Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

Jenis Anjing Termahal di Dunia Beserta Biaya Perawatan yang Dibutuhkan

by Kyla Damasha on 22 November, 2019

Anjing dikenal sebagai sahabat terbaik manusia, dan dikarenakan hal itulah banyak orang yang memilih hewan anjing untuk dijadikan sebagai hewan peliharaannya.

Bahkan, tak jarang pula ada sebagian orang yang justru memilih jenis anjing termahal di dunia sebagai salah satu hewan peliharaannya, guna menunjukan rasa cintanya terhadap hewan yang menggemaskan satu ini.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa anjing merupakan salah satu hewan peliharaan terbaik. Hanya saja, ternyata mendapatkan anjing yang sesuai terkadang tidak semudah yang kita kira. Meskipun anjing dikenal sebagai hewan yang pintar, namun pastinya setiap orang memiliki kualifikasinya masing-masing mengenai jenis anjing seperti apa yang mereka inginkan.

Mulai dari ukuran badan, jenis bulu, usia, hingga penampilan mereka, seluruhnya sering kali dijadikan sebagai pertimbangan bagi sebagian orang ketika ingin memilih anjing yang ingin mereka pelihara. Tak hanya itu, setiap anjing juga biasanya memiliki sifat yang berbeda-beda yang didasari oleh ras atau golongan mereka. Nah, hal inilah yang terkadang membuat beberapa jenis anjing menjadi memiliki harga yang selangit.

Jenis anjing langka atau dari ras tertentu biasanya memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan jenis-jenis anjing lainnya. Belum lagi jika jenis anjing tersebut ternyata merupakan hasil dari perkawinan silang dari dua jenis anjing yang berbeda, yang semakin menentukan seberapa tinggi harga anjing tersebut.

Sebenarnya banyak sekali faktor-faktor yang mendasari alasan orang untuk membeli jenis anjing termahal di dunia. Ada yang didasari oleh rasnya, penampilannya, asalnya dan masih banyak lagi.

Nah, apakah kamu termasuk pecinta anjing? Ketahui dulu beberapa jenis anjing termahal di dunia ini beserta kisaran biaya perawatan anjing pada umumnya yang sekiranya akan dibutuhkan jika kamu berencana untuk memelihara jenis hewan tersebut.

Jenis Anjing Termahal di Dunia
1. Tibetan Mastiff

Jenis anjing termahal di dunia yang menduduki urutan pertama yaitu Tibetan Mastiff yang dihargai dengan kisaran Rp. 2,6 miliyar. Sesuai dengan namanya, jenis anjing satu ini ditemukan di daerah Tibet dan Asia Tengah yang memiliki ukuran tubuh sangat besar.

Karena sifatnya yang tenang namun ganas dan menakutkan membuat Tibetan Mastiff sering kali dijadikan sebagai anjing penjaga ternak, terutama dari serangan serigala atau hewan buas lainnya yang terkadang senang memangsa hewan-hewan ternak.

Sekilas, bentuk dari jenis anjing termahal di dunia ini mirip dengan singa dengan bulu yang begitu lebat di area wajahnya. Tibetan Mastiff memang bisa dipelihara karena sikapnya yang selalu patuh pada pemiliknya. Hanya saja, anjing ini juga memiliki satu sifat unik, yaitu angkuh, yang apabila sang pemilik memerintahkan mereka yang bertentangan dengan logika serta nalurinya, maka mereka akan menolak. Unik banget, ya!

2. German Sheperd

Selanjutnya ada German Sheperd yang menduduki posisi kedua sebagai jenis anjing termahal di dunia. Jenis anjing satu ini dibanderol dengan harga yang mungkin bisa kamu gunakan untuk membeli mobil, yakni berkisar Rp. 278 juta.

Meskipun terbilang sebagai ras baru, German Sheperd memiliki karakteristik yang sangat cocok dijadikan sebagai anjing militer dan dikarenakan hal itulah anjing ini dihargai dengan begitu mahalnya.

Selain itu, intelejensi dan kepintarannya yang melebihi anjing pada umumnya juga membuat German Sheperd sering kali diajak untuk bermain film.

3. Cavalier King Charles Spaniel

Dibanderol dengan harga Rp. 194 juta, maka tak heran apabila Cavalier King Charles Spaniel berhasil menduduki posisi ketiga sebagai jenis anjing termahal di dunia. Anjing satu ini merupakan salah satu jenis anjing yang cukup popular di Amerika dan sering kali dijadikan pilihan untuk dipelihara, karena selain menggemaskan, Cavalier King Charles Spaniel juga memiliki karakter yang selalu bersemangat dan sabar.

Salah satu keunggulan dari salah satu jenis anjing termahal ini ialah karena daya adaptasinya yang tinggi serta mudah untuk bersosialisasi. Wah, lucu banget!

4. Samoyed

Kalau untuk jenis anjing satu ini, mungkin sudah banyak orang yang tahu. Memiliki bulu yang begitu putih dan lebat bak salju, Samoyed dibanderol dengan harga Rp. 146 juta dan juga termasuk salah satu jenis anjing termahal di dunia.

Karena sifatnya yang ramah, tak heran Samoyed sering kali dijadikan sebagai pilihan untuk menjadi hewan peliharaan rumahan sekaligus sahabat keluarga.

Pada umumnya, anjing ini memiliki mata berwarna coklat atau hitam serta telinga yang bersembunyi di balik bulunya. Samoyed memang sangat cocok untuk dipelihara, namun tidak terlalu cocok apabila dijadikan sebagai anjing penjaga karena sifatnya yang terlalu ramah.

5. English Bulldog

Dengan harga yang setara dengan mobil yakni sebesar Rp. 125 juta, maka tak heran apabila English Bulldog juga turut memasuki jajaran jenis anjing termahal di dunia. Badan yang gemuk serta kerutan yang khas diwajahnya membuat jenis anjing satu ini begitu menggemaskan.

Merupakan salah satu jenis anjing termahal di dunia yang popular di Amerika, English Bulldog dikenal senang sekali membangun ikatan yang kuat dengan tuannya. Dia merupakan anjing yang setia dan selalu melindungi tuannya dalam keadaan apapun.

6. Lowchen

Hanya berjumlah beberapa ratus saja di seluruh dunia, maka tak heran bahwa Lowchen juga menjadi salah satu jenis anjing termahal di dunia yang juga sangat langka. Tubuhnya yang mungil dan menggemaskan, anjing satu ini dibanderol dengan harga Rp. 113 juta. Sejak pada abad pertengahan, Lowchen sudah menjadi sahabat untuk para Bangsawan Jerman dan Prancis.

7. Chow Chow

Jenis anjing termahal di dunia lainnya yaitu Chow Chow yang dikenal memiliki bulu coklat lebat dengan lidah berwarna keunguan. Dengan tubuh yang bulat seperti karpet membuat Chow Chow juga sering kali dijuluki sebagai hewan terlucu sekali favorite hewan peliharaan untuk para pecinta anjing. Anjing yang bisa dibeli dengan harga Rp. 111 juta ini memiliki sifat yang sensitif, khususnya ketika bertemu dengan orang baru.

Biaya yang Dibutuhkan untuk Merawat Seekor Anjing

Tidak hanya untuk memelihara jenis anjing termahal di dunia saja, memelihara anjing dengan jenis apapun tentunya membutuhkan biaya khusus yang harus disiapkan. Perlu diketahui bahwa memelihara hewan seperti anjing sama saja dengan memiliki bayi yang harus diurus seumur hidup selama 24 jam.

Nah, bagi kamu yang saat ini tengah berancana untuk memiliki anjing tetapi belum memiliki gambaran mengenai berapa kisaran biaya yang dibutuhkan, yuk kita ketahui bersama-sama.

(Baca Juga: Daftar Kota Terbersih di Dunia, Jakarta Harus Belajar)
1. Makanan

Patut diakui bahwa makanan merupakan penyumbang biaya terbesar, baik itu ketika kamu memelihara jenis anjing termahal di dunia maupun jenis-jenis anjing lainnya. Makanan anjing itu sendiri bervariasi, ada yang raw food ada pula yang dry food atau makanan jadi. Kedua jenis makanan tersebut juga tentunya membutuhkan biaya yang berbeda-beda.

Banyak orang yang memilih dry food karena cenderung praktis dan tidak ribet. Selain itu dry food juga sudah mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh sang anjing. Untuk dry food, biasanya harga bergantung pada kualitas dari makanannya. Bisa berkisar mulai dari Rp. 20 ribu atau yang paling mahal bisa mencapai Rp. 300 ribu jika kamu membeli di pet shop yang bagus.

Sedangkan untuk raw food, biasanya biaya berdasarkan bahan-bahan yang kamu butuhkan saja, bisa berkisar mulai dari Rp. 20 ribu hingga Rp. 100 ribu apabila kamu menginginkan makanan anjing yang penuh dengan nutrisi.

2. Kandang atau Tempat Tidur

Untuk anjing kesayangan pastinya kamu ingin yang terbaik untuknya, bukan? Agar lebih nyaman biasanya anjing akan diberikan tempat tidur atau kandang untuk mereka beristirahat. Nah, biasanya tempat tidur akan dibutuhkan untuk anjing rumahan.

Hanya saja, biasanya setiap pemilik juga akan membutuhkan kandang agar mereka lebih mudah jika ingin membawa anjingnya bepergian menggunakan mobil, seperti ketika ingin pergi ke dokter, berjalan-jalan dan sebagainya.

Harga dari tempat tidur dan kandang bervariasi, tergantung ukuran dan kualitas bahan. Biasanya, harga tempat tidur akan dimulai dari angka Rp. 250 ribu hingga Rp. 750 ribu. Sedangkan untuk kandang, harga akan dimulai dari angka Rp. 200.000 hingga Rp. 2 juta.

3. Kalung dan Tali Anjing

Selanjutnya yang dibutuhkan ada kalung dan tali anjing. Sebenarnya kalung bukanlah kebutuhan yang krusial, karena bisa diibaratkan sebagai pelengkap saja agar anjing kamu terlihat lebih cantik. Namun, kalung juga bisa dijadikan sebagai petanda untuk anjingmu, agar jika suatu saat anjingmu hilang atau tersasar, maka orang-orang yang menemukannya bisa mengenali identitas diri sang anjing.

Sedangkan untuk tali anjing, biasanya kamu akan membutuhkannya untuk mengajak sang anjing jalan-jalan. Anjing merupakan hewan aktif yang harus selalu bergerak. Maka dari itu, ketika memiliki anjing maka kamu juga harus rajin untuk mengajak hewan tersebut jalan-jalan, setidaknya mengelilingi komplek rumah sebanyak seminggu sekali. Nah, untuk melakukan ini pastinya kamu memerlukan tali anjing agar mempermudah mu dalam mengajak anjing jalan-jalan.

Untuk kalung dan tali, harganya pun juga bervariasi. Biasanya harga berkisar dari Rp. 70 ribu hingga Rp. 200 ribu.

(Baca Juga: Frozen II Tayang, Ini Tips Bawa Anak Nonton ke Bioskop)
4. Grooming

Grooming merupakan serangkaian kegiatan yang pada intinya membuat sang anjing menjadi terlihat lebih cantik dan menawan. Tidak hanya itu saja, grooming juga menjadi salah satu hal yang harus dilakukan untuk alasan kesehatan. Kegiatan grooming ini terdiri dari memandikan, mengeringkan, memotong kuku, hingga membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau, seperti membersihkan telinga.

Sebenarnya grooming ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah, seperti memandikan dan sebagainya, hanya saja banyak pemilik anjing yang cenderung tidak punya waktu untuk melakukan hal tersebut sehingga membawa anjing kesayangannya ke tempat grooming. Untuk grooming itu sendiri biasanya dilakukan sebanyak sebulan sekali dengan kisaran biaya mulai dari Rp. 100 ribu hingga Rp. 700 ribu untuk sekali grooming.

5. Pemeriksaan Kesehatan

Biaya selanjutnya yang kamu butuhkan adalah pemeriksaan kesehatan rutin. Hal ini setidaknya harus kamu lakukan sebanyak dua kali dalam setahun, agar bisa selalu mengkontrol kondisi kesehatan sang anjing dan terhindar dari berbagai penyakit-penyakit mematikan.

Untuk biaya pemeriksaan kesehatan, kamu biasanya akan membutuhkan sekitar Rp. 150 ribu hingga Rp. 300 ribu untuk sekali pemeriksaan.

6. Obat Pencegahan dan Vitamin

Seluruh anjing akan selalu membutuhkan obat untuk mencegah  terjadinya kutu, cacing dan sejenisnya. Selain itu, anjing juga akan membutuhkan vitamin untuk bisa selalu menunjang daya tahan tubuhnya. Nah, untuk biaya obat pencegahan dan vitamin, kamu akan membutuhkan dana berkisar Rp. 150 ribu per bulannya.

7. Biaya Tak Terduga

Sama halnya seperti manusia, perawatan anjing pun juga membutuhkan simpanan biaya darurat apabila suatu hal terjadi kepada anjing kita. Nah, untuk biaya darurat ini setidaknya kamu menyiapkan Rp. 1 juta hingga Rp. 3 juta.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk memelihara anjing? Anjing merupakan salah satu hewan pendamping manusia yang memang paling baik untuk dipelihara. Selain kamu bisa memiliki teman, anjing juga bisa menjadi penghibur mu ketika bosan lho. Jika memungkinkan, tidak ada salahnya juga kamu mencoba untuk memelihara beberapa jenis anjing termahal di dunia yang baru saja kita bahas tadi.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda