Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Jangan Lupa, Kartu Kredit Punya 4 Keuntungan Ini

by JTO on 7 Juli, 2014

Liburan Akhir Tahun - CekAja

Anda mungkin saat ini pengguna kartu kredit. Namun, mungkin belum pernah menggunakan beberapa benefit kartu kredit yang akan diulas pada artikel ini.

Karena tidak tahu dengan berbagai keuntungannya, saat ini Anda mungkin hanya menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran biasa. Nah, agar tidak lagi meninggalkan keuntungan yang ditawarkan oleh sebuah kartu kredit, berikut adalah beberapa keuntungan yang wajib Anda ketahui?

Harga Khusus

Benefit ini berhubungan dengan kerjasama penerbit kartu kredit dengan ritel atau merchant tertentu. Dengan melakukan transaksi di ritel atau merchant yang bekerjasama, maka akan ada diskon khusus yang bisa didapatkan. Tidak sulit untuk mencari benefit yang bisa disesuaikan dengan kartu kredit Anda. Sebab, setiap minggu banyak promo yang ditawarkan para penerbit kartu melalui iklan-iklannya.

(Baca juga: 4 Jurus Jitu Bebas Tunggakan Kartu Kredit)

Diskon ini juga bisa berbentuk rewards atau cashback. Bahkan ada kartu kredit yang diterbitkan khusus yang selalu menawarkan keuntungan rewards atau cashback ketika Anda menggunakannya. Karena itu, sebelum mengajukan aplikasi, Anda dapat bandingkan puluhan kartu kredit terlebih dahulu untuk mendapatkan berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Lalu, darimana Anda bisa tahu promo yang ditawarkan ini? Banyak medium yang dipakai oleh penerbit kartu kredit untuk memberitahu para pemakainya. Mulai dari iklan yang ditayangkan di berbagai media, newsletter yang dikirim melalui email Anda, bersama tagihan tercetak yang dikirimkan setiap bulannya, atau melalui sms.

Prioritas Booking

Pernahkah ketika memesan tiket perjalanan, kamar hotel, atau reservasi restoran untuk makan malam, kemudian Anda ditanya tentang kepemilikan sebuah kartu kredit tertentu. Fitur ini disebut prioritas booking. Maksudnya, ketika transaksi dilakukan memakai kartu kredit tersebut, Anda akan menjadi pelanggan prioritas yang akan diutamakan.

Benefit yang ditawarkan biasanya berupa harga khusus, bangku khusus untuk reservasi pesawat dan restoran, atau kamar khusus untuk reservasi hotel. Nah, bila memang menguntungkan, mengapa Anda tidak menggunakannya? Mulailah cari promo beberapa kartu kredit yang menawarkan fitur ini.

(Baca juga: 6 Situasi yang Mendorong Anda Wajib Punya Kartu Kredit)

Airport Lounge

Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat, benefit ini tentu sangat familiar. Bahkan, tidak jarang benefit ini dijadikan suatu syarat bagi Anda untuk memilih kartu kredit tertentu. Pertanyaannya;, bila Anda tidak sering bepergian, apakah Anda peduli dengan benefit ini? Mungkin Ya, mungkin saja Tidak.

Padahal, benefit ini cukup menguntungkan dikala Anda sedang menunggu pesawat di bandara. Benefit airport lounge maksudnya adalah Anda akan diberi akses untuk menikmati fasilitas lounge yang dimiliki bandara, dimana tempat ini tidak akan seperti ruang tunggu biasa karena memiliki beberapa fasilitas eksklusif. Selain tempatnya yang lebih nyaman, menawarkan makanan dan camilan, juga menwarkan akses Internet gratis.

Bila Anda tidak menggunakan promo kartu kredit yang memiliki fitur ini, sebenarnya Anda harus membayar untuk masuk ke sebuah lounge. Biasanya sekitar Rp 50,000. Bisa saja gratis, namun syaratnya Anda naik pesawat first class atau business class. Atau Anda punya akun prioritas di beberapa bank, dan kartu ATM Anda menjadi alat untuk masuk ke lounge secara dengan gratis.

Asuransi

Kartu kredit adalah pinjaman. Ketika Anda menggunakannya, ada kewajiban yang harus Anda lakukan, yaitu membayarnya. Disinilah pentingnya asuransi yang dimiliki pada kartu kredit Anda. Sebab, ketika ada asuransi yang menyertai kartu kredit yang Anda miliki, maka risiko macetnya pelunasan dari kewajiban yang Anda miliki akan ditanggung oleh asuransi tersebut. Risiko itu yang ditanggung biasanya seperti cacat tetap, dan atau meninggal dunia.

Untuk asuransi jenis ini, biasanya setelah kartu kredit Anda disetujui, maka aka nada penawaran via telepon dari penerbit kartu yang menawarkannya. Akan ada premi juga yang dibebankan dari setiap tagihan yang Anda miliki. persentasenya sekitar 0,3% – 0 ,8% dari total tagihan Anda. Namun, bila Anda tidak memiliki tagihan, maka premi tersebut tidak akan ditagihkan. Asuransi ini juga merupakan pilihan, dan Anda bisa menolaknya untik tidak menggunakannya.

Ada pula asuransi pada kartu kredit yang secara cuma-cuma diberikan kepada Anda. Mulai dari perlindungan asuransi jiwa, gratis pengobatan di luar negeri hingga nilai pertanggungan tertentu, sampai pada gratis asuransi kecelakaan. Namun jangan salah, asuransi ini biasanya ditawarkan pada kartu kredit jenis tertentu, seperti jenis kartu kredit platinum, signature atau diatasnya. Untuk nmengetahuinya kartu kredit apa saja yang memiliki fitur ini, Anda harus membandingkan terlebih dahulu secara online sebelum mengajikan aplikasi.

Mau kartu kredit dengan banyak keuntungan promo dan diskon? Cek di sini.

 

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.