Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Jangan Mudah Tergoda Cicilan Tanpa Bunga

by lhmdi on 29 Desember, 2016

pinjaman bank - CekAja.com

Tidak jarang kita melihat ada banyak iklan yang memasang berbagai promo pembelian perangkat gawai atau gadget, makan di restoran, tiket berlibur dengan penawaran cicilan tanpa bunga untuk menarik perhatian masyarakat.

Ditambah lagi jika menggunakan kata-kata cicilan 0% kerap kali membuat banyak masyarakat tergoda untuk melakukan transaksi keuangan. Intinya, iklan dengan cicilan 0% ini merupakan bagian dari program kartu kredit  yang ditawarkan kepada masyarakat untuk meningkatkan transaksi keuangan atau pengajuan kartu kredit.

Tergoda boleh boleh saja, namun jangan terburu-buru terbuai dengan penawaran cicilan tanpa bunga atau cicilan 0% ini. Ketahui beberapa hal berikut ini jika kamu ingin bertransaksi menggunakan fitur cicilan tanpa bunga berikut ini terlebih dahulu:

pinjaman tanpa jaminan kta tanpa agunan-CekAja.com

  1. Cek dulu fitur cicilan dari bank

Jika kamu ingin membeli sesuatu atau tertarik dengan layanan cicilan tanpa bunga yang ditawarkan sebuah gerai atau toko, pastikan untuk cek lagi lebih dalam apakah toko tersebut memang terdaftar sebagai partner atau merchant dengan bank yang menjadi penerbit kartu kredit kamu.

Jika tidak terdaftar atau kamu masih ragu-ragu, maka sebaiknya tanyakan dahulu kepada bank penerbit kartu kredit apakah memang mereka benar-benar bekerjasama menawarkan fitur cicilan seperti ini.

Selain itu, kamu juga bisa bertanya terlebih dahulu ke toko yang menawarkan fitur cicilan dengan atau tanpa bunga sebelumnya. Kartu kredit bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Misalnya beli emas pakai kartu kredit, beli hp cicilan tanpa kartu kredit. Bunganya juga murah. Cicilan 0 kartu kredit bank mega, sangat menarik.

  1. Bandingkan terlebih dahulu

Meskipun kamu tergoda untuk bertransaksi dengan fitur cicilan tanpa biaya bunga, namun sangat disarankan untuk membandingkannya terlebih dahulu antara satu toko dengan toko yang lainnya. Cara ini penting dilakukan agar kamu tidak terburu-buru menggunakan kartu kredit dengan berbagai fitur cicilan yang ditawarkan.

  1. Siap-siap dengan biaya ekstra

Apa pun jenis transaksi yang kamu lakukan dengan menggunakan kartu kredit biasanya akan dikenakan biaya ekstra, yaitu biaya administrasi. Nilai biaya administrasi biasanya berkisar 3% hingga 5%, tergantung dari bank dan penyedia toko yang menawarkan cicilan ini.

Selain itu, ada juga sebagian toko yang bersedia menanggung biaya administrasi yang dibebankan jika seorang konsumen bertransaksi menggunakan kartu kredit.

Jadi, pastikan untuk bertanya kepada toko atau gerai yang kamu pilih tentang biaya administrasi yang dilakukan jika bertransaksi menggunakan kartu kredit dengan fitur cicilan tanpa biaya bunga. Untuk memperoleh cicilan tanpa bunga, kamu bisa gunakan kredit hp bunga 0 tanpa kartu kredit.

  1. Selalu bayar tepat waktu

Meskipun menawarkan cicilan tanpa bunga, namun jangan sampai lupa untuk membayarnya tepat waktu. Apalagi semua kartu kredit dari bank mana pun akan menerapkan denda pembayaran jika dibayar setelah tanggal jatuh tempo.

Jika memilih bertransaksi dengan fitur cicilan tidak pakai bunga, maka kamu jangan lupa untuk membayar cicilannya tepat waktu. Selain melatih disiplin untuk tidak menunggak tagihan kartu kredit, cicilan yang dibayar tepat waktu biasanya akan mengurangi beban biaya-biaya yang tidak penting dan justru menambah beban keuangan kamu.

Cermat memanfaatkan fitur cicilan

Toko, maskapai penerbangan dan berbagai macam brand bersama bank penerbit kartu kredit pastinya akan selalu menyediakan fitur serta fasilitas yang memberikan kemudahan bertransaksi dengan cicilan tanpa beban biaya bunga.

Tidak jarang pula karena tergiur dengan fitur ini, banyak masyarakat yang rela menuruti hawa nafsu untuk berelanja dan membeli sesuatu yang sebenarnya belum dibutuhkan. Oleh karena itu, pahami serta teliti kembali setiap berbelanja, khususnya saat menggunakan kartu kredit denan membeli sesuatu dengan nilai nominal yang sangat besar.

Selain itu, jangan lupakan kebiasaan untuk menabung agar kondisi keuangan kamu tetap seimbang meskpun bertransaksi menggunakan kartu kredit. Terakhir, jangan pernah telat untuk membayar cicilan dari setiap transaksi kartu kredit setiap bulannya.  Kartu kredit cicilan 0 persen hanya di CekAja.com

Daftar kartu kredit yang berikan diskon belanja di sini

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.