Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Jangan Takut Pensiun Kalau Kamu Sudah Lakukan Tiga Hal Ini

by Rafly Aditia on 28 December, 2015

persiapan pensiun _ investasi - CekAja.com

Masa pensiun menjadi masa-masa yang memiliki dua macam warna. Warna yang pertama adalah warna gelap dan yang kedua warna terang.

Bagi orang-orang yang tidak memiliki perencanaan pensiun, biasanya masa pensiun menjadi momok yang menakutkan dalam hidup dan seolah-olah pensiun memiliki warna yang gelap dan mengancam keberlangsungan hidup.

Namun, bagi mereka yang telah mempersiapkan tabungan masa depan dengan baik maka mengalami pensiun dini pun menjadi salah satu hal yang sangat diidam-idamkan demi menjalani kehidupan yang cerah, tenang, dan senang. Mengapa demikian? Karena biasanya mereka telah melakukan perencanaan matang sejak dini sehingga mereka tidak takut lagi dengan masa pensiun. Apa saja sih rencana tersebut? Berikut daftarnya;

 

Daftar asuransi

Ketika memasuki masa pensiun maka kamu akan kehilangan atau setidaknya mengalami kekurangan pendapatan bulanan dari yang biasanya kamu dapatkan. Untuk itu kamu pasti khawatir dengan beberapa hal misalnya kalau kamu sakit bagaimana nanti biaya yang harus kamu tanggung, kalau kamu meninggal bagaimana anak-anak dan keluarga nanti?.

Semua itu sebenarnya tidak perlu dipusingkan lagi kalau kamu sudah mendaftar dalam layanan jasa asuransi. Mendaftarkan diri dalam asuransi mulai dari asuransi kesehatan, hingga jiwa adalah hal wajib bagi kamu yang merencanakan ketenangan dalam masa pensiun.

(Baca juga: Ini Biaya Kesehatan yang Harus Kamu Tanggung Bila Pensiun Tanpa Asuransi)

 

 

Berinvestasi sejak dini

Jangan pernah takut untuk pensiun kalau kamu sudah sadar akan investasi dan melakukannya sejak kamu masih di usia muda. Ya, bagi kamu yang sudah sadar akan betapa pentingnya investasi sejak usia 20an dan mengaplikasikannya dalam tindakan nyata maka kamu tidak perlu takut dengan yang namanya pensiun.

Semakin dini kamu berinvestasi maka kondisi keuangan di masa pensiun kamu akan semakin sehat pula juga. Jadi, sisihkanlah sebagian pendapatan kamu untuk berinvestasi mulai dari sekarang.

 

Memiliki rencana keuangan

Rencana keuangan adalah hal yang harus dimiliki oleh setiap orang termasuk kamu. Pasalnya, rencana keuangan sangat membantu kamu dalam menghadapi masa pensiun nanti yang bagi sebagian orang tidak mudah untuk dijalankan.

Dengan memiliki rencana keuangan yang memang matang dan sudah dijalankan sejak beberapa waktu silam maka sebenarnya kamu tidak perlu lagi khawatir dengan segala permasalahan keuangan di masa pensiun kamu. Jadi, bagi kamu yang masih muda dan ingin mempersiapkan masa pensiun yang indah dan matang mulailah membuat perencanaan keuangan dari sekarang.

(Baca juga: Cara Sisihkan Gaji Jika Kamu Punya Rencana Pensiun Dini)

 

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami