12 Jenis-Jenis Kaktus Hias Mini Terlengkap Beserta Harganya

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Jenis-jenis kaktus hias kini makin menarik perhatian banyak orang. Kaktus ukuran mini sudah banyak dijual dengan tampilan cantik, pas sekali untuk memperindah dekorasi ruangan.

Kaktus adalah tumbuhan yang memiliki duri dan bunga yang khas, yang mampu hidup di daerah kering. Kaktus bisa bertahan hidup dalam waktu yang lama, tanpa disirami air sekalipun.

Hal ini bisa terjadi karena kaktus kondisi biologis yang berbeda dengan tanaman lainnya.

Saat kaktus menemukan sumber air yang mengalirinya, tanaman ini akan segera menyimpan air tersebut dalam jumlah yang cukup banyak sebagai makanan cadangannya.

Simpanan air tersebut terdapat pada bagian batang.

Dulu, sebagian dari kita mungkin hanya mengira bahwa tanaman kaktus adalah tanaman berbahaya, karena duri tajam dapat membahayakan orang di sekitarnya.

Tetapi, kini jenis-jenis kaktus hias dengan ukuran mini mulai dikenalkan para pecinta dan pedagang tanaman hias.

Ternyata, tidak semua kaktus memiliki duri yang banyak dan membahayakan. Sebagian di antaranya bahkan memiliki warna pada batang dan bunga yang mampu mekar dengan begitu cantiknya.

Kaktus hias mini bisa kamu jadikan sebagai tanaman hias yang dipajang di dalam ruangan, maupun areateras atau taman rumah.

Harganya juga terjangkau, serta perawatannya sangat mudah. Hanya memerlukan paparan sinar matahari yang cukup, serta tidak membutuhkan penyiraman air yang intensif.

(Baca Juga: 16 Tanaman Hias Tahan Panas yang Bikin Rumah Tampak Indah)

Jenis-Jenis Kaktus Hias Mini

Ada berbagai jenis-jenis kaktus hias mini yang bisa kamu jadikan tanaman penghias rumah. Masing-masing di antaranya memiliki bentuk serta warna yang berbeda.

Untuk harga, kaktus hias mini dijual dengan kisaran puluhan ribu rupiah. Harga ini merupakan harga khusus tanaman saja, belum termasuk dengan pot, media tanam, atau batu hias.

Berikut ini daftar jenis-jenis kaktus hias mini beserta harganya:

1. Kaktus Centong

Harga: Rp50.000

Jenis-jenis kaktus hias yang pertama adalah kaktus centong atau nama ilmiahnya Opuntia cochenillifera.

Disebut kaktus centong karena bentuknya yang lebar menyerupai centong nasi yang biasa kita gunakan di rumah.

Kaktus centong cocok diletakkan di area teras rumah atau area taman. Ukuran mini bisa ditanam di pot dengan diameter sekitar 20 cm sampai 30 cm.

Di luar negeri, kaktus centong juga dibudidayakan dan diambil buahnya untuk dikonsumsi. unik banget, kan?

2. Kaktus Koboi

Harga: Rp50.000

Kaktus koboi adalah salah satu jenis kaktus yang paling populer di antara jenis-jenis kaktus hias lainnya. Bentuk awal kaktus koboi mini bisa kamu tempatkan di pot berdiameter 20 cm.

Jika terus tumbuh besar, kamu bisa memindahkannya ke area taman rumah. Untuk memelihara kaktus koboi, pastika kamu menjauhkan penempatannya dari jangkauan anak-anak, ya.

Sebab jumlah duri pada kaktus koboi cukup banyak dan sangat tajam.

3. Kaktus Sansevieria

Harga: Rp50.000

Jenis kaktus ini sudah dikenal sejak dulu sebagai kaktus hias yang berukuran mini dan mudah dirawat. Jumlah duri pada kaktus sansevieria juga sedikit, hanya pada bagian ujung daun dan tidak terlalu tajam.

Jenis kaktus sansevieria yang populer adalah sansevieria pagoda dan sansivieria boncel.

4. Kaktus Gymno

Harga: Rp45.000 (lokal), Rp70.000 (import)
Kaktus dengan nama ilmiah Gymnocalycium ini terbilang unik karena memiliki warna cantik pada bagian batang dan dapat berbunga jika dirawat dengan baik.

Warna kaktus gymno antara lain jingga, ungu, pink, kuning, dan merah. Cocok sekali diletakkan di area jendela atau meja di rumahmu.

Jenis kaktus gymno grafting atau gymno rubra asal Korea Selatan disebut sebagai yang tercantik karena memiliki bunga yang indah banget.

5. Kaktus Crassula

Harga: Rp35.000 – Rp50.000

Jenis-jenis kaktus hias mini selanjutnya adalah kaktus crassula atau disebut juga dengan kaktus sukulen. Bentuk kaktus crassula sangat unik dan variatif.

Ada yang menyerupai umbi yang bertumpuk untuk tipe crassula budha temple, dan bentuk yang mirip seperti ganggang laut untuk tipe crassula ovate Gollum.

6. Kaktus Mammillaria

Harga: mulai dari Rp100.000-an

Satu lagi dari jenis-jenis kaktus hias mini yang memiliki ciri khas duri yang sangat banyak, namun warnanya begitu cantik.

Kaktus mammilaria juga bisa menghasilkan bunga yang mekar cukup besar. Enggak heran jika harganya terbilang mahal, mulai dari Rp100.000-an sampai Rp400.000-an per tanaman.

Tipe kaktus mammilaria yang umum dijual di pasaran adalah mammilaria elongate var intertexta, dan mamilaria triple head.

7. Kaktus Haworthia

Harga: Rp15.000 – Rp75.000

Kaktus haworthia memiliki bentuk yang mirip dengan kaktus sansevieria. Karena berasal dari daratan Afrika, kaktus haworthia mampu bertahan hidup di daerah dengan cuaca panas dan kering.

Buat kamu yang tinggal di area perkotaan yang terbilang gersang dan panas, cocok banget memilih haworthia sebagai tanaman hias di rumah. Harganya juga murah!

Tipe kaktus haworthia yang populer antara lain haworthia attenuate, haworthia coopery var, dan haworthia variegate.

8. Kaktus Euphorbia

Harga: Rp70.000

Kaktus euphorbia juga merupakan jenis-jenis kaktus hias yang berasal dari Afrika. Nama lain dari tanaman ini adalah susuru atau African milk tree.

Bentuknya sedikit mirip dengan kaktus koboi, namun berbeda pada bagian bentuk durinya. Tipe kaktus euphorbia yang banyak dijual adalah euphorbia caput medusa, dan euphorbia lactae.

(Baca Juga: 8 Cermin Hias Ruang Tamu yang Estetik)

9. Kaktus Echeveria

Harga: Rp40.000 – Rp75.000

Jenis kaktus yang satu ini lagi hits banget karena bentuknya yang justru menyerupai bunga yang terlihat artsy.

Variasi warna kaktus echeveria terdiri dari hijau, pink, ungu, kuning, dan merah. Tipe yang banyak dijual adalah echeveria sp, echeveria agavoides, dan echeveria minima cluster.

10. Kaktus Monadenium

Harga: Rp40.000

Bentuk kaktus monadenium unik karena mirip seperti buah srikaya. Selain berupa batang, monadenium juga memiliki daun dan bunga pada bagian ujung teratasnya.

Warna yang bisa kamu pilih adalah pink, hijau, dan kuning.

11. Kaktus Agave

Harga: Rp70.000 – Rp300.000

Jenis-jenis kaktus hias mini yang selanjutnya adalah kaktus agave. Bentuk dari kaktus agave mirip seperti kaktus echeveria, namun ada perbedaan pada corak daun.

Kaktus agave didominasi dengan warna hijau, putih, dan duri dengan warna ungu. Baik kaktus agave maupun kaktus echeveria sedang banyak dicari konsumen, sehingga laris manis di pasaran.

Harga dari kaktus agave bervariasi, tergantung dengan tipe nya. yang termurah ada di kisaran harga Rp70.000, dan yang termahal adalah tipe agave leopodi seharga Rp300.000.

12. Kaktus Noto

Harga: Rp25.000 – Rp175.000

Jenis-jenis kaktus hias mini yang terakhir adalah kaktus noto yang berbentuk bulat. Sangat lucu untuk dipajang di area luar rumah.

Karena memiliki banyak duri halus, kamu harus meletakkannya di tempat yang aman dri jangkauan anak-anak, ya.

Harga kaktus neto bervariasi, tergantung dengan ukurannya. Untuk ukuran super mini, dijual Rp25.000 bahkan sebagian penjual mengobralnya dengan harga mulai Rp10.000 saja.

Sedangkan yang termahal yakni yang berukuran besar seharga Rp175.000.

Itulah beberapa jenis-jenis kaktus hias mini yang bisa menjadi pilihanmu untuk mempercantik tampilan rumah. Untuk membeli tanaman hias, kamu bisa mudah membeli secara online melalui e-commerce.

Biar belanja makin mudah tanpa batas, gunakan kartu kredit cicilan ringan yang bisa kamu ajukan melalui CekAja. Prosesnya dijamin cepat, karena semua dilakukan serba online.

CekAja akan membantumu memiliki kartu kredit terbaik sesuai kebutuhan dan profil finansialmu. Yuk, ajukan kartu kredit sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah