Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Kenali Jenis Pinjaman Di Bank BCA Secara Lengkap

by Maria Nofianti on 24 April, 2020

Meminjam di bank masih menjadi sebuah pilihan bagi masyarakat kita saat ini. Meskipun pinjaman di bank tengah digempur dengan pinjaman online yang dinilai lebih cepat dan mudah tapi pinjaman di bank masih tetap ada peminatnya.

jenis pinjaman di bank bca

Meski banyak pendapat dan pandangan yang muncul mengenai peminjaman uang, namun tetap saja meminjam uang di bank banyak dijadikan sebagai salah satu solusi mengatasi masalah keuangan. Ya, orang yang berbeda jelas memiliki pengertian yang berbeda tentang hutang dan pinjaman. Sementara seseorang mungkin menganggap tidak masalah meminjam uang untuk semua hal besar dan kecil, namun orang lain mungkin sangat menentang pinjaman dalam bentuk apa pun. Namun, situasi tertentu dalam kehidupan tidak memberikan pilihan lain selain mengambil pinjaman. Demikian pula, kesalahpahaman yang tersebar luas bahwa mengambil pinjaman tidak baik untuk keuangan seseorang, meminjam uang akan memperburuk kondisi keuangan, sepertinya ini tidak mutlak kebenarannya, meski tidak disangkal juga.

Yang benar adalah bahwa hutang, ketika digunakan dengan benar, dapat membantu kita dalam banyak hal, seperti membantu mengembangkan bisnis kita, memberi kita atau pendidikan berkualitas anak kita, membantu membeli rumah yang selalu diimpikan, meningkatkan kualitas hidup, dan berinvestasi dalam peluang bisnis yang menguntungkan.

(Baca Juga: Pinjaman Dana Untuk Bisnis)

Namun, jika disalahgunakan, pinjaman juga bisa membuat kita terjebak dalam lingkaran hutang yang berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan keuangan. Dengan demikian, penting untuk diingat bahwa sejumlah hutang baik karena membantu kita dalam pertumbuhan ekonomi, dan juga untuk menghemat uang, tetapi jenis hutang yang salah dapat melemahkan dan menyebabkan banyak kerusakan pada rencana keuangan kita.

Itulah sebabnya, sebelum meminjam sejumlah uang, tanyakan pada diri sendiri apakah pengeluaran itu masuk akal dan apakah kita berada dalam posisi yang mampu untuk membayarnya tepat waktu. Nah selama kita tahu jelas tentang situasi keuangan jangka pendek dan jangka panjang, maka tidak ada salahnya meminjam uang.

Pinjaman Bank BCA

Salah satu bank terbesar dan terpercaya di Indonesia adalah Bank BCA. Bank ini mempunyai tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi dengan dibuktikan banyaknya jumlah nasabah di bank ini. Ada setidaknya 18 juta orang lebih yang menjadi nasabahnya. Kira-kira apa sih yang membuat Bank BCA memiliki banyak nasabah ya? Salah satunya tentu saja memiliki banyak jenis pinjaman di Bank BCA seperti Kredit Kepemilikan Rumah, Kredit Kepemilikan Apartemen, Kredit Tanpa Agunan dan masih banyak lagi.

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam dunia usaha salah satu kebutuhan vital dalam pengembangan usaha adalah dengan kredit. Maka dari itu ada peran dari perbankan seperti Bank BCA dengan kreditnya yang menunjang usaha. Dengan banyaknya jenis pinjaman di Bank BCA maka yang merasakan manfaatnya bukan saja dari kalangan pengusaha saja. Kali ini masyarakat dan para karyawan juga bisa merasakan manfaat dari pinjaman di Bank BCA.

Biasanya untuk para karyawan mengambil hutang atau pinjaman di Bank BCA digunakan untuk kredit rumah, kredit kendaraan bermotor, membayar biaya sekolah atau lainnya. Dalam pelayanannya Bank BCA selalu mengutamakan keamanan dan kemudahan akses terutama untuk peminjaman. Kemudahan akses ini antara lain dengan adanya banyak ATM yang tersebar luas, mobile dan internet banking juga ada.

Di Bank BCA saat ini ada beberapa jenis pinjaman yang bisa dipilih oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Mulai dari kredit rumah, kredit kendaraan bermotor, kredit pribadi sampai kredit untuk modal kerja ada semuanya di Bank BCA. Nah untuk lebih lengkapnya yuk kenali jenis pinjaman di Bank BCA sebelum kita memutuskan untuk berhutang di sana.

1. Kredit Pemilikan Rumah

Apakah kamu ingin memiliki rumah pribadi tapi dananya belum mencukupi? Tenang saja karena di Bank BCA ada Kredit Pemilikan Rumah yang bisa kamu pilih. Kredit ini bisa dipakai untuk membeli rumah atau ruko dalam segala kondisi yaitu baru maupun bekas/second loh. Tidak hanya itu KPR BCA juga bisa memfasilitasi renovasi rumah dan kebutuhan lainnya. kredit ini memiliki banyak keunggulan loh antara lain ada banyak pilihan untuk suku bunga dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan kita, cicilannya yang ringan dengan diberlakukannya suku bunga floating yang rendah dan stabil, bebas pinalti untuk tenor 1-2 tahun, bisa melakukan top up pinjaman dengan jaminan yang sama.

Syarat-syarat untuk mengajukan KPR BCA ini antara lain:

  • WNI
  • Usia min 18 tahun/sudah menikah
  • Karyawan tetap, pengusaha atau professional
  • Memiliki pendapatan min Rp3 juta

Sedangkan untuk syarat dokumen yang harus dipenuhi adalah:

  • Fotokopi KTP pemohon
  • Fotokopi KTP suami istri
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi akta nikah/ akta cerai
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi SIUP, TDP, akta pendirian untuk wiraswasta
  • Fotokopi Izin Praktek untuk professional
  • Slip gaji asli terakhir untuk karyawan

Untuk jenis pinjaman di Bank BCA ini memiliki jangka waktu yang lumayan lama yaitu sampai 20 tahun dengan jumlah dana yang bisa dipinjam minimal Rp250 juta sampai Rp5 miliar.

(Baca Juga: Pinjaman Dana Untuk Kebutuhan Ramadhan)

Selain KPR biasa, Bank BCA juga menawarkan kredit KPR yang tidak biasa yaitu KPR Xtra. Ini adalah pinjaman seperti KPR yang di atas tetapi memiliki plafon lebih besar tetapi dengan cicilan ringan. Pinjaman ini juga ada dana siaga yang selalu siap setiap saat serta pembayaran yang fleksibel. Untuk dana siaga jika kita mendadak butuh uang cepat maka cicilan pokok yang disetorkan bisa ditarik lagi dengan jumlah plafon yang ditentukan.

2. Kredit Pemilikan Apartemen

Selain KPR ternyata BCA juga mengeluarkan kredit pemilikan apartemen. Sekarang ini ada banyak orang yang lebih memilih untuk tinggal di apartemen daripada di rumah biasa. Inilah yang membuat Bank BCA membuat kredit ini. Kredit ini menerapkan bunga awal mulai dari 8,25% – 9%. Keuntungan yang bisa didapatkan adalah cicilannya yang ringan dengan suku bunga rendah, suku bunga floating nya juga rendah serta cash flow juga stabil. Kredit Pemilikan Apartemen ini juga telah bekerja sama dengan banyak developer jadi jangan khawatir. Syaratnya untuk mengajukan kredit ini adalah WNI berusia min 21 tahun/sudah menikah dan maks 65 tahun saat pelunasan, minimal penghasilannya Rp4 juta. Untuk pembiayaannya hanya sekitar 70% dari nilai property.

3. Kredit Tanpa Agunan

Seperti bank lainnya, Bank BCA juga memiliki jenis pinjaman kredit tanpa agunan yang banyak peminatnya. Tentu ini karena tidak memakai jaminan apa pun. Pinjaman jenis ini bisa dipakai untuk bermacam-macam kebutuhan seperti bayar sekolah, pernikahan, modal kerja, biaya rumah sakit dan lainnya. Jumlah pinjaman yang bisa diberikan sampai dengan Rp100 juta dengan jangka waktu untuk pelunasan maksimal sampai 36 bulan. Sementara itu suku bunga yang diterapkan berbeda-beda sesuai dengan jumlah pinjamannya. Biasanya pinjaman KTA BCA ini bisa dicairkan dengan waktu 14 hari kerja. Syarat dan dokumen yang harus dipenuhi adalah:

  • WNI/WNA
  • Usia min 21 tahun dan maks 55 tahun ketika pelunasan
  • Memiliki penghasilan min Rp3 juta
  • Memiliki kartu kredit BCA minimal 1 tahun masa keanggotaannya
  • Fotokopi KTP/KITAS untuk WNA
  • Fotokopi slip gaji
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir bagi pengusaha
  • Fotokopi akta pendirian bagi pengusaha

Selain KTA personal seperti ini ada juga KTA Payroll yaitu syaratnya calon debitur harus dibayar gajinya melalui bank BCA. Sementara untuk lainnya hampir sama dengan KTA biasa.

4. KPR BCA Refinancing

Ini adalah salah satu jenis pinjaman di Bank BCA yang lumayan besar plafonnya. Ini termasuk dalam pinjaman yang memakai jaminan. Jaminan untuk kredit ini adalah rumah, ruko atau apartemen. Dana dari KPR BCA Refinancing ini bisa dipakai untuk keperluan pribadi seperti pernikahan, pendidikan dan biaya kesehatan. Dana yang bisa dipinjamkan mulai dari Rp250 juta sampai dengan Rp5 miliar. Hampir semua syarat dan dokumen yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan pinjaman ini sama dengan syarat dan dokumen untuk pinjaman KTA BCA. Hanya saja usia saat pelunasan di sini menjadi 60 tahun.

5. Kredit Kendaraan Motor

Jenis pinjaman di Bank BCA selanjutnya adalah kredit kendaraan bermotor atau KKB BCA. Pinjaman ini ditujukan bagi kamu yang ingin membeli mobil atau kendaraan besar lainnya. di KKB BCA ini ada beberapa metode pembiayaan untuk kendaraan bermotor yang kamu inginkan seperti:

  • Car Financing: solusi untuk pembiayaan mobil baru maupun bekas
  • KKB Fix and CAP: pembiayaan bunga rendah dan cicilan ringan dengan tenor 5 tahun saja
  • KKB Refinancing: pembiayaan dengan jaminan BPKB mobil kamu untuk segala kebutuhan
  • COP: kerjasama dengan perusahaan untuk memberikan fasilitas mobil kepada karyawan
  • Operational Car: pembiayaan untuk kendaraan operasional dengan jaminan BPKB mobil

Untuk syarat dan dokumen yang harus dipenuhi sama dengan kredit pemilikan rumah.

6. Kredit Sepeda Motor

Ini adalah pinjaman yang tujuannya untuk membiayai jika kita ingin kendaraan beroda dua. Kredit ini diberikan oleh anak perusahaan BCA Finance yaitu PT. Central Santosa Finance (CSF). Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan yaitu angsuran yang tetap, tanpa jaminan apa pun, angsuran sudah termasuk biaya admin dan asuransi TLO. Syarat dan dokumennya antara lain:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KTP suami/istri
  • Fotokopi buku rekening
  • Fotokopi mutasi rekening
  • Fotokopi KK     
  • Slip gaji dan rekening listrik bagi nasabah baru 
7. Kredit Modal Kerja

Kredit ini banyak ditujukan bagi petani, pedagang, peternak, pemilik usaha kecil. Kredit modal kerja BCA memiliki tujuan untuk meningkatkan ketersediaan barang usahanya baik yang baru maupun sudah berjalan. Dana yang bisa dipinjamkan bisa mencapai Rp100 juta.

Nah itu dia berbagai jenis pinjaman di Bank BCA yang bisa menjadi pilihan kamu. Kamu bisa mengambil pinjaman yang disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Selalu pastikan untuk bisa membayar kembali hutang-hutangmu karena ini akan meningkatkan skor kredit dan berguna jika akan berhutang kembali di masa depan. 

Tentang Penulis