9 Jenis-Jenis Pisang di Indonesia dan Aneka Olahan Makanannya

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Jenis-jenis pisang di Indonesia ternyata begitu beragam. Sebagian di antaranya bahkan memiliki keunikan yang membedakan dengan yang lainnya. Berikut daftar jenis-jenis pisang di Indonesia.

Pisang merupakan salah satu buah tropis yang tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Buah ini memiliki lapisan kulit berwarna kuning, hijau, bahkan kemerahan, dengan daging buah lembut yang berwarna putih kekuningan.

Tanaman pisang termasuk jenis tanaman yang mudah ditanam di mana saja. Dengan tunas yang mampu tumbuh di tanah yang lembab hingga kering, pisang bisa ditemukan di hampir seluruh daerah di Indonesia.

Ada banyak jenis-jenis pisang di Indonesia yang bisa ditemukan. Masing-masing di antaranya memiliki saran penyajian dan cara mengolah sendiri agar rasanya enak ketika dikonsumsi.

Tekstur lembut dan rasa yang manis membuatnya disukai banyak orang dari segala usia, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga para lansia.

Tidak hanya dimakan langsung sebagai buah, pisang juga diolah menjadi berbagai menu masakan. Misalnya saja pisang goreng, kolak pisang, kue pisang, dan lain-lain.

Kandungan Pisang

Pisang sebagai buah tentu saja menyehatkan. Berikut ini beberapa zat yang terkandung dalam pisang:

  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Vitamin A
  • Vitamin B6
  • Vitamin B9
  • Vitamin C
  • Kalium
  • Kolin
  • Magnesium
  • Selenium
  • Potasium
  • Serat
  • Antioksidan flavanoid

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Dari sederet kandungan zat baik tersebut, tidak mengherankan jika pisang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Berikut ini daftar manfaat pisang untuk kesehatan tubuh:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Memperlancar proses metabolisme
  • Melancarkan aliran oksigen ke otak
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Membantu membuat suasana hati (mood) terasa senang
  • Mengatasi anemia
  • Melancarkan buang air besar
  • Menyehatkan tulang
  • Menyeimbangkan kadar gula darah
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menjaga kesehatan ginjal
  • Mencegah asma
  • Menjaga daya ingat dan fungsi otak

(Baca Juga: 11 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan dan Keberhasilan Diet)

Jenis-Jenis Pisang di Indonesia

Buah pisang adalah buah yang mudah ditemui serta harganya murah.

Untuk menjaga kesehatan sekaligus mengenyangkan tubuh, kamu enggak perlu mengeluarkan kocek yang mahal jika mengonsumsi pisang.

Berikut ini daftar jenis-jenis pisang di Indonesia yang bisa kamu pilih sebagai sumber makanan enak:

1. Pisang Kepok

Jenis-jenis pisang di Indonesia yang pertama adalah pisang kapok. Pisang ini lebih cocok diolah menjadi menu masakan, alih-alih dikonsumsi langsung sebagai buah.

Sebab, teksturnya yang padat dan penuh zat pati agak kurang enak jika dimakan langsung, meskipun rasanya memang manis.

Makanya, pisang kapok lebih baik diolah menjadi menu kolak, pisang panggang, pisang goreng, ataupun pisnag rebus, hingga dijadikan keripik.

FYI, bibit pertama pisang kapok ternyata berasal dari Filipina, lho. Namun karena Indonesia memiliki iklim yang sama dengan Filipina, maka tanaman pisang kapok juga mudah tumbuh subur.

2. Pisang Ambon

Kedua, ada pisang ambon yang merupakan jenis-jenis pisang di Indonesia asli. Bibit pisang ambon paling awal memang ditemukan alias berasal dari tanah air.

Warna kulit pisang ambon hijau, dan akan beralih menjadi kekuningan ketika buah semakin matang. Rasanya yang manis dan tidak berbiji membuatnya dijadikan buah kudapan sehabis makan.

Selain itu, ada juga olahan pisang ambon dalam bentuk bolu, hingga es pisang.

3. Pisang Mas

Kalau jenis-jenis pisang di Indonesia yang satu ini sering banget kita temui pada sajian buah pencuci mulut di deretan menu makanan prasmanan.

Pisang mas memiliki karakteristik kulit yang tipis dan halus, serta tekstur buah yang lembut namun tetap terlihat padat. Warna kulit yang kuning terang sangat menggugah selera.

Ukurannya pun kecil, sehingga mudah dikonsumsi dengan porsi yang pas untuk semua orang.

(Baca Juga: 15 Daftar Penjual Sayur dan Buah Online Terlengkap)

4. Pisang Cavendish

Salah satu jenis-jenis pisang di Indonesia ini pasti sudah tidak asing lagi untukmu. Ya, ini adalah pisang yang sering kita temui di supermarket.

Bentuk kulit yang kencang dengan warna kulit kuning cerah membuatnya terlihat sangat cantik. Tekstur buah pisang Cavendish yang matang juga lembut, namun tidak mudah lembek.

Kualitas inilah yang membuat pisang Cavendish juga diekspor ke berbagai negara. Olahan yang cocok untuk pisang ini adalah smothies, dan bolu.

5. Pisang Tanduk

Asal pisang tanduk adalah dari Sukabumi, Jawa Barat. Dinamakan pisang tanduk karena ukurannya yang besar serta bentuk melengkung mirip dengan tanduk hewan.

Karena terlalu besar dan mengandung zat pati yang kurang enak jika dimakan langsung, maka pisang tanduk sebaiknya dijadikan pisang goreng tepung, atau pisang rebus.

Sajian pisang tanduk goreng tepung makin enak jika dicocol dengan gula pasir.

6. Pisang Uli

Jenis-jenis pisang di Indonesia lainnya adalah pisang uli yang memiliki warna kulit dan daging buah yang sama, yakni kuning cerah.

Pisang ini paling cocok diolah menjadi menu masakan, seperti keripik dan pisang sale legit. Karena rasanya manis dan tekstur daging yang padat, sehingga mudah untuk dipotong-potong dan dimasak.

Beberapa varian turunan pisang uli memiliki biji yang agak besar, namun ada juga yang berbiji kecil.

7. Pisang Raja Sereh

Pisang raja sereh merupakan pisang asal Filipina yang bentuknya seolah seperti gabungan dari pisang kapok dan pisang uli.

Warna buah pisang raja sereh yang sudah matang adalah kuning cerah, dengan tekstur daging buah yang padat namun tetap terasa manis.

Sama seperti pisang uli, pisang raja sereh juga merupakan pisang yang diolah menjadi berbagai masakan. Seperti kolak, pisang goreng, atau pisang rebus.

8. Pisang Susu

Buah pisang yang enak dikonsumsi langsung lainnya adalah pisang susu. Ukurannya yang sedang namun tebal, memiliki bagian daging buah yang padat. Mantap banget saat dimakan karena rasanya manis.

Walaupun kulit pisang susu terlihat mudah layu dan teroksidasi sehingga mudah berwarna kehitaman, namun bagian dalam pisang tetap terjaga kualitasnya.

Pisang susu cocok dijadikan buah pencuci mulut, atau buah saat diet yang menghalau rasa laparmu.

9. Pisang Nangka

Pisang nangka adalah salah satu jenis-jenis pisang di Indonesia yang berawarna kulit kuning kehijauan dengan rasa manis dan gurih.

Olahan makanan yang enak dari pisang nangka antara lain kue epe, dan keripik pisang.

Itulah daftar kesembilan jenis-jenis pisang di Indonesia beserta dengan olahan makanannya. Setelah menyimak info ini, rasanya ingin segera menikmati buah pisang secara langsung, ya?

Belanja bahan makanan mulai dari sayur, buah, hingga daging kini bisa kamu pesan via online. Ada banyak e-commerce yang menjual bahan makanan dengan sistem antar yang mempermudahmu.

Jadi, kamu enggak perlu lagi keluar rumah untuk ke pasar atau supermarket di tengah masa pandemi ini.

Biar belanja makin untung, nikmati promo menarik dari kartu kredit yang bisa kamu ajukan di CekAja.com.

Kami akan memberikan rekomendasi kartu kredit terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan serta profil finansialmu.

Proses pengajuan kartu kredit melalui CekAja.com sangat cepat dan praktis. Kamu hanya perlu mengisi formulir pengajuan online, dan petugas kami akan memproses lebih lanjut.

Jika pengajuan diterima, kartu kredit akan dikirimkan ke alamat rumahmu secara langsung. Mudah banget, kan?

Yuk, bandingkan dan ajukan kartu kredit sekarang juga hanya melalui CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah