3 Jenis Tepung Terigu Beserta Kegunaannya untuk Hasil Makanan Terbaik

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Dalam memasak, jenis tepung terigu beserta kegunaannya harus kamu pahami agar makanan bisa disajikan dengan sempurna. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Tepung merupakan salah satu bahan baku pembuat berbagai menu makanan yang terbuat dari sumber karbohidrat utama (seperti gandum, beras, ketan, jagung, almond, dan lain-lain) yang dihaluskan.

Mie, pasta, kue, bolu, pangsit, dan aneka makanan lainnya dibuat dari tepung. Jenis tepung yang paling umum digunakan adalah tepung terigu yang terbuat dari biji gandum.

Menurut sejarah, tepung terigu pertama kali ditemukan di daerah timur tengah pada tahun 9600 Sebelum Masehi. Tepatnya pada saat penemuan biji gandum pertama kali.

Sehingga manusia kemudian mengembangkan berbagai cara untuk mengonsumsi gandum, salah satunya adalah dengan dihaluskan menjadi partikel kecil seperti tepung.

Kandungan Tepung

Tepung menjadi salah satu sumber karbohidrat yang memberikan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Memang, terdapat berbagai jenis tepung beserta kegunaannya. Namun, secara umum, apapun jenis tepung yang kamu konsumsi mengandung zat-zat di bawah ini:

  • Kalori
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Lemak

Jenis-Jenis Tepung

Ada beberapa jenis tepung lainnya yang dibedakan berdasarkan bahan baku pembuatnya. Berikut ini jenis-jenis tepung yang harus kamu ketahui:

Tepung Terigu

Jenis tepung terpopuler yang terbuat dari biji gandum, bisa digunakan untuk kebutuhan apa saja. Seperti mie, pasta, donat, dan lain-lain. teksturnya lembut namun bisa mengembang.

Ada beberapa jenis tepung terigu beserta kegunaannya nih. Info selengkapnya akan kita bahas diulasan selanjutnya.

Tepung Tapioka

Atau yang dikenal juga dengan nama tepung aci yang terbuat dari umbi singkong. Jika dilarutkan dengan air maka teksturnya akan kenyal. Biasa digunakan untuk membuat papeda, cilok, bakso aci, dan lain-lain.

Tepung Sagu

Tepung yang terbuat dari batang pohon sagu, dengan karakteristik yang sama seperti tepung tapioka. Teksturnya sangat kenyal jika dilarutkan dengan air.

Tepung Jagung

Disebut juga dengan maizena, yakni tepung yang memiliki tekstur kental jika dicampur air. Biasanya digunakan sebagai campuran adonan gorengan krispi, tambahan bahan kue, dan lain sebagainya.

Tepung Ketan

Yakni tepung yang terbuat dari beras ketan hitam atau beras ketan putih. Teksturnya kenyal namun tetap padat, sehingga cocok digunakan untuk membuat kue basah atau onde-onde.

Tepung Beras

Terbuat dari beras, dengan tekstur yang agak kenyal namun tetap lembut dan padat. Bisa digunakan untuk membuat kwetiau, aneka kue basah, peyek, dan lain-lain.

Tepung Hunkwe

Adalah tepung yang terbuat dari pati kacang hijau, sehingga wanginya begitu khas. Tekstur aslinya kasar, namun jika diadon dengan air akan agak kenyal.

Bisa digunakan untuk membuat cendol, pudding, kue lapis, es gabus, dan lainnya.

Tepung Roti

Tepung yang terbuat dari roti yang dikeringkan, kemudian ditumbuk kasar. Warnanya identik dengan putih dan orange.

Biasa digunakan sebagai lapisan akhir pada makanan goreng-gorengan seperti risoles, kroket, katsu, nugget buatan rumah, dan lain sebagainya.

(Baca Juga: 5 Ide Usaha Kue Kekinian, Dari Roti Kukus Srikaya Hingga Sweet Potato Bread)

Jenis Tepung Terigu Beserta Kegunaannya

Bagi orang awam, semua tepung terigu mungkin dianggap sama. Padahal, ada beberapa jenis tepung terigu beserta kegunaannya.

Hal yang membedakan setiap jenis tepung terigu ini biasanya adalah kandungan protein gluten pada tepung terigu tersebut.

Kadar protein gluten setiap tepung terigu akan mempengaruhi hasil jadi dari makanan yang dibuat.

Makanya, biar enggak salah membuat makanan yang kamu inginkan, pahami soal hal ini dengan seksama, ya.

Semua jenis tepung terigu ini banyak dijual di pasaran, sehingga tak sulit untuk menemukannya.

Berikut ini jenis tepung terigu beserta kegunaannya yang harus kamu tahu.

1. Tepung Terigu Berprotein Tinggi

Jenis tepung terigu beserta kegunaannya yang pertama adalah tepung terigu berprotein tinggi. Kadar protein gluten di dalamnya berkisar 13 persen sampai 14 persen

Karena kandungan proteinnya yang tinggi, maka adonan pun akan lebih mengembang dengan maksimal. Daya serap airnya juga tinggi sehingga hasil makanan akan lembut.

Jadi, cocok banget untuk dijadikan bahan baku pembuat roti dengan hasil yang lembut atau mie dengan hasil kenyal yang pas dan tetap elastis.

Merk populer untuk produk jenis tepung terigu berprotein tinggi adalah Tepung Terigu Bogasari Cakra Kembar, Tepung Terigu Bungasari Golden Eagle, Tepung Terigu Bungasari Kabuki Gold, Tepung Terigu Sriboga Hime, dan Tepung Terigu Sriboga Tali Emas.

2. Tepung Terigu Berprotein Sedang

Kedua, ada tepung terigu berprotein sedang yang mengandung kadar protein gluten sekitar 11,5 persen sampai 13 persen.

Namun umumnya produk tepung terigu berprotein sedang mengandung kadar protein gluten 11 persen.

Dengan kandungan protein yang sedang, jenis tepung terigu beserta kegunaannya ini bisa digunakan untuk kebutuhan apa saja alias serbaguna.

Mulai dari kue basah, kue tradisional, martabak manis, kebutuhan pastry, dan lain-lain.

Merk populer untuk produk jenis tepung terigu berprotein sedang adalah Tepung Terigu Bogasari Segitiga Biru, Tepung Terigu Mila, dan Tepung Terigu Bogasari Lencana Merah.

(Baca Juga: 9 Jenis-Jenis Roti untuk Diet, Tinggi Serat dan Bikin Kenyang Lebih Lama)

3. Tepung Terigu Berprotein Rendah

Penjelasan jenis tepung terigu beserta kegunaannya yang terakhir adalah tepung terigu berprotein rendah.

Kadar protein glutennya hanya sekitar sembilan persen saja, dan cocok untuk adonan makanan yang digoreng.

Daya serap air sangat sedikit sehingga akan membuat hasil makanan menjadi renyah,tetapi adonannya tidak mudah sobek saat digoreng.

Kegunaan tepung terigu berprotein rendah bisa digunakan untuk kue kering, biskuit, wafer, dan gorengan.

Merk populer untuk produk jenis tepung terigu berprotein rendah adalah Tepung Terigu Bogasar Kunci Biru, Tepung Terigu Tulip, Tepung Terigu Gatotkaca, dan Tepung Terigu Sania.

Itulah penjelasan lengkap soal aneka jenis tepung terigu beserta kegunaannya. Pastikan kamu tidak salah memilih tepung, agar hasil makanan dijamin sukses dan anti gagal.

Cari Modal Usaha Makanan? Ajukan Kredit P2P Lewat CekAja.com!

Berbagai produk makanan olahan tepung terigu bisa kamu jual dan dijadikan usaha sampingan. Misalnya saja berjualan gorengan, aneka jajanan pasar, mie ayam, risol mayo, kroket, bolu, dan lain sebagainya.

Keuntungan dari hasil jual makanan ini cukup tinggi, bahkan bisa dua kali lipat dari modal produksi.

Buat kamu yang kepingin usaha tapi masih kekurangan modal, ajukan saja pinjaman dana dari produk Peer-to-peer Lending (P2P Lending) yang bisa digunakan untuk keperluan apapun.

CekAja.com akan membantumu memilih produk kredit P2P Lending yang pas sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar. Proses pengajuan dijamin cepat karena dilakukan serba online.

Keunggulan dari produk kredit P2P Lending adalah syaratnya mudah, proses pencairan dana cepat, dan suku bunga yang kompetitif.

Cukup ajukan lewat CekAja.com, lalu tunggu status penerimaan kredit, dan dana pinjaman akan cair langsung ke rekening bankmu.

Semua produk finansial yang ada di CekAja.com aman dan terpercaya, karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yuk, segera cek produk kredit P2P Lending terbaik dan ajukan hanya lewat CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah