Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

8 Jenis Online Marketplace Pilihan Di Indonesia

by lhmdi on 10 September, 2017

tips belanja online _ kartu kredit - CekAja.com

Sebagai salah satu negara yang terus berkembang, berbagai macam online marketplace terus berdatangan memasuki pasar Indonesia.

Beberapa online marketplace Indonesia yang sudah memiliki nama yang cukup baik diantaranya adalah OLX, Lazada, BukaLapak, Elevenia hingga pendatang baru seperti Shopee yang menawarkan layanan berupa “toko online.”

Kehadiran toko online ini sendiri membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menjual berbagai macam produk yang mereka tawarkan baik berupa barang atau jasa.

Bahkan, di masa yang datang jumlah online marktplace diperkirakan akan terus bertambah di Indonesia. Dilansir dari Badan Pusa Statistik (BPS) pada tahun 2016, industri e-Commerce di Indonesia dalam sepuluh tahun sudah mencapai sekitar 26,2 juta unit.

Menariknya, penelitian yang dilakukan oleh Bloomberg menyebutkan bahwa pada tahun 2020 nanti, hampir dari setengah penduduk Indonesia akan terlibat langsung dengan layanan E-commerce, khsusnya yang menyediakan layanan marketplace.

Hal ini pun dipicu dengan semakin berkembangnya teknologi internet di indonesia dan penggunaan ponsel pintar (smartphone) yang terus bertambah, sehingga memungkinkan akan semakin banyak aktifitas yang melibatkan online marketplace Indonesia.

(Baca: Cara Hasilkan Uang dari Jual Barang Bekas Online)

Misalnya, saja untuk membeli pakaian, mencari rumah, membeli mobil, memesan hotel atau kamar untuk penginapan, seseorang kini tidak perlu datang lagi ke toko atau pusat perbelanjaan.

Namun hanya dengan membuka sebuah situs atau menggunakan aplikasi khusus, masyarakat sudah bisa mencari produk atau kebutuhan mereka.

Daftar Toko Online Pilihan dan Terbaik di Indonesia

belanja menggunakan kartu kredit - CekAja.com

Setiap online marketplace yang menyediakan layanannya di Indonesia memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, berbagai macam marketplace ini bahkan ada yang mengkhususnya layanannya di produk tertentu saja.

CekAja kali ini akan berbagi tentang marketplace atau toko online berdasarkan jenis layanannya.

  1. Wakuliner, marketplace penggila kuliner

Mendengar nama layanan kuliner online kita pasti akrab dengan nama Qraved atau Zomato. Namun, jika berbicara online marketplace kuliner di Indonesia, kita bisa melihat layanan yang disajikan oleh Wakuliner.

Layanan yang baru saja digulirkan pada bulan Agustus 2017 yang lalu ini membuka kesempatan bagi masyarakat yang brencana untuk membuka usaha kuliner.

(Baca juga: 3 Persiapan Sebelum Cek Saldo BPJS Secara Online)

Sistem pemasaran yang dijalankan oleh Wakuliner adalah C2C dan B2C sehingga masyarakat umum nantinya dapat membuat toko online dan melayani permintaan pemesanan masyarakat melalui marketpalce Wakuliner.

Penasaran, coba langsung situs Wakuliner atau gunakan aplikasnya yang tersedia bagi pengguna ponsel pintar Android.

  1. RajaMobil marketplace jual beli mobil

Saat ini sudah banyak layanan online marketplace Indonesia yang menawarkan layanan jual beli mobil. Namun, diantara banyaknnya layanan tersebut, tidak salah jika memilih rajamobil sebagai marketplace yang bisa direkomendasikan.

Sejak didirikan pada tahun 2012 yang lalu, Rajamobil terus berkembang dan menjadi salah satu panduan dalam mendapatkan mobil baru atau bekas.

Sebagai layanan marketplace, Rajamobil pun membuka kesempatan bagi siapa pun yang ingin menjual mobil mereka, baik dari dealer resmi, hingga pemilk mobil perorangan.

  1. CekAja, toko finansial pertama di Indonesia

Saat ini industri Fintech atau Financial Technology terus berkembang pesat. Berbagai layanan yang berkaitan dengan perpindahan atau kemudahan dalam mendapatkan sejumlah dana terus bertambah.

Namun, jika mencari layanan marketplace finansial yang layak untuk dicoba, nama CekAja.com adalah pilihan tepat. (Baca juga: Apply Kartu Kredit Online Menguntungkan, Mengapa?)

Melalui marketplace finansial atau keuangan yang dijalankannya, CekAja bekerjasama dengan hampir semua bank milik pemerintah hingga swasta dalam melayani permintan kredit, pembelian rumah, pinjaman tanpa agunan (KTA) hingga pembelian mobil secara kredit.

  1. Jelajah wisata dengan marketplace Triprockets

Jika berbicara tentang kegiatan wisata, pastinya akan selalu teringat bagaimana caranya mencpai tempat tujuan tersebut, apakah menggunakan berbagai macam transportasi seperti kereta api atau pesawat.

Namun kegiatan wisata tidak hanya tentang bagaimana melakukan perjalanan, namun kegiatan apa yang bisa kita lakukan sesampainya di tempat liburan. Nah, sebuah layanan marketplace wisata kini hadir di Indonesia. Layanan yang bernama Triprockets.

Layanan ini mengajak para pengguna yang akan berwisata untuk bertemu langsung dengan penduduk lokal. Menggunakan konsep sharing economy dan peer-to-peer community marketplace, nantinya akan mempertemukan para wisatawan dengan penduduk lokal daerah yang dikunjungi.

Tertarik mencobanya? Langsung akses online marketplace khusus untuk kegiatan resmi melalui situs resminya ya.

  1. Marketplace sewa kamar dengan AirBnb

Jika berbicara tentang layanan online marketplace Indonesia yang menyewakan kamar atau hotel untuk menginap kita pasti akan selalu teringat dengan nama Traveloka, Tiket atau dua pemain baru seperti AiryRooms hingga RedDoorz.

Namun, semua layanan tersebut belum hadir dalam bentuk marketplace. Namun, jika ingin mengetahui toko online atau marketplace yang bisa direkomendasikan untuk penyewaan kamar, maka AirBnb adalah pilihannya.

Bagi yang bellum familiar dengan layanan ini, Airbnb merupakan crowd-booking site, di mana kita bisa menyewakan kamar atau unit tempat tinggal kepada orang lain dengan sistem harian, dan berbagi keuntungan dengan pemilk kamar.

Widget TRV Insurance

  1. Sejasa, tempatnya para penyedia jasa

Pernah terpikirkan untuk mencari layanan perbaikan atau servis AC, asisten rumah tangga, jasa desain interior dengan cepat? Nah, jika kita sedang mencari layanan jasa untuk beragam kebutuhan, maka Sejasa adalah salah satu pilihan yang tepat.

Layanan yang sudah berjalan kurang lebih satu tahun ini mengajak dan mengumpulkan para profesional atau penyedia jasa untuk bergabung dengan membuka kesempatan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan mereka.

7. Kriya dan Qlapa toko online kerajinan tangan

Mengajak para pelaku bisnis UKM untuk tergabung sendiri masih terbuka besar di Indonesia. Apalagi, jumlah pelaku bisnis UKM sangat banyak di Indonesia dan bahkan rata-rata membuat kerajinan tangannya snediri.

Untuk mengembangkan dan mendukung industri kerajinan tangah di Indonesia, saat ini terdapat dua layanan marketplace yang patut untuk dicoba. Nama Kriya dan Qlapa adalah dua layanan marketplace bagi pemilik bisnis UKM di Indonesia.

Tertarik untuk bergabung atau membeli kerajinan tangah dari marketplace ini?

  1. Tokopedia, marketplace penyedia segala kebutuhan

Jika bicara marktplace yang mampu mengajak pemilik toko untuk bergabung dengan layanan online, jumlahnya saat ini sangat banyak. Mulai dari BukaLapak, Blanja, Elevania, Lazada dan masih banyak lainnya.

Namun, jika bicara siapa yang cukup sukses hingga saat ini, maka kita tidak bisa mengenyampingkan Tokopedia. Layanan yang didirikan pada tahun 2009 ini terus menuai kesuksesan.

Selain investasi yang terus mengalir, Tokopedia bisa dibilang sebagai salah satu marketplace terlengkap di Indonesia.

Layanan online marketplace ini menawarkan berbagai macma produk dan segalam macam kebutuhan. Mulai dari pembelian perangkat gawai hingga untuk kebutuhan sehari-hari.

Terus berinovasi, Tokopedia bahkan membuka layanan pembayaran listrik dengan bekerjasama melalui agen-agen pembayaran listrik.

Bukan tidak mungkin di masa yang akan datang, Tokopedia akan terus berkembang sebagai salah satu online marketplace terbaik di Indonesia.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami