Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Jangan Sepelekan Barang di Gudang Kamu, Rongsokan Berikut Ini Bisa Bikin Kamu Kaya Mendadak

by Surtan Siahaan on 5 Februari, 2016

kebiasaan finansial pria - CekAja.com

Jangan pernah sepelekan barang bekas. Karena bisa saja barang yang kita anggap sampah itu memiliki nilai ekonomi tinggi. Tentu kita masih ingat dengan kreativitas warga Wonosari, Karanganyar, Jawa Tengah bernama Kusrin yang mengubah monitor bekas, menjadi televisi baru.

Kini, lelaki lulusan SD tersebut bahkan memproduksi tv daur ulang dengan merelnya sendiri, Maxreen. Nah, belajar dari Kusrin, banyak juga cerita mengenai barang bekas yang naik kelas menjadi barang mewah. Bahkan, barang-barang rongsokan ini dijual dengan harga yang sangat fantastis. Jadi, ketika kamu punya barang bekas di dalam gudang atau memperoleh peninggalan dari orang tua, jangan dulu langsung membuang barang-barang yang kelihatan tidak berguna tersebut ke tempat sampah. Nah, agar kamu lebih menghargai barang bekas, berikut ini sejumlah daftar barang bekas yang jadi berkelas:

Sepeda tua

balinese-oldbike

Siapa sangka sepeda onthel tua yang teronggok di gudang bisa dihargai hingga belasan juta rupiah. Cerita ini datang dari pria asal Banyuwangi, Roeslan, yang menemukan sepeda antik Gazelle seri 11 di garasi sebuah rumah tua.

Sepeda buatan Belanda tersebut dijual dengan harga murah. Siapa sangka, sepeda onthel tersebut merupakan jenis langka yang punya harga pasaran Rp 15 juta.

(Baca juga:Barang yang Sebaiknya Kamu Beli Bekas di Tahun 2016)

Kontainer bekas

1280x720-KU_

Bangunan yang menggunakan kontainer bekas tengah jadi tren. Dengan bantuan ilmu arsitek, barang bekas ini bisa diubah menjadi kantor, restoran hingga rumah. Padahal, dahulu kontainer bekas yang sudah dianggap tidak layak untuk keperluan pengakutan barang diabarkan teronggok dan menjadi sampah di pelabuhan barang.

Jika kontainer bekas pada umumnya dijual hanya dengan harga sekitar Rp 20 juta, nilainya bisa berlipat menjadi Rp 50 juta hingga ratusan juta rupiah ketika diubah menjadi kafe, restoran, kantor atau bahkan rumah tinggal.

Mobil rongsokan

Spyder

Barang rongsokan satu ini juga punya nilai fantastis. Seorang warga Paris berhasil menjual 29 mobil rongsokan dengan harga mencapai jutaan Poundsterling. Seperti dilansir oleh Telegraph, harta karun ini diselamatkan dari dalam garasi dan halaman di peternakan terlantar di Perancis.

Mobil-mobil butut ini kemduian dilelang pada sebuah perhelatan pameran mobil di Paris. Siapa sangka, pria ini justru kaya mendadak karena sejumlah mobil tua tersebut ternyata merupakan barang langka.

Salah satunya adalah 1961 Ferrari 250GT SWB California Spyder dengan lampu tertutup. Mobil ini berhasil laku jutaan Poundsterling. Selain itu ada 1956 Maserati A6G Gran Sport yang hanya ada 3 unit di dunia. Mobil istimewa ini terlelang dengan harga 1,4 juta Poundsterling.

(Baca juga: Tips Agar Tidak Tertipu Saat Membeli iPhone Bekas)

Bangkai motor

HDLHS

Siapa sangka motor dengan ban kempes, stang hilang, bodi berkarat dan penyok terjual seharga Rp 6 miliar pada sebuah lelang akhir tahun 2015 lalu di Australia. Rupanya, bangkai motor tersebut bukanlah barang bekas sembarangan.

Motor ini adalah Harley Davidson berjenis circa 1927 yang sangat-sangat langka. Seperti dilansir oleh shannons.com, motor yang dibuat sebelum perang dunia kedua ini menjadi motor paling mahal yang dijual di Shannons Melbourne Spring Auction, sebuah acara pameran motor bergengsi di Australia.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami