Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Jangan Keseringan Makan ini Kalau Gak Mau Sendu Hatinya

by Gito on 4 November, 2019

Makanan dan minuman yang kamu makan bisa mempengaruhi suasana hati lo. Jadi jangan sembarangan memasukkan apa saja ke dalam mulut kamu ya. Dipikirkan dulu dampak ke tubuh, lebih banyak efek negatifnya atau positifnya.

Ketika kecil kamu pasti pernah mendengar larangan orang tua untuk tidak sering makan manis? Ternyata hal tersebut wajar dilakukan oleh orang tua kita, karena jika terlalu banyak gula darah dalam tubuh kamu, tubuh akan mengirim hormon adrenalin yang mempromosikan aktivitas.

Jadi kamu akan menjad lebih aktif dan cenderung tidak bisa diam. Itu pula penting untuk mengetahui berapa total kalori yang kamu butuhkan dengan segudang aktifitasnya.

Hal itu dimaksudkan agar jika kamu memiliki kegiatan, tubuh tidak akan kekurangan nutrisi dan sebaliknya, jika ternyata aktivitas fisik kamu sedikit, makak tubuh juga tidak memerlukan banyak karbohidrat.

Nah berikut merupakan beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari, agar suasana hati kamu tetap ceria, tetap bersinar kayak matahari pagi.

(Baca juga: Cara Sederhana Yang Bikin Hidup Lebih Bahagia)
1. Kopi

Salah satu jenis minuman ini memang diakui sangat sulit untuk ditolak. Apalagi jika sudah tersaji hangat di meja makan saat pagi hari. Hmmmm, membayangkannya saja sudah membuat air liur mengembang.

Ini juga dilakukan oleh Penulis. Menyecap kopi di pagi hari merupakan sebuah harapan untuk bisa memulai hari dengan nyaman.

Apalagi kandungan yang ada dalam segelas kopi juga memilki banyak khasiat dan juga kenikmatan. Salah satunya adalah kopi hitam tanpa gula memiliki antioksidan yang sangat tinggi.

Hal itu sangat baik untuk kamu-kamu yang tinggal di wilayah perkotaan yang memiliki tingkat polutan tinggi.

Tetapi ibarat dua sisi mata uang, selalu terdapat sisi kebalikannya. Kopi diketahui juga mengandung kafein yang sebenarnya jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit dapat membuat efek tenang didalam tubuh.

Nah kalau sudah kebanyakan kafein, maka kamu akan mengalami sensasi jantung berdebar, gelisah dan juga cemas. Hal itulah yang dikhawatirkan dapat merusak suasana hati kamu.

Jadi mungkin kalau kamu sudah menemukan minuman lain yang lebih menyehatkan, ada baiknya berpindah hati dulu.

Memperbanyak air putih rasanya tidak masalah. Malah bagus untuk kulit dan juga peredaran darah kamu.

2. Alkohol

Jenis minuman ini tampaknya memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang banyak oleh beberapa ahli kesehatan. Karena memiliki banyak efek negatif, Alkohol juga bisa membuat berat kerja organ hati

Hubungannya dengan suasana hati yang sendu adalah dengan mengonsumsi alkohol ternyata juga ikut mengikis hormon serotonin.

Nah serotonin merupakan salah satu neurotransmitter yang bertugas mengelola hati untuk menghadapi segala tantangan dan membuat kamu tetap Bahagia dan positif.

Selain itu hormon itu juga berguna untuk membantu proses pembekuan darah, pembentukan tulang juga fungsi seksual. Banyak bukan fungsinya? Jadi kalau kamu ingin tetap bahagia, kurangi alkohol perbanyak olahraga.

(Baca juga: Hidup Sehat ala Eyang Habibie: Apa Makanan Favoritnya?)
3. Pemanis buatan

Jenis bahan makanan ini pasti sering kali kamu temukan di kemasan makanan ataupun minuman ringan. Rasa manisnya memang enak dan juga membuat mulut ketagihan.Tetapi ternyata jika dikonsumsi berlebihan, bisa merubah mood kamu lo.

Kamu bisa dengan mudahnya menjadi cemas, marah dalam menanggapi segala hal. Bukan tidak mungkin jika kamu menjadi depresi jika terlampau banyak mengonsumsinya.

Di bumi yang kita cintai ini ada banyak sekali bahan pengganti untuk pemanis buatan. Seperti tebu, ataupun madu. Keduanya bisa kamu gunakan untuk pengganti pemanis buatan.

Terpenting adalah kurangi kebiasaan jajan dan budayakan memasak. Jadi kamu dan keluarga bisa menjadi lebih sehat.

4. Margarin

Membayangkan mengolekasnnya di selembar roti tawar saja sudah membuat saya bersemangat. Ditambah taburan gula pasir ataupun selai kacang dan coklat tentu akan membuat hari kamu bertenaga dan Bahagia.

Tetapi jangan senang dulu, margarin bisa juga membuat kamu tidak bahagia. Pasalnya di dalam margari terdapat asam lemak omega 6. Nah kandungan ini bisa memblokir asam lemak omega 3 yang berfungsi meningkatkan suasana hati.

Jadi, pilih-pilih apa saja yang kamu makan dan minum. Mencegah lebih baik dari mengobati. Kalau kamu mau tambah bahagia, liburan bisa dilakukan sepertinya. Kurang dana? Jangan khawatir, ajukan saja di CekAja.com dan temukan produk keuangan yang cocok untukmu.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit