Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Jenis Diskon Tahun Baru yang Sayang untuk Dilewatkan

by Kyla Damasha on 27 Desember, 2019

Diskon tahun baru pastinya menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pecinta belanja ketika menjelang penutupan akhir tahun, baik itu offline maupun online.

Bahkan terkadang, banyaknya pusat perbelanjaan yang mengadakan diskon tahun baru membuat mall-mall besar menjadi penuh sesak oleh orang-orang yang tengah ‘berburu’. Bagaimana tidak?

Diskon yang ditawarkanpun tak tanggung-tanggung, bisa hingga mencapai 80%. Nah, melihat hal tersebut pastinya kamu tidak mau dong ketinggalan untuk memanfaatkan momen berharga satu ini.

Nah, dari pada takut kehabisan, yuk kita ketahui bersama-sama beberapa jenis diskon tahun baru yang sangat disayangkan untuk dilewatkan. Apa sajakah itu?

Diskon Tahun Baru yang Tak Boleh Terlewatkan
1. Midnight Sale

Bagi para pecinta belanja pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis diskon tahun baru satu ini. Sesuai dengan namanya, midnight sale selalu diadakan dari malam hingga menjelang tengah malam yang mana barang-barang yang ada akan dijual dengan harga yang sudah di diskon besar-besaran.

Selain itu, midnight sale juga tidak hanya diadakan di mall-mall besar saja, melainkan juga di beberapa toko online dan e-commerce. Bagi kamu yang ingin berburu midnight sale di mall besar sembari menghabiskan waktu libur bersama keluarga, saat ini masih ada beberapa mall besar di Jakarta yang bisa kamu kunjungi lho, diantaranya yaitu:

a. Kota Kasablanka

Mengusung tema Long Weekend Sale, mall Kota Kasablanka mengadakan pesta diskon tahun baru pada hari Rabu, 25 Desember 2019 dan pada hari Kamis, 26 Desember 2019.

Dikutip dari akun instagram resminya, mall Kota Kasablanka bahkan menawarkan diskon hingga mencapai 80% yang diadakan mulai pukul 10.00 hingga pukul 22.00.

Tidak hanya itu saja, pengunjung yang bertransaksi dengan menggunakan OVO juga akan mendapatkan cashback yang bisa mencapai dua kali lipat lho.

Cashback tersebut berupa cashback regular serta tambahan OVO poin sebesar 10.000 di 80 merchant makanan dan minuman. Lumayan banget kan untuk menghemat!

b. Lotte Shopping Avenue

Midnight sale selanjutnya diakan di mall Lotte Shopping Avenue dengan mengusung tema Shop Night Out. Jenis diskon tahun baru ini bisa kamu manfaatkan selama empat hari lho, yaitu pada tanggal 21, 24, 27, dan 28 Desember 2019.

Tidak hanya berupa potongan harga hingga 70% serta tambahan cashback sebesar 10%, para penggunjung midnight sale juga bisa menikmati fasilitas free parking mulai dari pukul 20.00 WIB hingga tengah malam selama midnight sale tersebut berlangsung.

c. AEON Mall Jakarta Garden City

Selanjutnya ada di daerah Jakarta Timur, yaitu terletak di AEON Mall Jakarta Garden City dan diadakan pada tanggal 28 dan 31 Desember 2019. Promo diskon yang ditawarkan mulai dari 50% hingga 70% untuk beberapa toko terpilih.

Selain itu, untuk pengguna kartu kredit BCA juga akan mendapatkan voucher belanja tambahan senilai Rp. 100.000 hingga Rp. 150.000.

d. Lippo Mall Puri

Lippo Mall Puri yang terletak di Jakarta Barat akan menjadi penutup dari midnight sale tahun 2019 yang diadakan tepat pada malam tahun baru, yaitu 31 Desember 2019. Sangat cocok sebagai penutup diskon tahun baru. Di beberapa toko pilihan, kamu bahkan bisa mendapatkan diskon hingga mencapai 80% lho.

(Baca Juga: Jangan Kalap Diskon Belanja Online, Apa Saja yang Perlu Dibeli?)
e. PIK Avenue

Sama halnya dengan Lippo Mall Puri, PIK Avenue juga akan turut serta sebagai penutup midnight sale di tahun 2019. Menawarkan diskon hingga mencapai 70%, kamu juga bisa menikmati fasilitas free parking mulai dari pukul 19.00 hingga 23.00.

2. Flash Sale

Apabila midnight sale biasanya diadakan secara offline oleh mall-mall besar, maka flash sale merupakan salah satu jenis diskon tahun baru yang diadakan secara online oleh e-commerce.

Jika kamu sosok orang yang malas keluar rumah dan mengantri panjang, maka memanfaatkan flash sale bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat untuk berbelanja hemat.

Nah, yang membedakan flash sale dengan jenis-jenis sales lainnya adalah bahwa flash sale tidak diadakan setiap waktu melainkan hanya di waktu-waktu tertentu saja.

Selain itu, barang yang dijualpun bersifat random atau acak dari berbagai kategori yang ada, mulai dari pakaian, peralatan rumah tangga, kecantikan, dan lain-lain.

Tidak hanya itu saja, besaran diskon yang ditawarkan bisa mencapai 80% lho. Bagi kamu yang ingin berburu diskon tahun baru melalui flash sale, beberapa e-commerce yang turut berpartisipasi diantaranya seperti Tokopedia, Blibli, Shopee, dan Lazada.

Tips Berburu Diskon Tahun Baru
· Tentukan Budget

Meskipun baru gajian, bukan berarti seluruh uangmu harus dihabiskan untuk berbelanja lho. Kamu juga harus memikirkan bahwa uang tersebut akan menjadi biaya hidupmu untuk satu bulan kedepan. Maka dari itu, memanfaatkan diskon tahun baru sangatlah diperbolehkan, namun dengan budget yang sudah ditentukan sejak awal.

Usahakan agar pengeluaranmu dalam berbelanja tidak melebihi budget yang telah disediakan tersebut. Selain itu, budget yang kamu sisihkan juga usahakan agar tidak melebihi setengah dari gajimu. Ingatlah bahwa masih ada berbagai keperluan lainnya yang harus kamu penuhi.

· Membuat Daftar Belanjaan

Setelah kamu memiliki budget yang telah disediakan, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu dengan membuat daftar belanjaan. Memiliki daftar belanjaan setidaknya akan membantumu dalam mengontrol diri ketika tergoda untuk menghabiskan uang.

Buatlah daftar belanjaan sesuai prioritas yang tengah kamu butuhkan, dan bukan karena keinginan. Sebagai contoh, kamu membutuhkan celana jeans baru karena celana jeans yang lama sudah robek. Atau contoh lainnya kamu membutuhkan tas baru karena tas yang lama sudah rusak, dan sebagainya.

Setelah kamu memenuhi seluruh keperluan yang terdapat di dalam daftar belanjaan, maka usahakanlah untuk tidak membeli barang-barang lainnya, meskipun kamu sempat tergoda untuk membelinya.

Jika ternyata budget yang kamu keluarkan masih tersisa cukup banyak meskipun kamu sudah membeli seluruh keperluan yang terdapat di dalam daftar belanjaan, maka uang tersebut bisa kamu alokasikan ke kebutuhan lainnya, seperti untuk keperluan pesta tahun baru, liburan, atau justru bisa ditabung guna memenuhi kebutuhan lainnya di masa yang akan datang.

· Melakukan Perbandingan Antar Toko

Ketika melihat suatu barang yang ingin kamu beli, maka usahakanlah untuk jangan terlalu gegabah dan langsung membeli barang tersebut. Cobalah untuk turut melihat-lihat barang di toko lain dan melakukan perbandingan.

Tidak menutup kemungkinan bahwa toko lain justru menjual barang yang sama ataupun barang yang lebih bagus namun dengan harga yang lebih murah.

Ketika kamu tengah berjalan-jalan ke mall, janganlah malas untuk melihat barang-barang dari satu toko ke toko lainnya, dan belilah barang yang kamu anggap terbaik diantara semuanya.

Namun jika kamu berbelanja di toko online, maka kamu bisa melakukan berbandingan bukan hanya untuk mendapatkan harga barang termurah, melainkan juga ongkos kirim. Tak jarang ada toko online yang justru menggratiskan ongkos kirim ketika mengadakan diskon tahun baru.

(Baca Juga: Promo Smartphone Akhir Tahun, Jangan Sampai Ketinggalan!)
· Memperhatikan Kualitas Produk

Ketika kamu tengah berburu diskon tahun baru, usahakanlah untuk jangan terlalu gegabah dan membeli barang apapun yang kamu anggap murah. Meskipun murah, memperhatikan kualitas produk juga wajib kamu lakukan.

Banyak toko yang mengadakan dikon besar-besaran dengan tujuan untuk cuci gudang. Namun, tak jarang pula toko-toko yang justru mengadakan diskon untuk barang-barang reject atau barang yang ditolak.

Sesuai dengan namanya, barang reject merupakan barang-barang yang memiliki kecacatan atau sedikit kerusakan namun tetap dijual. Sebenarnya ada orang yang tidak masalah membeli barang yang sedikit lecet asalkan barang tersebut masih tetap nyaman digunakan. Namun pastinya juga ada orang yang mengharapkan barang yang sempurna, bukan?

Nah, dari pada kamu merasa kecewa di akhir karena terdapat ‘kekurangan’ di produk yang kamu beli, ada baiknya untuk tidak hanya melihat harganya yang murah saja, melainkan juga kualitasnya.

· Memanfaatkan Promo Kartu Kredit

Tahukah kamu? Walaupun sudah memanfaatkan promo yang beraneka ragam, nyatanya memanfatkan promo dan diskon yang disediakan oleh kartu kredit akan membuat pengeluaranmu menjadi lebih hemat lho.

Biasanya, toko online maupun offline menjalin kerjasama dengan penerbit kartu kredit sehingga dapat memberikan beraneka ragam keuntungan, seperti adanya diskon tambahan, cashback, hingga cicilan 0%.

Maka dari itu, rajin-rajinlah untuk mencaritahu informasi mengenai pengajuan kartu kredit serta jenis-jenis kartu kredit apa yang paling sesuai dalam memenuhi kebutuhanmu dan memberikanmu kemudahan dalam bertransaksi.

Ingin berbelanja perlengkapan akhir tahun dengan memanfaatkan diskon tahun baru? Segera ajukan kartu kredit di CekAja.com.

Bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit tidak hanya memberikanmu kemudahan dalam melakukan pembayaran dan membeli beraneka ragam barang yang kamu inginkan, melainkan juga membuat pengeluaranmu menjadi lebih hemat karena banyaknya diskon dan promo yang ditawarkan.

Ingin berburu diskon tahun baru? Yuk ajukan dulu kartu kredit di CekAja.com dan nikmati segudang keuntungannya.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda