Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Jaringan 5G 2020 Bakal Rilis di Indonesia? Ini Keunggulannya

by Vera Khairifah on 8 Januari, 2020

Kecanggihan dalam dunia telekomunikasi semakin mempermudah kegiatan manusia. Setelah kita menikmati layanan 4G, kini jaringan 5G 2020 sedang dikembangkan bertahap. Wah, siap-siap menikmati kecepatan internet lebih cepat dengan 5G ini nih.

Jaringan 5G Rilis Tahun 2020 di Indonesia? Ini Keunggulannya

Pengembang Jaringan 5G

Teknologi selular dan gadget canggih dimulai dari generasi pertama yakni 1G yang menghantarkan suara analog. Kemudian 2G pada suara digital, 3G untuk data mobile, dan 4G LTE yang semakin mengenalkan kita pada mobile internet dan kecepatan yang lumayan cepat.

Kini, 5G terus dikembangkan. Digadang-gadang, kecepatan 5G adalah hasil dari 3 kali kecepatan 4G. Jadi, bisa dibayangkan dong bagaimana cepatnya layanan yang ditawarkan?

Pengembang dari 5G adalah perusahaan telekomunikasi nirkabel asal New York bernama Verizon. Verizon memulai pengembangan ini sejak tahun 2012. Pada akhir tahun 2018 dan di awal 2019, akhirnya Amerika Serikat bisa menikmati kecepatan 5G.

Negara-negara lain pun berlomba-lomba untuk ikut mengembangkan jaringan ini agar bisa digunakan di negaranya masing-masing. Misalnya seperti Korea Selatan yang sudah memulai pengembangannya sejak tahun 2008.

Keunggulan Jaringan 5G 2020

Berbicara dengan keunggulan, 5G tentu saja akan memiliki kecepatan internet yang sangat lebih cepat. Yakni diprediksi mampu menghantarkan hingga 20 Gigabyte per second. Sedangkan rata-ratanya, 5G bisa menyajikan berbagai informasi dengan kecepatan100 Megabyte per second.

Selain itu, kecepatan juga akan menghemat energi dan mengurangi biaya, menambah kapasitas sistem, dan efesiensi jaringan.

Jaringan 5G 2020 seolah menjadi titik baru dalam pengembangan Internet of Things (IoT). IoT sendiri adalah konsep komputasi yang saling terhubung sehingga memungkinkan transfer data tanpa memerlukan interaksi manusia ke komputer.

Peran IoT sangat berguna pada pelacakan logistik, smart building, smart city, sampai bidang agrikultur.

Negara-negara dengan Jaringan 5G

Jaringan 5G membutuhkan pengembangan di setiap negara yang ingin menikmatinya. Sebelumnya, berbagai merk gadget dan smartphone sendiri sudah mengeluarkan produk yang bisa menggunakannya. Di antaranya Samsung, Lenovo, Oppo, Xiaomi, Huawei, dan OnePlus.

Saat ini, negara-negara yang sudah menggunakan 5G adalah Amerika Serikat, Tiogkok, Korea Selatan, Inggris, dan Jerman. Sedangkan Jepang, baru akan merilis 5G pada tahun 2020 ini.

Sementara itu, rupanya Eropa diprediksi akan ketinggalan karena baru mencoba 5G pada tahun ini hingga beberapa tahun mendatang.

Jaringan 5G 2020 Bakal Rilis di Indonesia?

Di Indonesia, 5G sempat diuji coba oleh provider Telkomsel pada tahun 2018 saat gelaran Asian Games di Indonesia dengan kecepatan hingga 16 Gigabyte per second.

Kemudian di tahun yang sama, Indosat bersama Ericsson juga melakukan uji coba dengan hasil yang agak berbeda. Yakni kecepatan 5G di angka 10 Gigabyte per second. XL Axiata juga melakukan uji coba serupa.

Telkomsel kemudian memperkirakan bahwa 5G baru bisa dinikmati di Indonesia pada tahun 2021. Hal ini dikarenakan belum banyak device yang mampu menangkap jaringan 5G.

Di sisi lain, banyak daerah di Indonesia yang sampai saat ini masih belum bisa menimati jaringan 4G dengan baik. Sehingga memerlukan peningkatan kualitas layanan dengan fasilitas di seluruh daerah.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia juga belum mau memperkirakan kapan jaringan 5G benar-benar bisa dinikmati di Indonesia dengan alasan fokus pada pengembangan infrastruktur 4G terlebih dulu.

Kendala penggunaan 5G di Indonesia adalah belum adanya pengalokasian spektrum mana yang akan digunakan pada jaringan 5G di tanah air.

Kini, dengan sudah adanya beberapa device yang mendukung jaringan 5G, provider perlu mempercepat proses pengembangan 5G. GSM Association sebagai asosiasi provider jaringan mobile memperkirakan bahwa 5G baru bisa dinikmati menyeluruh (sekitar sepertiga populasi dunia) pada tahun 2025.

Jadi, dengan adanya beberapa fakta dan pertimbangan di atas, diperkirakan akan sulit merilis Jaringan 5G 2020 ini. Setidaknya, jaringan 5G baru bisa dinikmati di Indonesia pada tahun 2021 mendatang.

Udah enggak sabar mau coba dan memiliki smartphone dengan jaringan canggih 5G? Kamu bisa membelinya dengan kartu kredit dulu. Buruan pilih kartu kredit cicilan ringan melalui CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast