Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Jangan Takut Rugi, Bagi-bagi Merchandise Bisa Bikin Bisnis Moncer

by Miftahul Khoer on 18 Maret, 2020

Merchandise sebuah brand memiliki peranan penting dalam sebuah bisnis, sebab merchandise secara tidak langsung menjadi media promosi yang efektif. Saat kamu memiliki produk bisnis, tentu saja ketersediaan merchandise sangat dibutuhkan agar bisa menarik konsumen.

Seluk-Beluk Bisnis Menjual Koin Kuno, Beneran Untung?

Tapi sayang, perihal merchandise ini sering kali luput digunakan oleh banyak pebisnis. Padahal memiliki dampak yang sangat besar.

Pernak-pernik lucu saat belanja sesuatu tentu sering kamu dapatkan bukan? Jenis merchandise ini memang beragam diantaranya jaket, topi, kaos, mug, tote bag dan lain-lain.

Buat kamu yang mulai berbisnis bisa lo menyediakan merchandise semenarik mungkin, seperti alat kebutuhan sehari-hari atau produk barang-barang rumah tangga.

Meski harus mengeluarkan modal, tapi hal itu penting untuk dilakukan sebagai ajang promosi.

Kira-kira manfaat apa saja yang bisa didapat melalui pernik khusus dari  suatu merek? Simak 5 manfaat berikut ulasannya ya di bawah ini:

(Baca juga: INTERVIEW: Sritex, Perusahaan Kelas Dunia yang Garap Merchandise Asian Games)

1. Sebagai daya tarik 

Tidak dipungkiri bahwa pernik khusus dari sebuah merek memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Misalkan kamu lagi menyempatkan waktu datang bazar atau salah satu event Jakarta Fair, tentu banyak sekali perusahaan yang memberikan merchandise.

Hal tersebut akan mengingatkan konsumen kepada produk atau merek itu sendiri.

Jika konsumen sudah tertarik, maka mudah buat kamu untuk menghitung cuan-nya. Karena biasanya dengan begitu, costumer akan membeli produk dari merek yang menempel di pernik khusus yang kamu berikan.

Mereka memiliki kesan yang positif di mata pelanggan. Dan itu akan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk mau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan, karena merasa familiar terhadap brand tersebut.

Dari situ nantinya, produk atau jasa yang kita tawarkan akan disebarkan dari mulut ke mulut lalu semakin banyak masyarakat yang akan menggunakannya.

2. Branding produk

Mungkin sebagian dari kamu pernah dapat merchandise lucu pada saat belanja sesuatu?

Tetapi coba kamu telisik, di hampir setiap merchandise yang kamu terima, perusahan atau pemilik produk selalu memasang logo nama produk mereka. 

Dengan seperti itu tanpa kita sadari, mereka telah memperkenalkan nama produk atau merek mereka ke masyarakat.

Ketika merchandise tersebut di bawa ke rumah oleh konsumen, saudara atau sanak famili yang ada di rumah tentu akan melihat dan bertanya dari mana kamu dapat barang menarik tersebut.

Dan nama yang menempel pada merchandise itu akan menempel diingatan mereka.

3. Menghargai konsumen

Penjualan yang sukses dan keberhasilan bisnis kamu tidak terlepas dari peran para konsumen.

Oleh sebab itu, hal yang sudah seharusnya apabila kamu memberikan mereka rewards atau penghargaan secara cuma-cuma kepada mereka berupa merchandise atau pernak pernik yang unik sebagai tanda terimakasih kamu kepada konsumen. 

Mungkin apa yang kamu berikan masih belum sepadan dengan apa yang mereka keluarkan untuk membeli produk kamu.

Tapi itulah pentingnya sebuah merchandise meski sederhana agar pelanggan-pelanggan kamu merasa dihargai serta merasa diakui sebagai pecinta produk kamu. Hal tersebut juga menjadi kebanggaan konsumen, karena mereka telah merasa dilayani dengan baik.

4. Senjata persaingan

Tidak dipungkiri, pesatnya perkembangan teknologi membuat persaingan di ranah digital menjadi kian kencang.

Pasalnya, dalam jagad dunia maya tidak hanya perusahaan lokal yang ikut dalam kancang persaingan, perusahaan asing juga ikut berebut “kue” yang tidak begitu besar tersebut.

Nah salah satu produk yang menjadi barang rebutan di dunia digital adalah sepatu. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba memenangkan hati konsumen melalui konten pemasaran yang menarik. 

Nah salah satu cara yang bisa dijadikan medium dalam “peperangan” tersebut adalah merchandise. Umumnya perusahaan memberikannya melalui konsep give away atau hadiah. 

(Baca juga: Cek 5 Tips Dagang di Instagram Dijamin Laris Manis)

5. Pembeda 

Bagi seorang pebisnis, diferensiasi atau pembeda menjadi hal yang wajib untuk menonjolkan diri diantara produk-produk yang lain.

Salah satu upaya tersebut biasa dilakukan dengan memberikan merchandise unik atau pernak-pernik menarik yang populer. 

Apalagi jika kamu bisa menyasar pasar milenial. Hal itu bisa kamu lakukan dengan berinovasi membuat merchandise yang sangat menarik atau yang tak biasa.

Seperti kaos couples, atau barang yang dibutuhkan dalam keseharian, seperti pulpen, mug, gantungan kunci, atau jaket.

Itulah 5 manfaat dari merchandise bagi bisnis kamu. Jika kamu tertarik untuk membuatnya. 

Kamu bisa mulai mencari bahan-bahan murah atau mencari inovasi yang belum ada untuk dijadikan merchandise kamu.  Agar bisnis kamu moncer, tidak ada salahnya jika kamu mulai coba. 

Kalau kamu butuh modal untuk mencetak merchandise lucu, tidak perlu khawatir. Takut mengganggu arus kas perusahaan, akses saja UangTeman.

Disana kamu bisa mendapatkan kredit digital secara cepat untuk mendukung kegiatan bisnis kamu. 

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.