Jenis Ambulance di Indonesia, Ada Ambulance Gratis untuk Warga Miskin

Masih banyak yang belum tau, bahwa jenis ambulance di Indonesia beragam berdasarkan fungsinya masing-masing. Ambulance memiliki hak prioritas ketika melintas di jalan raya, sebab memegang peranan penting dalam membantu membawa seseorang dalam keadaan kritis.

Jenis Ambulance di Indonesia, Ada Ambulance Gratis untuk Warga Miskin

Kru dan driver ambulance tentunya sudah dibekali pengetahuan medis yang cukup agar mampu memberikan pertolongan dan treatment yang tepat pada pasien sesuai prosedur yang ditetapkan.

Jenis Ambulance

Berikut CekAja.com memberikan ulasan mengenai beragam jenis ambulance di Indonesia yang wajib kamu ketahui:

1. Ambulance Transportasi

Ambulance Transportasi - Jenis Ambulance di Indonesia

Berdasarkan keputusan Kementerian Kesehatan, jenis ambulance di Indonesia satu ini digunakan untuk pasien yang tidak memerlukan tindakan darurat atau khusus dalam perjalanan.

Hanya berfungsi untuk mengantar pasien dalam kondisi ringan untuk pengobatan. Biasanya hanya berisi tabung oksigen, pengukur tekanan darah, obat-obatan sederhana, dan cairan infus secukupnya.

Kadang, ambulance transportasi menjadi alternatif untuk membawa jenazah yang tidak terinfeksi atau tidak berpotensi membawa virus menular.

Namun, setelahnya ambulance didekontaminasi agar tidak membawa risiko pada pasien selanjutnya.

2. Ambulance Darurat

Ambulance Darurat - Jenis Ambulance di Indonesia

Jenis ambulance di Indonesia yang kedua ini adalah ambulance emergency atau advance, memiliki kelengkapan medis lebih kompleks.

Fungsi utama ditujukan sebagai pertolongan pertama membawa pasien gawat darurat pra-rumah sakit yang membutuhkan tindakan serius agar stabil dan bisa tertangani sebelum sampai di rumah sakit atau tempat tindakan.

Ambulance darurat merupakan bagian dari rangkaian emergency medical service. Adapun kru di dalamnya terdiri dari:

  • Petugas ambulance yang sudah mendapatkan pelatihan bantuan hidup (life saving) seperti BHD (Bantuan Hidup Dasar)
  • Pengemudi ambulance yang sudah mendapatkan pengetahuan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) dan pelatihan mengemudi yang sigap dan aman.

Di beberapa kota di Indonesia, jenis ambulance ini bisa diakses secara gratis, bila da kebutuhan darurat.

Ambulance darurat terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yakni ambulance darurat general dan khusus. Adapun letak perbedaannya hanya ada pada perlengkapan medis khusus.

Melansir dari health.detik.com, perlengkapan media khusus tersebut seperti ventilator, piggyback, oksigen, juga infus.

Jenis ambulance di Indonesia satu ini memiliki perlengkapan medis paling lengkap di dalamnya. Oleh karena itu, hanya digunakan dalam keadaan gawat darurat.

Ambulance darurat tidak dibolehkan untuk mengangkut jenazah, apalagi jenazah infeksius atau membusuk karena dapat menular ke pasien yang dibawa ambulance setelahnya.

3. Ambulance Jenazah

Ambulance Jenazah - Jenis Ambulance di Indonesia

Jenis ambulance di Indonesia yang terakhir yaitu ambulance jenazah, yang memang ditugaskan untuk membawa jenazah menuju rumah duka atau pemakaman.

Jenis ambulance ini tidak difasilitasi dengan perlengkapan medis. Ruang di dalamnya lebih kosong dibanding jenis ambulance lainnya, hanya ada bangku dan keranda jenazah.

Oleh sebab itu, ambulance jenazah tidak bisa dipakai untuk membawa pasien atau evakuasi korban selamat karena kelengkapan dalam ambulance jenazah tidak bisa memberikan pertolongan medis.

(Baca Juga: Daftar Bengkel Rekanan Asuransi Mobil Autocillin)

Mekanisme dan Prosedur Ambulance

  • Pengguna layanan / pasien / perawat ruang rawat inap menghubungi petugas ambulance
  • Petugas ambulance menghitung perkiraan biaya ambulance sesuai tarif yang berlaku
  • Petugas ambulance menghubungi pengguna layanan tentang jumlah biaya perjalanan ambulance
  • Pengguna layanan membayar biaya ke kasir Rumah Sakit (pengguna dari luar Rumah Sakit membayar ke petugas ambulance)
  • Petugas Ambulance mengurus surat perintah jalan (bagi layanan luar kota)
  • Petugas Ambulance mengantar pengguna layanan/ pasien ke tempat yang dituju (didampingi perawat Rumah Sakit jika pasien dirujuk ke Rumah Sakit lain).

Tarif Ambulance

Adapun jenis ambulance di Indonesia yang memberikan tarif untuk pelayanannya:

  • Tidak ada biaya bagi rujukan pasien BPJS Kesehatan ke rumah sakit lain
  • Tarif dalam kota 0-3 km sebesar Rp60 ribu, 3-5 km sebesar Rp120 ribu, dan >5 km sebesar Rp150 ribu
  • Luar kota Rp150 ribu di tambah Rp5.500,-/km jarak tempuh.

Ambulance Gratis untuk Masyarakat Miskin

Di tahun 2019, Komunitas anak muda Islam Zona Bombong di Pondok Pesantren Nurul Huda berinisiasi membeli ambulance untuk melayani masyarakat miskin secara gratis.

Berawal dari sisi kemanusiaan untuk membantu masyarakat miskin yang membutuhkan bantuan untuk dapat menuju tempat pengobatan menggunakan ambulance, namun tidak membebaninya dengan iuran.

Melansir dari detik.com, gagasan ambulan gratis ini diberi nama Si Bulan (Siaga Ambulance), saat pertama kali diumumkan animo masyarakat sangat luar biasa hingga overload.

Berawal dari Kota Purwokerto dan hanya tujuh ambulance, kini berkembang hingga 130 unit dan tersebar ke berbagai kota lainnya di Jawa hingga keluar Jawa seperti Aceh, NTB, dan Makassar.

Adapun relawan untuk mendampingi pasien, atau keluarga pasien yang ingin mengakses layanan kesehatan.

Disediakan pula rumah singgah, agar pasien yang akan berobat bisa menginap untuk istirahat dan besok paginya bisa diantar oleh tim ambulance secara gratis.

Adanya gagasan ini bertujuan untuk membantu warga duafa yang sedang kesulitan. Sebab, di antara warga miskin yang paling menderita itu adalah warga miskin yang sedang sakit dan mesti bolak-balik rumah sakit.

Kadang mereka sudah memiliki jaminan sosial berobat di rumah sakit gratis namun antar jemput dari rumah ke rumah sakit belum ada yang menanggung sehingga bagi mereka masih terasa sulit.

Maka dari itu, Si Bulan dapat menjadi sedikit solusi dengan melayani antar jemput pasien miskin secara gratis. Layanan ini pun bisa dihubungi selama 24 jam yang ada di wilayah masing-masing.

Nah, itu dia ulasan mengenai jenis ambulance di Indonesia yang mesti kamu tahu berdasarkan fungsinya.

Ambulance memang menjadi peran penting dalam membantu menangani situasi gawat darurat mengenai kesehatan.

(Baca Juga: Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa)

Namun, asuransi kesehatan pun menjadi peran sangat penting ketika dalam situasi darurat dan diluar dugaan.

Proteksi kesehatan ini harus dimiliki, sebab bisa memberikan perlindungan berbagai risiko kesehatan.

Asuransi kesehatan bisa digunakan untuk keadaan sakit ringan hingga kritis, mulai dari penggantian uang atau pemberian layanan kesehatan yang disebabkan oleh penyakit atau kecelakaan, hingga pengganti penghasilan yang hilang akibat menderita suatu penyakit atau musibah kecelakaan.

Sakit atau kecelakaan bisa datang kapan saja dan di mana saja diluar dugaan. Asuransi kesehatan bisa memberikan banyak manfaat yang tepat untuk kamu dan orang tersayang.

Karena, asuransi kesehatan secara khusus menjamin biaya pengobatan hingga perawatan, ketika jatuh sakit atau kecelakaan.

Jadi, segera miliki asuransi kesehatan terbaik pilihanmu melalui CekAja.com dengan proses pengajuan online yang mudah dan cepat.

CekAja.com juga memiliki berbagai penawaran produk asuransi kesehatan, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu loh!