Jenis Asuransi yang Aman dan Sesuai Kebutuhan Kamu

7 min. membaca Oleh Gesti Weningtyas on

Asuransi jiwa menjadi satu diantara jenis asuransi yang sangat digemari oleh masyarakat dibandingkan jenis asuransi lainnya. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab premi asuransi jiwa kebanyakan lebih murah dan sesuai kebutuhan banyak orang. Meski manfaat hanya bisa dirasakan ketika nasabah meninggal dunia. Namun, bagi kamu yang ingin memproteksi diri dari segala kemungkinan risiko yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Asuransi bisa menjadi opsi perlindungan kerugian material hingga perlindungan terhadap risiko penyakit kritis.

Jenis Asuransi yang Aman dan Sesuai Kebutuhan Kamu

Pilih Perusahaan Asuransi Terbaik

Sebelum membahas jenis asuransi yang aman. Terlebih dahulu kamu harus memastikan perusahaan asuransi yang mengeluarkan produk asuransi terkait adalah perusahaan yang memang memiliki rekam jejak yang bagus. Mengapa perlu berhati-hati? Sebab beberapa tahun yang lalu kita mengetahui ada perusahaan asuransi yang kondisi keuangannya terombang-ambing.

Bahkan ada pula perusahaan asuransi yang mendapatkan sanksi dari Otoritas Jasa Keuangan hingga ditutup. Jadi kamu perlu memastikan perusahaan asuransi yang akan kamu beli produk asuransi nya itu adalah perusahaan yang sehat dan bonafit. Hal inilah yang menjadi salah satu yang akan memberikan rasa aman tiap produk asuransi yang kamu ambil nantinya.

Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan

Hal berikutnya yang perlu kamu pastikan adalah perusahaan asuransi yang akan kamu beli produk asuransi yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Jika perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar, artinya mereka mendapatkan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan. Dengan demikian, kamu pun jadi lebih aman sebagai nasabah. Kamu juga jadi lebih terlindungi dengan mengetahui hal tersebut. Jika ada kesulitan dalam pencairan klaim atau masalah tertentu, kamu bisa melaporkan hal tersebut kepada Otoritas Jasa Keuangan.

Perlukah kita mengetahui jenis asuransi yang aman?

Tentu saja, setiap produk asuransi perlu kita pelajari agar paham, apa saja yang menjadi hak kita sebagai nasabah, apa saja yang dilindungi oleh perusahaan asuransi, berikut dengan pengecualian yang berlaku. Pastikan kamu mengetahui dengan detail hal tersebut, dan membaca polis asuransi yang kamu terima dengan teliti.

Jangan sepelekan membaca polis asuransi dan melewatkannya begitu saja. Mengetahui segala risiko yang dilindungi dan syarat klaim asuransi adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi seorang pemegang polis. Terlebih, kedepan, mengetahui hal seperti ini akan memudahkanmu juga di kemudian hari.

(Baca Juga: Asuransi Terbaik 2020 Versi CekAja, Mulai dari Kesehatan hingga Perjalanan)

Perusahaan asuransi terpercaya akan memastikan setiap pemegang polis asuransi mengetahui dengan jelas apa saja layanan dan fasilitas yang diberikan oleh mereka. Sehingga, semuanya dibeberkan, bahkan soal risiko produk yang mungkin saja bisa diderita oleh konsumen. Sehingga, jenis asuransi yang aman. Salah satu faktornya adalah transparansi yang diberikan oleh perusahaan asuransi ini.

Pentingnya Memilih Asuransi Sesuai Kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk memilih jenis asuransi yang aman, kamu bisa memilih terlebih dahulu asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu sudah memiliki asuransi jiwa. Mungkin kamu perlu melihat beberapa pilihan asuransi kesehatan yang bisa mengcover biaya di rumah sakit, saat kamu sakit. Asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi swasta ini bisa mengcover penyakit atau biaya perawatan yang tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Kamu juga bisa mendapatkan double klaim dari asuransi kesehatan untuk mengganti biaya hidup karena kamu tidak bisa bekerja saat sakit.

Asuransi Keshatan

Jika kamu memilih asuransi kesehatan, kamu bisa memilih juga proses klaim asuransi yang kamu butuhkan. Sebab ada dua macam klaim asuransi kesehatan seperti cashless dan reimbursement. Keduanya memiliki manfaat kelebihan dan kekurangan masing-masing. asuransi kesehatan juga termasuk jenis asuransi yang aman jika kamu ingin memiliki produk asuransi tersebut. Namun kamu juga perlu memastikan proses klaim asuransi kesehatan mudah dan tidak ribet. Hal ini akan memberikanmu kemudahan saat kamu membutuhkan klaim sewaktu-waktu.

Selain itu hal yang perlu kamu ketahui tentang asuransi kesehatan yang aman adalah premi yang berbeda setiap pemegang polis meski dalam satu keluarga. Hal yang menyebabkan besarnya premi yang berbeda adalah usia dan kondisi kesehatan yang dimiliki oleh pemegang polis bersangkutan.

Asuransi Perjalanan dan Asuransi Kendaraan

Selain asuransi kesehatan, kamu mungkin juga bisa mempertimbangkan asuransi perjalanan atau asuransi kendaraan bermotor. Jika kamu memiliki mobilitas yang tinggi dan sering menggunakan kendaraan bermotor. Asuransi perjalanan bisa memberikanmu manfaat perlindungan ketika kamu berlibur atau melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri maupun dalam negeri.

Dengan memiliki asuransi perjalanan tentu saja perjalananmu jadi lebih aman karena segala resiko perjalanan yang mungkin saja terjadi sewaktu-waktu akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Bahkan sekarang ini beberapa negara mulai memberlakukan kewajiban untuk membeli asuransi jika ada turis yang akan berkunjung ke negaranya. Hal ini membuat turis yang datang terlindungi dari risiko yang mungkin saja bisa terjadi sewaktu-waktu di negara tujuan.

Asuransi ini juga melindungi perjalanan dan keterlambatan atau penundaan penerbangan. Tidak hanya itu, asuransi perjalanan juga memberikan rasa aman apabila karena apabila pemegang polis kehilangan bagasi atau dokumen penting saat perjalanan, maka akan mendapatkan klaim. Ini belum termasuk perluasan jaminan yang bisa kamu dapatkan bila memilih plan atau rencana perlindungan tertentu yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi terkait.

Demikian pula dengan asuransi kendaraan bermotor. Kamu yang memiliki kendaraan bermotor seperti  sepeda motor atau mobil bisa diasuransikan. Karena jika kamu sering mondar-mandir dan punya mobilitas yang tinggi kendaraanmu tentu memiliki resiko kerusakan yang tinggi juga.

Asuransi kendaraan bermotor ini akan membeli memberikan proteksi. perlindungan yang diberikan seperti kerusakan ringan sedang hingga berat maupun mobil yang hilang karena dicuri atau dirampas di tengah jalan. Melihat tingginya angka kecelakaan dan juga tingginya angka kejahatan yang terjadi maka tak ada salahnya kamu berjaga-jaga dengan membeli produk Asuransi kendaraan bermotor supaya lebih aman. Hal ini juga akan membuatmu lebih nyaman dan tenang dalam berkendara dan berkegiatan sehari-hari.

Asuransi Unit Link

Apabila kamu suka berinvestasi dan ingin menggabungkan manfaat investasi dengan Asuransi kamu bisa memilih unit link. Asuransi unit link ini memungkinkan kamu untuk berinvestasi sekaligus mendapatkan proteksi. Meski demikian, perlu kamu ketahui jika asuransi jenis ini juga memiliki risiko yang cukup tinggi.

Sebab, investasi yang dijalankan bisa saja memiliki nilai yang naik dan turun setiap tahunnya. sehingga kamu perlu memastikan ambang batas aman sesuai denganmu adalah tipe asuransi jenis apa. Jika kamu bisa menerima asuransi unit link yang memiliki risiko yang cukup tinggi, tentu kamu juga harus bersiap dengan segala konsekuensi yang harus ditanggung.

Asuransi yang Aman

Terakhir sebelum kamu kemudian memastikan produk asuransi yang kamu beli adalah asuransi yang aman kamu juga harus menanyakan pada lubuk hatimu yang terdalam mengapa kamu membutuhkan asuransi. Pastikan kamu sudah mantap dan yakin untuk mengambil produk asuransi tersebut sebagai perlindungan finansial keluarga ataupun individu. Kamu juga harus memahami aturan umum asuransi jiwa yang memiliki uang pertanggungan tinggi namun premi akan hangus ada juga pilihan lainnya seperti uang pertanggungan yang kecil tapi premi akan dikembalikan jika masa perlindungan sudah habis dan tertanggung masih hidup.

Tidak perlu terburu-buru untuk membeli produk asuransi Jika kamu masih ragu titik pikirkan dulu dengan matang kamu juga bisa membandingkan masing-masing produk asuransi dari setiap perusahaan atau mencari agen asuransi untuk mendapatkan penjelasan yang lebih detail. Akan lebih mudah lagi jika kamu membandingkan produk asuransi dan mengajukannya di CekAja.com untuk mendapatkan informasi terkait produk asuransi yang aman dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Jangan lupa, kamu juga harus bisa menyesuaikan anggaran untuk asuransi jiwa mu. Kamu harus memastikan budget yang akan disisihkan untuk asuransi jiwa atau asuransi keluarga sesuai dengan kemampuan membayar premi. Untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal asuransi jiwa atau jenis asuransi lainnya yang aman tidak harus maha. Kamu bisa menyelesaikannya dengan tujuan di masa yang akan datang sebab ada banyak sekali produk asuransi dengan premi yang terjangkau.

Bagi kamu yang sudah berkeluarga bisa memilih asuransi dengan premi yang satu paket untuk keluarga sehingga harganya juga akan lebih terjangkau. Pastikan seluruh kebutuhan sudah terpenuhi dan terbayarkan seperti tagihan bulanan dan lain sebagainya baru kamu bisa menyisihkan untuk asuransi. Jika kamu seorang kepala keluarga mungkin produk asuransi untuk keluarga ini menjadi hal yang perlu kamu pertimbangkan.

Konvensional atau Syariah?

Asuransi konvensional atau asuransi syariah yang akan kamu ambil? Jangan bingung, sebab keduanya memiliki manfaat dan keuntungan masing-masing. Meskipun asuransi syariah menganut sistem dan aturan umat muslim, non muslim juga boleh menggunakan asuransi syariah. Namun perlu kamu ketahui bahwa asuransi konvensional dan syariah ini memiliki perbedaan diantaranya dari akad, hingga sistem keuangannya.

Misalnya pada asuransi syariah tidak ada dana hangus, dana tetap bisa diambil meskipun ada sebagian kecil yang di ikhlaskan sebagai dana tabaru untuk tolong-menolong sesama peserta asuransi. Demikian pula pada bagian akad. asuransi konvensional menggunakan akad jual beli, alam asuransi syariah menggunakan akad tolong-menolong. Sehingga setiap peserta berkontribusi untuk saling tolong-menolong dan berbagi risiko.

(Baca Juga: Asuransi Syariah Keluarga, Yuk Proteksikan Keluarga Kamu)

Selain itu pada asuransi syariah ada pengawas dana asuransi khusus yaitu dewan pengawas Syariah. Pengawasan itu dilakukan agar proses transaksi pada perusahaan asuransi syariah tetap berpegang dengan prinsip syariah yang berlaku. Berbeda dengan asuransi konvensional tidak memiliki dewan pengawas khusus. Namun asuransi konvensional yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan tentunya akan diawasi oleh instansi tersebut.

Terkait investasi dana pada asuransi di asuransi syariah dana yang belum terpakai akan diinvestasikan pada lembaga keuangan yang berbasis Syariah. Sedangkan dalam asuransi konvensional pengelolaan investasinya terdapat pada sistem bunga. Pada asuransi syariah juga mewajibkan peserta untuk membayar zakat jumlahnya akan disesuaikan dengan besarnya keuntungan yang didapat oleh perusahaan Syariah terkait. Sedangkan pada asuransi konvensional tidak ada zakat yang wajib untuk dibayarkan.

Jenis asuransi syariah maupun konvensional keduanya aman dan bisa kamu beli asalkan perusahaan asuransi yang menerbitkan polis atau mengeluarkan produk asuransi tersebut merupakan perusahaan asuransi yang memiliki rekam jejak yang baik. Asuransi yang aman akan memberikan kamu perlindungan sesuai yang kamu butuhkan. Sehingga kamu juga perlu memastikan produk asuransi yang kamu beli itu sudah sesuai dengan kebutuhanmu maupun kemampuanmu dalam membayar premi.

Tentang kami

Gesti Weningtyas

Gesti Weningtyas