Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Jangan Sujud Syukur Berlebihan, KPU Baru Umumkan Hasil Pemilu Bulan Depan

by Gentur Putro Jati on 18 April, 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelenggarakan Pemilu 2019 dengan sukses pada Rabu (17/4) kemarin. Menjelang sore, hasil hitung cepat yang dilakukan berbagai lembaga survei sudah bermunculan dan memberikan ‘podium’ sementara kepada pasangan calon Presiden-Wakil Presiden 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Indonesia Semangat Optimistis 17 Agustus - CekAja

Beberapa hasil hitung cepat sementara yang kami rangkum sampai pagi ini adalah:
1. Lembaga Survei Indonesia (LSI)
Jokowi-Amin 55,78 persen v 44,2 persen Prabowo-Sandi

2. Indo Barometer
Jokowi-Amin 54,32 persen v 45,68 persen Prabowo-Sandi

(Baca juga: Banjir Diskon dan Promo Menarik Pemilu 2019)

3. Litbang Kompas
Jokowi-Amin 54,52 persen v 45,48 persen Prabowo-Sandi

4. Median
Jokowi-Amin 54,56 persen v 45,44 persen Prabowo-Sandi

Proses Penghitungan KPU

Meski semua lembaga survei menyajikan angka kemenangan bagi Jokowi-Amin, namun ada baiknya menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU yang dijadwalkan selesai 22 Mei 2019 nanti. Sebab perhitungan cepat berasal dari survei dan bukan hasil perhitungan resmi. Metode hitung cepat dilakukan dengan menjumlahkan persentase hasil pemilu di sejumlah sampel TPS.

KPU butuh waktu 1 bulan lebih untuk menghitung surat suara dari 809.563 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di Indonesia. KPU menggunakan cara manual untuk menghitungnya secara terbuka, dihadiri para saksi dan pengawas.

Pertama, hasil penghitungan suara masing-masing TPS di tiap kecamatan digabungkan, sehingga ditemukan satu angka suara yang merepresentasikan perolehan suara di satu kecamatan. Tercatat ada 7.201 kecamatan yang akan melaksanakan proses ini, dan akan berjalan dari 18 April hingga 4 Mei 2019.

Kemudian, hasil penghitungan suara di tingkat kecamatan tersebut digabungkan di level kabupaten/kota, dan dihasilkan angka yang merepresentasikan perolehan suara di tiap-tiap 514 kabupaten/kota. Proses ini dilaksanakan mulai 22 April hingga 7 Mei 2019.

(Baca juga: Coffee Morning with The CEO: Pemilu dan Lima Tahun Berikutnya..)

Setelah pengumpulan surat suara di tingkat kabupaten atau kota, kemudian dilakukan rekapitulasi surat suara di tingkat provinsi. Proses ini dilakukan di 34 provinsi dari 22 April hingga 12 Mei.

Hasil suara di 34 Provinsi tersebut kemudian digabung menjadi hasil dari penghitungan suara tingkat nasional. Barulah ketahuan hasil perolehan suara yang sebenarnya. Proses penghitungannya dilakukan dari 25 April hingga 22 Mei 2019.

Jadi, sebelum melakukan sujud syukur merayakan klaim kemenangan calon presiden jagoan kamu, ada baiknya kamu menahan diri dan bersabar menunggu pengumuman resmi KPU.

Oiya, buat kamu yang mau nikmatin promo diskon Pemilu 2019, gunakan kartu kredit yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Ego in debitum, ergo sum