Jenis-jenis Sekolah Luar Biasa Berdasarkan Kategori Kebutuhan Khusus

Sekolah luar biasa mungkin sudah sering terdengar, namun jenis-jenis sekolah luar biasa sepertinya masih banyak orang yang belum tahu. Padahal, sekolah luar biasa sendiri terdiri dari enam jenis, yaitu SLB-A, SLB-B, SLB-C, SLB-D, SLB-E dan SLB-G.

Keenam jenis sekolah luar biasa tersebut, tentunya dibagi berdasarkan kategori atau kelainan yang dimiliki setiap orang atau anak.

Nah untuk tahu dengan jelas informasi dari jenis-jenis sekolah luar biasa tersebut, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Sekilas tentang Sekolah Luar Biasa

Berbicara tentang sekolah luar biasa, sepertinya banyak dari kamu yang sudah tidak asing karena sering mendengar nama sekolah tersebut.

Meski begitu, namun apakah kamu dan orang-orang lainnya tahu, apa sebenarnya sekolah luar biasa itu sendiri? Lalu apa fungsi dan perbedaannya dengan sekolah pada umumnya?

Sejatinya, sekolah luar biasa atau yang sering disebut dengan SLB ini merupakan sekolah yang dikhususkan untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

Melansir sehatq.com, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 72 tahun 1991 juga menjelaskan, kalau pendidikan luar biasa merupakan pendidikan yang khusus diselenggarakan bagi peserta didik yang menyandang kelainan fisik dan atau mental.

Diselenggarakannya sekolah luar biasa ini, pada dasarnya ditujukan agar anak-anak berkebutuhan khusus tersebut tetap bisa mendapatkan layanan dasar terkait akses pendidikan.

(Baca Juga: Metode Pendidikan dan Mainan untuk Anak Autis)

Perlu diketahui, sekolah luar biasa pun tidak hanya satu jenis. Tetapi ada beberapa jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anak luar biasa.

Anak-anak tersebut pun bisa dikelompokan ke dalam beberapa golongan yang terdiri dari tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras dan tunaganda.

Banyaknya golongan tersebut, membuat setiap jenis sekolah luar biasa menghadirkan strategi pembelajaran serta fasilitas yang berbeda.

Sehingga nantinya, anak-anak berkebutuhan khusus bisa menempuh pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.

Karena jika dipaksa masuk ke sekolah pada umumnya, anak-anak tersebut akan mengalami kesulitan dalam mengikuti seluruh proses pembelajaran.

Jenis-jenis Sekolah Luar Biasa

Nah setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui sekilas informasi tentang sekolah luar biasa (SLB), maka kini saatnya untuk kamu mengetahui jenis-jenis sekolah luar biasa.

Yang mana, jenis-jenis sekolah luar biasa ini ada banyak, setidaknya ada enam jenis yang disesuaikan dengan golongan kelainan fisik maupun mental.

Untuk tahu lebih jelas apa saja jenis-jenis sekolah luar biasa tersebut, di bawah ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

1. SLB-A

Peruntukkan: tunanetra

Jenis-jenis sekolah luar biasa yang perlu kamu ketahui pertama, yaitu SLB-A. Ini merupakan salah satu jenis sekolah luar biasa yang diperuntukan khusus untuk penyandang tunanetra.

Seperti yang diketahui, tunanetra merupakan sebuah kondisi di mana seseorang mengalami gangguan dan keterbatasan untuk indera penglihatannya.

Guru-guru yang mengajar di SLB-A sendiri, nantinya akan mengajarkan para murid berkebutuhan khusus dengan metode dan cara yang dipahami oleh tunanetra.

Adapun beberapa metode yang digunakan tersebut, di antaranya yaitu huruf dan tulisan braille, huruf timbul, model benda, serta rekaman suara.

2. SLB-B

Peruntukkan: tunarungu

Berikutnya ada SLB-B yang menjadi salah satu bagian dari jenis-jenis sekolah luar biasa. Berbeda dengan yang sebelumnya, SLB-B merupakan jenis sekolah luar biasa yang ditujukan khusus untuk penyandang tunarungu.

Buat kamu yang belum tahu, tunarungu merupakan sebuah kondisi, di mana seseorang mengalami gangguan dan keterbatasan indera pendengaran.

Sehingga, orang yang menyandang tunarungu tidak bisa mendengar dengan baik, layaknya orang pada umumnya.

Dengan masuk ke SLB-B, anak penyandang tunarungu akan diajarkan bagaimana cara berkomunikasi yang baik menggunakan bahasa isyarat, sekaligus membaca gerakan bibir lawan bicaranya.

Tidak hanya itu, para penyandang tunarungu pun menariknya juga akan belajar cara menggunakan alat bantu pendengaran.

3. SLB-C

Peruntukkan: tunagrahita

Tunagrahita merupakan sebuah kondisi seseorang yang mengalami keterbelakangan mental, atau yang juga disebut dengan retardasi mental.

Nah, orang-orang atau anak-anak penyandang tunagrahita ini, biasanya akan disekolahkan di SLB-C yang menjadi bagian dari jenis-jenis sekolah luar biasa.

Hal tersebut dikarenakan, SLB-C merupakan sekolah khusus untuk penyandang tunagrahita. Di sana, anak-anak akan belajar banyak hal yang dapat meningkatkan IQ-nya.

Sebab, setiap penyandang tunagrahita memiliki IQ di bawah rata-rata, yang membuat tingkat intelegensinya menjadi lebih rendah dibandingkan anak-anak lainnya.

Untuk para pengajarnya sendiri, diharuskan memiliki kesabaran yang ekstra untuk mengajar para murid tunagrahita di SLB-C.

4. SLB-D

Peruntukkan: tunadaksa

SLB-D merupakan bagian dari jenis-jenis sekolah luar biasa, yang lebih ditujukan untuk penyandang tunadaksa.

Tunadaksa sendiri merupakan suatu kondisi pada seseorang yang mengalami gangguan gerak, akibat dari adanya kelainan struktur tubuh yang bersifat bawaan, efek samping kecelakaan atau lain sebagainya.

Jika masuk ke SLB-D, para siswa nantinya akan diarahkan dan diajarkan mengenai bagaimana cara mengembangkan potensi diri, merawat diri dengan baik, mandiri, serta membangun rasa percaya diri terhadap kondisi yang dialaminya.

5. SLB-E

Peruntukkan: tunalaras

Jenis-jenis sekolah luar biasa yang kelima, yaitu SLB-E. Ini merupakan sekolah yang diperuntukkan bagi orang-orang yang menyandang tunalaras.

Mungkin terdengar asing, namun tunalaras pada dasarnya adalah sebuah kekurangan dalam anggota tubuh yang dialami para penyandangnya (tunalaras).

Tidak hanya itu, orang yang menyandang tunalaras juga akan mengalami gangguan dan keterbatasan dalam mengendalikan emosi dan tingkah laku, yang tidak sesuai dengan norma-norma sosial serta aturan lainnya.

6. SLB-G

Peruntukkan: tunaganda

Terakhir ada SLB-G, yang juga menjadi bagian dari jenis-jenis sekolah luar biasa. SLB-G sendiri, merupakan sekolah luar biasa yang sengaja dihadirkan untuk mereka penyandang tunaganda.

Tidak jauh berbeda dari gangguan atau keterbatasan lainnya, tunaganda merupakan sebuah kondisi seseorang yang memiliki dua atau lebih kelainan dalam dirinya.

Seperti contoh, seseorang menyandang sebagai tunanetra dan tunarungu, atau tunarungu sekaligus tunalaras.

Oleh karena itu, guru-guru yang mengajar di SLB-G ini harus memiliki kesabaran ekstra. Terlebih, metode pembelajaran SLB-G ini disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan anak.

(Baca Juga: Cara Tepat Menangani Anak Autis)

Itulah jenis-jenis sekolah luar biasa, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua jenis-jenis sekolah luar biasa tersebut tentunya bisa kamu temui di banyak daerah atau kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan lain sebagainya.

Namun sebelum memutuskan jenis sekolah luar biasa apa yang paling baik untuk anak, ada baiknya jika kamu mencari informasi terlebih dahulu terkait sekolah yang akan dituju.

Kamu bisa mencarinya melalui internet, ataupun datang langsung ke sekolah tersebut untuk sekaligus melakukan survey.

Jika setelah melakukan survey sekolah tersebut dirasa sangat tepat untuk anak, kamu bisa langsung melakukan registrasi atau pendaftaran siswa baru.

Tetapi ingat satu hal, apakah dana yang kamu miliki cukup atau tidak. Apabila dana pendidikan yang kamu miliki saat ini belum mencukupi, jangan khawatir.

Sebab, kamu bisa mengajukan pinjaman untuk memenuhi dana pendidikan yang dibutuhkan.
Kamu pun tidak perlu bingung harus mengajukan pinjaman kemana, sebab kamu bisa langsung buka situs CekAja.com dan mengajukannya secara online.

Di sana, kamu hanya perlu mengisi beberapa data yang tercantum di formulir online, lalu menunggu sampai pihak CekAja.com menghubungimu untuk melakukan konfirmasi, dan memproses pengajuan pinjamanmu.

Bagaimana, cara mengajukan pinjaman dana di CekAja.com sangat mudah, bukan? Apalagi, CekAja.com juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga sudah terjamin keamanannya.

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan pinjaman melalui CekAja.com sekarang juga!