelaksanaan pemilu 1999, angka golput masih terbilang rendah. Kala itu, tingkat partisipasi pemilih mencapai lebih dari 90 persen. Namun sayang, setelahnya, jumlah golput selalu melebihi 15 persen baik saat pelaksanaan pemilu legislatif atau eksekutif.

Saat Pilpres 2004 yang terdiri dari dua putaran, angka golput mencapai 21,8 persen dan 23,4 persen. Sementara saat Pilpres 2009, jumlah golput naik menjadi 28,3 persen. Kemudian ketika Pilpres 2014, golput mencapai hingga lebih dari 30 persen. Yuk, bantu kurangi angka golput dengan menggunakan hak pilih saat Pemilu 2019 nanti!

(Baca juga: 6 Peluang Bisnis Menggiurkan di Tahun Pemilu 2019)

Promo Pemilu 2019

Hari pelaksanaan Pemilu 2019 telah ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional. Nah, daripada golput, mending gunakan hak pilihmu. Setelah itu, manfaatkan hari libur dengan berburu aneka promo. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan bareng orang terdekat dengan memanfaatkan promo-promo berikut ini:

  • Waterboom PIK

Kamu bisa nikmati promo spesial pemilu dari Waterboom PIK di Jakarta. Waterboom PIK menawarkan promo spesial beli 1 tiket gratis 2 tiket. Untuk menikmati promo tersebut, kamu cukup datang dan memperlihatkan jari bertintamu.

Promo berlangsung pada tanggal 17-18 April 2019. Kamu cukup membayar tiket seharga Rp280.000 dan bisa langsung mendapatkan 3 tiket.

  • Cafe Shirokuma

Cafe Shirokuma juga menawarkan promo menarik tanggal 17 April 2019 nanti di semua outlet. Hanya dengan memperlihatkan jari bertintamu setelah nyoblos, kamu bisa menikmati promo menarik. Kamu bisa mendapatkan harga spesial Rp17.000 untuk menu shirokoffee atau bolognaise spaghetti.

  • The 101 Bogor Suryakancana

Kamu bisa menginap hemat di hotel The 101 Bogor Suryakancana. Hotel ini menawarkan tarif promo Rp650.000 nett/malam sudah termasuk sarapan untuk 2 orang. Promo berlaku untuk periode menginap 17 April 2019, dan periode booking 27 Maret hingga 16 April 2019. Kamu bisa menikmati promo tersebut hanya dengan menunjukkan jari bertinta.

(Baca juga: Siapa Saja Konglomerat Pendukung Capres – Cawapres 01 dan 02?)
  • Holland Bakery

Dengan memperlihatkan jari ungu tanggal 17 April 2019 nanti, kamu bisa menikmati promo di Holland Bakery. Holland Bakery menawarkan diskon 20 persen untuk all items. Promo ini tidak bisa digabung dengan promo lainnya serta tidak berlaku untuk pembelian melalui layanan antar GoFood dan website Holland Bakery.

  • Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium menawarkan harga spesial untuk pembelian tiket masuk pada tanggal 17 April 2019 nanti. Agar bisa menikmati harga spesial tersebut, kamu cukup menunjukkan jari bertinta.

Kamu bisa membeli tiket masuk dengan harga spesial Rp170.000 untuk tiket premium dewasa, dan Rp120.000 untuk tiket premium anak-anak. Selain itu, untuk setiap pembelian minimal Rp200.000, akan mendapatkan free voucher Pingoo Restaurant sebesar Rp25.000.

  • Ta Wan Restaurant

Mau cicipi menu special fried enoki atau angsio tofu gratis? Datang saja ke Ta Wan Restaurant tanggal 17 April 2019 nanti mulai pukul 10.00-15.00. Syaratnya, kamu harus menunjukkan jari bertinta serta Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Promo berlaku untuk makan di tempat dengan minimal transaksi Rp174.000 (tidak termasuk tax & service). Promo berlangsung di outlet Ta Wan seluruh Indonesia.

Mau nikmatin lebih banyak promo di hari-hari lainnya? Ajukan kartu kredit yang menawarkan banyak promo di CekAja.com!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami