Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Jangan Salah Pilih, Ada Premi Asuransi di Kredit Kendaraan

by JTO on 7 Oktober, 2014

Pernahkah Anda bertanya-tanya ketika membayar angsuran Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), biaya apa saja yang termasuk di dalamnya? Ternyata, ada premi asuransi kendaraan pada angsuran yang Anda bayarkan.

Biasanya saat pengambilan kredit memang sudah dijelaskan di depan, namun dengan pelayanan pelanggan yang dituntut untuk menjelaskan secara efisien maka bisa jadi Anda sedikit terlewat dengan macam biaya-biaya ini. Sebenarnya dalam angsuran per bulan Anda, terselip berbagai macam biaya. Ada angsuran pokok dari pinjaman Anda, ada provisi, ada juga biaya administrasi. Yang kadang terlewat adalah adanya tambahan premi asuransi. Benar! Dalam KKB, ada asuransi yang melindungi Anda.

Karena ada tambahan premi asuransi ini, angsuran yang Anda bayarkan jadi terasa semakin tinggi. Walaupun begitu, bukan berarti ini akan menjadi beban bagi Anda. Justru premi ini akan sangat berguna untuk Anda. Nah, karena setiap bank memiliki partner perusahaan asuransi sendiri-sendiri,  Anda harus jeli memilih bank yang baik yang berpasangan dengan perusahaan asuransi yang baik.

Jenis Perlindungan

Pada umumnya, jenis perlindungan yang akan diberikan kepada Anda saat mengambil KKB adalah perlidungan komprehensif atau All-Risk. Mengapa demikian? Jenis perlindungan ini bisa melindungi kendaraan Anda dari kecelakaan paling ringan hingga besar. Umumnya, asuransi jenis ini diberikan untuk kendaraan penumpang ataupun kendaraan pribadi.

Ada juga asuransi Total Loss Only (TLO) yang hanya akan memberi perlindungan jika kondisi kendaraan Anda lebih dari 80% rusak. Asuransi jenis ini biasanya digunakan untuk pembiayaan kredit mobil barang dan sepeda motor.

Bayangkan saja jika kendaraan kredit Anda tanpa sengaja penyok gara-gara tersenggol kendaraan lain. Padahal masa angsuran kredit Anda baru akan berakhir sepuluh bulan lagi. Anda bakalan merugi habis karena selain harus membayar angsuran kepada bank, Anda juga masih harus memperbaiki kendaraan Anda. Nah, di sinilah asuransi akan membantu Anda. Begitu Anda melakukan klaim, asuransi akan menutup biaya perbaikan mobil Anda. Uang Anda pun tidak berkurang. (Baca juga: Beli Mobil Baru, Pilih Kredit Konvensional atau Kredit Syariah?)

Premi

Premi yang diberikan dari kedua macam asuransi tersebut berbeda. Alasan utamanya adalah perbedaan jenis perlindungan. Asuransi komprehensif melindungi Anda dari kerusakan kecil hingga besar, karena itu resikonya menjadi lebih banyak. Dengan resiko yang lebih banyak, premi pun menjadi semakin besar. Karena itu, jika Anda membeli mobil pribadi atau penumpang maka angsuran Anda ditambah premi menjadi besar.

Asuransi TLO memiliki perhitungan premi yang beda lagi. Asuransi ini hanya menhitung kerusakan total kendaraan Anda saja. Di tahun pertama, kendaraan Anda masih baru sehingga pertanggungannya masih 100% harga baru. Di tahun kedua, pertanggungan menjadi turun hingga 80% karena usia yang bertambah dan harga bekas yang lebih rendah dibandingkan harga baru. Demikian seterusnya. Karena itu, jumlah premi yang Anda bayarkan menjadi semakin kecil di kemudian hari.

Cara Memilih

Ada tiga komponen yang harus Anda pertimbangkan saat mengajukan KKB, yaitu bank, asuransi rekanan, dan bengkel rekanan. Jika Anda lebih suka menggunakan bengkel favorit Anda, Anda masih bisa menggunakannya walaupun proses klaim nanti jadi sedikit berbelit. Pilihlan bank yang menggandeng asuransi bonafid. Meski akhirnya premi yang dibayarkan mungkin jadi agak mahal karena bank yang Anda pilih bukan bank dengan suku bunga termurah, namun kendaraan Anda akan terlindungi dengan maksimal. (Baca juga: 4 Rambu Sebelum Ajukan KKB)

Jika Anda lebih menyukai bank yang memberikan suku bunga murah, Anda bisa pilih bank tersebut. Namun Anda harus memastikan juga fasilitas asuransi danbesar premi yang dibayarkan.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami