Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Jangan Habiskan THR Karena 4 Kebutuhan Ini Harus Dipenuhi Setelah Lebaran

by Surtan Siahaan on 28 Juni, 2016

Tabungan rencana_investasi - CekAja.com

Setelah Tunjangan Hari Raya (THR) masuk rekening, banyak orang langsung membelanjakannya. Sebenarnya wajar saja karena kebutuhan saat Lebaran memang banyak.

Uang THR pun jadi pos dana yang khusus untuk kebutuhan Lebaran. Namun, ada baiknya THR tidak langsung dihabiskan.

Sebab, ada kebutuhan lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan setelah Lebaran. Kebutuhan ini bahkan harus dipenuhi agar kualitas hidup seseorang semakin baik. Mau tahu apa saja kebutuhan yang harus kamu penuhi tersebut? Berikut ini sejumlah alasannya:

THR - Promo Pinjaman Kredit Kebutuhan Lebaran

DP rumah turun

Alasan pertama mengapa kamu sebaiknya tidak menghabiskan THR Lebaran adalah uang muka rumah yang turun. Ini adalah kesempatan emas bagi kamu yang sudah berencana membeli rumah secara kredit. Sebab, uang muka yang harus kamu siapkan untuk KPR jadi semakin kecil dan terjangkau.

Rencananya, seperti dikutip dari Beritagar, Bank Indonesia (BI) akan menurunkan ketentuan uang muka masing-masing 5%. Jadi, bila kamu baru akan memiliki rumah untuk pertama kalinya, cukup membayar uang muka 15% dari sebelumnya sebesar 20% dari total harga rumah. (Baca juga: 10 Lagu Ini Memotivasi Kamu Agar Bekerja Lebih Keras)

Bayaran uang sekolah

Alasan kedua kenapa uang THR Lebaran sebaiknya tidak dihambur-hamburkan adalah keperluan masuk sekolah atau kuliah. Khususnya buat kamu yang sudah memiliki anak, setelah Lebaran anak-anak sudah harus masuk sekolah atau universitas bagi mereka yang berencana kuliah.

Ingat, biaya pendidika semakin mahal dari tahun ke tahun. Sudah pasti, kebutuhan uang masuk sekolah tahun ini juga tidak kecil. Oleh karenannya, cobalah sisihkan uang untuk keperluan ini sejak sekarang.

Dana darurat

Pos anggaran satu ini adalah dana cadangan yang wajib dimiliki untuk menghadapi kemungkinan hari depan yang buruk. Contohnya sakit, kehilangan pekerjaan atau kendaraan yang biasa kamu gunakan untuk beraktivitas rusak. Memiliki dana darurat tak beda dengan memiliki asuransi. Namun, bentuknya adalah uang tunai. Jumlah dana darurat yang ideal besarnya setidaknya mencapai 6 kali penghasilanmu. (Baca juga: Info Penting, Inilah Harga Sewa Mobil Untuk Mudik Lebaran 2016)

Bayar pajak kendaraan

Pembelian kendaraan biasanya meningkat drastis menjelang Lebaran. Hal ini bisa dimaklumi mengingat kendaraan merupakan kebutuhan orang untuk mudik. Tapi hal ini juga membawa konsekuensi bahwa pajak tahunan atau lima tahunan kendaraan milikmu akan jatuh tempo sebulan setelah Lebaran.

Hal ini menjadi alasan terakhir mengapa kamu harus menabung THR Lebaran. Sebab, uang yang dibutuhkan untuk keperluan ini tidak sedikit terlebih bagi kamu yang sudah harus mengganti pelat kendaraan. Maka dari itu, sebaiknya jangan menghabiskan THR yang baru saja kamu peroleh.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami