Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Jelang Ramadhan, Ini Trik yang Bikin Rumah Terlihat Segar Tanpa Keluar Uang Banyak

by Tisyrin N. T on 14 April, 2017

persiapan ramadhan_KPR - CekAja.com

Saat menyambut Ramadhan dan lebaran, membenahi rumah sudah menjadi tradisi.

Tak hanya hati yang bersih, tempat tinggal pun harus bersih menyambut hari-hari yang suci. Apalagi, saat Ramadhan dan lebaran, akan lebih banyak tamu yang berkunjung ke rumah kamu.

Ramadhan akan tiba tak lama lagi, tak ada salahnya bersiap-siap dan mencicil dalam membenahi rumah. Berikut ini beberapa tips untuk membuat rumah terlihat lebih segar tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Cat rumah

Untuk membuat rumah terlihat baru, kamu tak harus melakukan renovasi total karena pasti akan mengeluarkan biaya mahal. Cukup mengecat ulang rumah, orang-orang akan pangling ketika melihat rumahmu. Kamu pun akan lebih percaya diri menyambut para tamu. Untuk mengecat rumah, kamu perlu mengeluarkan sekitar Rp30.000/m2.

Tata ulang furnitur

Belanja furnitur baru pasti akan memakan bujet yang tak sedikit. Jika belum siap, tak ada salahnya mengeluarkan tenaga untuk menata ulang furnitur yang sudah ada. Dengan hanya menata ulang, rumah bisa terlihat baru lho.

Misalnya, memindahkan lemari pajangan di ruang keluarga ke ruang tamu. Sofa yang sudah terlihat jelek cukup diganti kulit atau kainnya. Kamu juga bisa mengecat ulang meja yang sudah kusam.

Buang atau jual barang-barang tak terpakai

Bersihkan seluruh rumah, pisahkan barang-barang yang jarang atau tak terpakai lagi. Setelah itu, pisahkan lagi menjadi dua bagian, barang yang sudah tidak layak dan yang masih layak. Buang barang-barang yang sudah tidak layak.

Untuk barang-barang yang masih layak, kamu bisa memberikannya kepada orang yang membutuhkan, atau menjualnya. Lumayan kan kalau bisa mengantongi ratusan hingga jutaan rupiah dari penjualan barang tersebut? Uangnya dapat digunakan untuk membeli keperluan lebaran.

Tambahkan tanaman di dalam ruangan

Rumah terasa kering dan panas walau sudah ada pendingin ruangan? Bagaimana jika kamu menambahkan tanaman dalam ruangan untuk menambah kesegaran? Cukup sediakan vas bening berisi air lalu pilih tanaman yang cocok seperti sirih gading.

Letakan vas tersebut sebagai penghias ruangan. Selain itu, boleh juga memilih pot untuk diletakan di sudut ruangan, carilah jenis tanaman yang cocok untuk di dalam ruangan.

Pakai pengharum ruangan

Pengharum ruangan akan menambah kenyamanan. Jika kamu malas menggunakan pengharum ruangan semprot, pilih pengharum ruangan otomatis. Sebagai alternatif kamu juga bisa menggunakan pengharum ruangan alami dari kulit jeruk, sereh dan bahan-bahan alami lainnya.

Bersihkan area yang jarang tersentuh

Jangan lupa membersihkan area yang jarang tersentuh seperti kolong lemari, kolong tempat tidur, bagian belakang televisi, dan sebagainya. Siapa tahu kamu akan menemukan benda-benda kecil yang hilang. Yang jelas, rumah akan menjadi jauh lebih bersih.

 

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami