Jenis-jenis Berlian Asli Paling Favorit, Harganya Capai Miliaran Rupiah!

Sepertinya mengetahui jenis-jenis berlian sangat penting, khususnya bagi kamu yang suka barang mewah nan elegan seperti yang satu ini. Berlian sendiri, sejatinya kerap dijadikan instrumen investasi oleh wanita, karena harganya yang mahal namun cenderung stabil.

Jenis-jenis Berlian Asli Paling Favorit, Harganya Capai Miliaran Rupiah!

Memang, berlian adalah salah satu pilihan investasi yang menjanjikan. Namun, jika tidak cermat memilihnya, kamu bisa saja terjebak dalam kemewahannya yang palsu.

Sebab, berlian kini sudah banyak barang palsunya. Dengan begitu, kamu harus mengetahui jenis-jenis berlian serta ciri-cirinya yang asli, agar tidak mudah tertipu.

Lantas, apa saja jenis-jenis berlian yang ada? Kemudian, apa saja ciri-ciri berlian yang asli agar bisa membedakannya dengan berlian palsu? Daripada penasaran, yuk langsung simak informasi lengkapnya pada artikel satu ini!

Sekilas Tentang Berlian

Sebelum jauh membahas tentang jenis-jenis berlian, ada baiknya kamu ketahui dulu informasi dasar seputar berlian itu sendiri.

Jadi, berlian adalah intan yang sudah diproses melalui pemolesan serta pemotongan, yang sesuai dengan 4C, yakni cut, color, carat dan clarity.

Berlian sendiri merupakan mineral paling keras, sekaligus yang sangat indah karena memiliki kemampuan dalam memantulkan cahaya, dengan cara yang mempesona.

Semua keindahan yang dimiliki berlian tersebut, sudah pasti tidak datang begitu saja. Berlian terbuat dari karbon murni, yang mana atom karbon di dalam berlian terikat sangat kuat, sehingga membuatnya sangat keras layaknya kekuatan batu.

Jika dilihat dari kandungan zatnya, bisa dibilang berlian memiliki zat yang sangat sulit diketahui. Sebab, kilau berlian berasal dari kombinasi refleksi, dispersi dan refraksi.

Lebih jelasnya begini, pertama, sinar cahaya akan melewati berlian dan kemudian dibengkokkan atau dibiaskan.

Setelah itu, sinar bias tersebut dipantulkan melalui sebuah sisi di dasar batu dan bagian atas batu. Pada saat refraksi terjadi, setiap sinar akan dibelokkan pada sudut yang sedikit berbeda (dispersi).

Bagaimana, dari ulasan di atas sudah cukup menjelaskan bukan, mengapa berlian yang berkilau? Apalagi, dari semua permata, hanya berlian yang memiliki indeks bias tertinggi.

(Baca Juga: Merk Perhiasan Lokal Terbaik)

Ciri-ciri Berlian Asli

Meski informasi dasar tentang berlian sudah kamu ketahui, namun ada baiknya jika kamu juga mengetahui ciri-ciri berlian yang asli, agar bisa lebih mudah membedakannya dengan yang palsu seperti berikut ini.

  • Berlian asli tidak mudah tergores, justru karena teksturnya yang sangat keras, berlian asli dapat menggores segala benda, termasuk kaca
  • Dari sekian banyak jenis berlian yang ada, berlian warna merah menjadi berlian yang sangat langka dan mahal, yakni bisa mencapai ribuan dolar Amerika per karat
  • Berlian asli mampu merefleksikan cahaya di setiap sisinya
  • Berlian asli memiliki pencerminan yang tidak jelas, karena setiap sisinya tidak membiaskan cahaya dalam garis lurus, namun ke arah lainnya
  • Batu berlian asli tidak bisa berkabut, karena memiliki sifat menghantarkan panas, sehingga bisa menyebarkan panas dengan cepat
  • Berlian yang asli tidak akan terasa panas maupun hangat saat dipanaskan
  • Berlian yang asli tidak bisa mengapung di air, karena memiliki massa jenis yang tinggi
  • Berlian asli tidak mudah hancur saat dipanaskan, karena terbuat dari material yang sangat kuat
  • Berlian yang asli memiliki sertifikat (umumnya yang berukuran di atas 0,3 carat).

Jenis-jenis Berlian

Tahukah kamu, kalau ternyata jenis-jenis berlian itu ada sangat banyak, mulai dari White Diamond, Yellow Diamond, hingga Synthetic Diamond.

Dari semua jenis berlian yang ada tersebut, mungkin akan sulit buat kamu memahami semuanya secara langsung. Maka dari itu, kali ini CekAja akan merangkum 10 di antaranya, yang terdiri dari:

1. White Diamond

Berlian pertama yang masuk dalam daftar jenis-jenis berlian terbaik menurut CekAja, yakni White Diamond.

Buat kamu yang belum tahu, ini adalah salah satu jenis berlian yang paling banyak di dunia. Sebab, berlian putih ini sering digunakan sebagai batu permata pada cincin pernikahan.

Tidak hanya itu, white diamond juga sering dijadikan sebagai hadian spesial untuk orang-orang terkasih.

Perlu diketahui juga, kalau bentuk dan ukuran berlian ini sangat beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan selera kamu.

2. Yellow Diamond

Jenis-jenis berlian yang berikutnya, yaitu Yellow Diamond. Berlian yang juga dikenal dengan nama Canary Diamond ini memiliki warna kuning, yang kerap diartikan sebagai simbol kebahagiaan abadi.

Walaupun Yellow Diamond memiliki warna dasar kuning, namun secara keseluruhan warna kuning berlian ini sangat beragam, mulai dari kuning muda hingga kuning canary yang lebih pekat.

Tapi jangan salah, semakin pekat warna kuning berlian ini, maka semakin pula harganya. Jadi, kira-kira berlian yang warna kuningnya seperti apa nih, yang akan kamu berikan ke orang terkasihmu?

3. Orange Diamond

Menempati posisi ketiga dalam daftar jenis-jenis berlian, Orange Diamond dikenal sebagai berlian yang melambangkan kesuksesan dan kreativitas.

Warna orange mencolok yang dimilikinya, tentu saja sangat menarik perhatian para Wanita. Apalagi pilihan warna yang dihadirkan sangat banyak, mulai dari fancy orange hingga vivid orange yang lebih pekat dan mencolok.

4. Purple Diamond

Di urutan keempat ada Purple Diamond. Secara definisi sepertinya sudah jelas, kalau berlian yang satu ini memiliki warna ungu menawan.

Terlebih, ungu merupakan salah satu warna asli berlian yang bukan buatan manusia. Oleh karena itu, berlian ini tidak mudah ditemukan di sembarang tempat.

Adapun satu dari beberapa tambang di dunia yang menghasilkan berlian ungu, yaitu Tambang Argyle yang terletak di Australia.

5. Green Diamond

Siapa di antara kamu yang pernah melihat, atau bahkan sudah memiliki Green Diamond? Kalau belum, yuk berkenalan dulu!

Green diamond adalah berlian hijau asal tambang Kollur yang sangat langka di dunia. Tambang Kollur sendiri merupakan sebuah tambang yang ada di negara bagian Andhra Pradesh, India.

Meski berlian satu ini memiliki nama berlian hijau, namun Green Diamond mempunyai dua jenis warna yang sangat terkenal, yaitu Aurora Green dan Dresden Green.

6. Champagne Diamond

Berlian yang satu ini dinamakan Champagne Diamond, karena memiliki warna yang mirip dengan champagne, yakni coklat.

Hanya saja, warna champagne berlian sangat beragam, karena memiliki intensitas yang berbeda-beda, mulai dari warna yang lembut hingga intens.

7. Pink Champagne Diamond

Walau sama-sama memiliki nama champagne, namun Pink Champagne Diamond lebih memiliki warna sekunder pink yang sangat cantik.

Maka dari itu, jangan heran apabila berlian yang sekilas terlihat mirip dengan berlian biasa ini, sangat digemari wanita.

Jika kamu adalah salah satu yang juga tertarik dengan Pink Champagne Diamond, maka kamu perlu mempersiapkan budget yang sangat besar, karena berlian ini dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan berlian champagne biasa.

8. Blue Diamond

Berlian memang dikenal memiliki harga yang sangat mahal. Namun, Blue Diamond menjadi salah satu dari sekian jenis berlian termahal.

Hal tersebut karena, Blue Diamond ini sangat langka di dunia. Terbukti dari banyaknya ahli yang mengembangkan cara khusus, untuk membuat duplikasi berlian yang sangat menyerupai berlian biru yang asli. Adapun ragam jenis warna yang dimiliki berlian biru ini, yaitu mulai dari biru langit hingga biru safir.

9. Black Diamond

Selain memiliki tampilan yang sangat indah, berkilau dan elegan, Black Diamond ternyata juga menjadi salah satu batu berlian terkuat di dunia.

Batu yang banyak ditemukan di endapan aluvial di Republik Afrika Tengah dan Brazil ini, pada dasarnya memiliki warna alami hitam atau abu-abu gelap.

Sehingga tak heran, apabila diberi nama Black Diamond, atau yang juga sering disebut dengan nama Carbonado.

10. Synthetic Diamond

Jenis-jenis berlian yang terakhir, yaitu Synthetic Diamond. Seperti namanya, ini adalah berlian buatan manusia, yang juga memiliki harga sangat mahal.

Jenis berlian ini, sejatinya hadir sebagai alternatif untuk kamu yang mungkin tidak memiliki cukup uang untuk membeli berlian asli, bisa membeli berlian sintetis ini.

(Baca Juga: Perbandingan Beli Emas Perhiasan atau Batangan)

Itulah sederet jenis-jenis berlian, yang sudah kamu ketahui informasinya secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Bagaimana, setelah mengetahui jenis-jenis berlian tersebut, apakah kamu jadi tertarik untuk memilikinya? Eits, pastikan budget yang kamu miliki cukup untuk membeli berlian yang harganya miliaran rupiah itu.

Kalau dirasa budget yang kamu miliki masih pas-pasan, daripada memaksa diri membeli berlian untuk investasi, kamu bisa coba lakukan jenis investasi lain seperti menabung misalnya.

Dana yang kamu miliki saat ini, bisa kamu alokasikan untuk keperluan masa depan, dengan menaruhnya di tabungan.

Kini, proses pembukaan rekening tabungan semakin mudah, loh! Sebab, kamu bisa mengajukannya secara online melalui situs perbandingan, seperti CekAja.com.

Di sana, kamu akan melalui proses yang tentunya sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!