Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Jelang Ramadan adalah Saat Tepat untuk Gunakan Kartu Kredit, Ini Alasannya

by Tisyrin N. T on 19 Mei, 2017

belanja ramadan_kartu kredit-CekAja.com

Menjelang Ramadan dan Lebaran, kebutuhan masyarakat biasanya meningkat, dari mulai kebutuhan konsumsi, renovasi rumah, membeli pakaian baru, hingga mudik.

Karena itu, perlu siasat khusus dalam mengatur keuangan agar kondisi kantong tetap terjaga. Saat sedang khusyuk menjalankan ibadah puasa, tentu kita tak ingin merasa resah karena kondisi finansial yang seret akibat meningkatnya kebutuhan.

Apalagi, Tunjangan Hari Raya (THR) biasanya baru dibagikan pada minggu ketiga Ramadan. Padahal, persiapan finansial untuk mudik dan Lebaran idealnya dilakukan sejak jauh-jauh hari. Lantas, bagaimana menyiasatinya? Tak ada salahnya menggunakan kartu kredit untuk membantu menalangi beberapa kebutuhan Ramadan atau Lebaran. Khususnya ketika likuiditas keuangan keluarga sedang menipis.

Yang terpenting, kita yakin mampu melunasinya ketika tagihan tiba. Dan, tidak asal gesek saat menggunakan kartu kredit. Pikirkan matang-matang apakah barang yang dibeli memang merupakan kebutuhan penting. Berikut ini beberapa alasan mengapa jelang Ramadan adalah waktu yang tepat untuk menggunakan kartu sakti tersebut.

Ada diskon

Penerbit kartu kredit seringkali menjalin kerja sama dengan berbagai pihak termasuk swalayan untuk memberikan diskon belanja atau cashback bagi penggunanya. Tak sedikit kartu kredit yang memiliki nama dengan embel-embel nama swalayan tertentu. Kartu kredit semacam itu seringkali sangat menguntungkan bagi para ibu rumah tangga yang senang belanja bulanan di swalayan.

Ketika harga-harga barang naik jelang bulan puasa, tak perlu terlalu khawatir secara berlebihan. Manfaatkan saja tawaran diskon dari kartu kredit kesayangan. Para ibu dapat berbelanja bahan makanan yang awet seperti beras, gula, minyak, atau tepung sekaligus dalam jumlah banyak untuk stok selama Ramadan.

Harga bahan pokok mahal

Seperti telah disebutkan di atas, kenaikan harga barang memang menggila menjelang Ramadan. Kondisi semacam ini terus berlangsung setiap tahun. Permintaan bahan pokok meningkat karena biasanya para ibu ingin menghadirkan sajian yang spesial di rumah, kebutuhan belanja dapur pun meningkat. Kenaikan harga ini bisa jadi akan mengganggu arus kas keluarga.

Kartu kredit dapat membantu menyiasatinya. Gunakan kartu kredit yang memberikan diskon lumayan saat belanja bahan pokok.

Ada fasilitas cicilan

Tak ada salahnya membeli kebutuhan lebaran seperti baju sejak jauh-jauh hari. Apalagi, kartu kredit memiliki fasilitas cicilan. Ini akan sangat membantu dalam mengatur keuangan kita. Jika belanja baju baru menggunakan uang THR yang baru cair di minggu ketiga puasa, bersiaplah dengan risiko berdesak-desakan atau konsentrasi ibadah yang terpecah karena fokus memikirkan kebutuhan lebaran.

Untuk modal bisnis

Kartu kredit juga dapat membantu menambah modal usaha, hanya saja untuk langkah yang satu ini memerlukan perhitungan yang matang. Contoh penggunaannya adalah membeli barang modal dengan memanfaatkan kartu kredit, untuk menjalankan bisnis musiman saat bulan puasa.

Asalkan bisnisnya menjanjikan untuk cepat balik modal, tak ada masalah. Dengan begitu, pembayaran tagihan lancar dan kamu mendapatkan untung dari bisnis. Gunakan kartu kredit bisnis terbaik seperti Kartu Kredit Danamon-Amex untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami