Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Jenis Tabungan BCA Terlengkap, Pilih Sesuai Kebutuhanmu

by Vera Khairifah on 18 November, 2019

Jenis tabungan BCA kini semakin beragam. Mulai dari jenis tabungan umum, untuk pelajar, maupun kebutuhan bisnis dan investasi nasabah.

Jenis Tabungan BCA Terlengkap, Pilih Sesuai Kebutuhanmu

Hal itu sejalan dengan program Pemerintah yang ingin terus mendorong masyarakat untuk menabung di bank. Nah, untuk kamu yang baru ingin membuka tabungan di Bank BCA, cari tahu dulu jenis tabungan BCA yang sesuai dengan kebutuhanmu.

  1. Tahapan

Tahapan adalah jenis tabungan BCA yang paling umum digunakan nasabah. Tahapan dilengkapi dengan kartu ATM berfungsi untuk mempermudah transaksi perbankan.

Kamu bisa menggunakannya untuk pembayaran debit, tarik tunai, setor dan transfer dana, membayar tagihan dan lain-lain.

Tahapan BCA memiliki tiga jenis kartu ATM yang disebut sebagai Paspor BCA. Yakni Paspor BCA Blue untuk pengambilan uang dengan limit hingga Rp 7 juta per hari serta transfer via ATM hingga Rp 25 juta.

Kemudian, ada Paspor BCA Gold untuk transaksi debit Rp 10 juta hingga Rp 50 juta, dan Paspor BCA Platinum untuk transfer hingga Rp 100 juta dan limit debit Rp 100 juta.

Semakin besar limit debit pada kartu, maka makin besar juga biaya administrasi bulanannya. Setoran awal untuk jenis tabungan BCA ini adalah Rp 500 ribu.

(Baca juga: Cara Mudah Buka Tabungan dan Cek Nomor Rekening Bank BTPN)
  1. Tahapan Xpresi

Jenis tabungan BCA yang kedua adalah Tahapan Xpresi yang diperuntukkan bagi semua kalangan, tidak ada batasan umur.

Sehingga buat kamu yang masih berstatus pelajar di bawah umur, bisa melampirkan kartu identitas dan surat persetujuan orang tua.

Jenis tabungan BCA ini memiliki keunggulan setoran awal yang ringan yakni hanya Rp 50 ribu. Namun, kamu tidak akan dibekali dengan buku tabungan, sehingga transaksi hanya bisa dilakukan lewat teller bank atau kartu ATM.

Asyiknya menggunakan jenis tabungan BCA ini adalah, terdapat banyak promo dan diskon di berbagai merchant yang bekerjasama dengan Bank BCA.

Mulai dari tiket nonton di bioskop, makan dan minuman, acara hiburan, dan lain-lain. Desain kartu juga menarik dan bisa nasabah pilih sendiri. Tahapan Xpresi bisa digunakan dimana pun, di ATM jaringan Cirrus di seluruh dunia.

  1. Tahapan Berjangka

Yang satu ini adalah jenis tabungan BCA untuk mereka yang ingin menyimpan dana dalam jangka waktu yang agak lama. Yakni minimal 12 bulan (satu tahun) dan maksimal 240 bulan (20 tahun).

Kalau kamu memiliki jenis tabungan BCA lain seperti Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, dan Tapres, akan ada fasilitas autodebet bulanan.

Jadi, sistem akan memotong dana dari sumbernya secara otomatis dan menyalurkan ke Tahapan Berjangka. Setoran per bulannya minimal Rp 500 ribu, dengan kelipatan Rp 50 ribu.

Jika kamu sudah memilih jangka waktu menabung, maka tidak diperkenankan dilakukan penarikan dana selama masa tersebut.

  1. Tahapan Gold

Kalau kamu membutuhkan jenis tabungan BCA untuk menunjang kelancaran transaksi bisnis, maka Tahapan Gold lah pilihannya.

Keuntungan menggunakan jenis tabungan BCA ini, kamu bisa mendapatkan info mutasi rekening yang lebih rinci dan notifikasi transaksi yang akan selalu dikirimkan via SMS atau e-mail.

Serta layanan Appointee dimana kamu bisa menunjuk dua orang sebagai wakil untuk melakukan transaksi dengan menyertakan bukti kepemilikan rekening dan kartu identitas. Setoran awal untuk Tahapan Gold adalah Rp 10 juta.

  1. Tapres

Tujuan lain menabung di bank tentu saja untuk mendapatkan bunga, agar nilai danamu bertambah di masa depan. Nah, Tapres memberikan bunga lebih untuk nasabah yang memilih jenis tabungan BCA ini.

Semakin tinggi saldo rata-rata tabungan, semakin tinggi pula bunga yang didapatkan. Selain itu, kartu Tapres bisa dijadikan tanda pengenal nasabah sehingga tak perlu buku tabungan dan rekening koran yang lebih rinci sebagai laporan keuangan pribadimu. Setoran awalnya Rp 5 juta.

  1. Simpanan Pelajar

Sesuai namanya, Simpanan Pelajar diperuntukkan bagi siswa PAUD, TK, SD, SMP, SMA, Madrasah(MI,MTs, MA) atau sederajat yang berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP.

Rekening ini tidak diberikan bunga, setoran awal Rp 5 ribu, bebas biaya admin bulanan, dan dibekali dengan kartu ATM yang bisa digunakan untuk tarik tunai.

  1. TabunganKu

Ini adalah jenis tabungan yang tersedia di bank-bank di Indonesia untuk mendorong masyarakat terbiasa menabung di bank.

Ada beberapa kemudahan menabung seperti bebas biaya admin bulanan, setoran awal Rp 20 ribu, dan nasabah tetap mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM.

(Baca juga: Yuk Coba, Investasi Ramah Lingkungan Sukuk Tabungan Seri ST006)
  1. LAKU

Yakni jenis tabungan BCA yang transaksinya dilakukan di agen-agen LAKU yang ada di banyak daerah yang dekat dengan pemukiman warga. Kamu pun bisa menabung dimana pun dengan nominal beragam.

Akan ada kartu kepemilikan yang diberikan dan setiap transaksi disertakan dengan PIN untuk pengamanan khusus.

  1. BCA Dollar

Kemudahan transaksi valas atau mata uang asing untuk berbagai kebutuhan bisa kamu dapatkan dengan memilih jenis tabungan BCA ini. Mata uang USD dan SGD bisa kamu gunakan melalui layanan internet/mobile/phone/SMS banking BCA.

Setoran maupun tarikan bisa dilakukan dengan banknotes USD/SGD, dengan kondisi 1 : 1 sampai dengan limit yang sesuai dengan ketentuan.

  1. Deposito Berjangka

Terakhir, ada Deposito Berjangka yang bisa digunakan untuk investasi. Nasabah dibebaskan memilih jangka waktu deposito, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

Serta memilih sembilan mata uang, di antaranya: IDR, USD, SGD, HKD, AUD, JPY, GBP, EUR, dan CNH. Besaran setoran deposito beragam, tergantung dengan mata uang yang dipilih. Bunga deposito bisa ditransfer ke rekening bank manapun.

Selain membuka tabungan, kamu juga bisa mengajukan KTA dengan mudah. Yuk, ajukan saja di CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast