6 Jenis Wisata yang Diminati Wisatawan saat Pandemi, Apa Saja?

Semenjak wabah virus Corona, trend wisata di Indonesia disebut-sebut mengalami perubahan. Lalu, apa jenis wisata yang diminati wisatawan saat pandemi ini?

Pandemi tak ubahnya membuat gaya travelling tiap orang berubah. Jika dulu kita bisa bebas bepergian ke luar negeri, kini kegiatan tersebut menjadi sangat terbatas.

Sebagai gantinya, banyak orang yang akhirnya mencoba menjajal wisata lokal dengan segala prosedur kesehatan yang sesuai.

Misalnya, tidak bepergian terlalu jauh alias dekat dari rumah, menghindari penggunaan transportasi umum, hingga memilih wisata bertemakan “back to nature”.

Jenis Wisata yang Diminati Wisatawan saat Pandemi

Nah, buat kamu yang ingin liburan di momen akhir tahun nanti, yuk cobain beberapa jenis wisata yang diminati wisatawan saat pandemi, berikut ini.

1. Wisata trekking

Jenis wisata yang diminati wisatawan saat pandemi yang pertama adalah trekking atau mendaki.

Jenis wisata ini belakangan ramai diminati, karena dianggap aman dan lokasinya sendiri yang masih dapat dijangkau.

Wisata trekking umumnya dilakukan oleh mereka yang memang gemar mendaki, khususnya mendaki gunung.

Namun kini, siapapun bahkan mulai mencobanya bahkan anak milenial yang biasa doyan ke mall.

Mereka yang mencoba wisata trekking ini biasanya hanya ingin merasakan sensasi berada di alam terbuka sembari menikmati momen sunrise ataupun sunset.

Nah buat kamu yang tertarik untuk wisata trekking, coba saja datangi kawasan pendakian di Sentul, Kabupaten Bogor.

Wisata outdoor tersebut memang tengah ngetren di kalangan wisatawan saat masa pandemi seperti sekarang.

Di sana, kamu bisa merasakan sensasi berjalan kaki sembari ditemani pemandangan alam yang menakjubkan, benar-benar self healing banget lho.

Namun satu hal yang mesti kamu ingat, meskipun berwisata di alam terbuka, selalu patuhi protokol kesehatan yang ada ya.

Seperti mengenakan masker dan face shield, membawa hand sanitizer dan sabun cuci tangan, serta membawa makanan dan minuman sendiri.

2. Wisata berkemah

Selain trekking, jenis wisata yang diminati wisatawan saat pandemi bahkan bukan hanya di Indonesia saja, melainkan pula di Amerika adalah wisata berkemah.

Wisata berkemah ini memang selalu menarik minat masyarakat, terutama generasi milenial.

Alasannya simple, mereka tetap ingin merasakan waktu liburan meskipun bukan dengan bepergian menggunakan pesawat.

Nah, di Indonesia sendiri, ada beberapa tempat wisata seru yang cocok dijadikan kawasan camping di akhir pekan.

Tempat wisata ini menawarkan suasana alam yang sunyi dan asri, dijamin bakal bikin kamu ketagihan untuk mendatanginya kembali.

Beberapa diantaranya seperti Ranca Upas di Bandung, Gunung Pancar di Bogor, Kapolaga di Subang, serta The Sila’s Adventure Camp di Banjar Batusesa, Bali.

(Baca Juga: 12 Curug di Bogor Paling Hits dan Bagus)

3. Wisata pantai

Siapa bilang jenis wisata yang diminati wisatawan saat pandemi cuma trekking atau berkemah saja?

Berwisata ke pantai juga ramai didatangi lho, terutama untuk wisatawan yang ingin menikmati sunset sembari mendengar deburan ombak.

Nah aktivitas liburan yang satu ini juga nyatanya minim risiko penularan Corona lho.

Asalkan kamu tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti menjaga jarak, mengenakan masker, rutin mencuci tangan.

Kalau tak mau jauh-jauh mendatangi Yogyakarta atau Bali, kamu yang berdomisili di Jakarta bisa kok mendatangi beberapa wisata pantai yang letaknya enggak jauh dari ibu kota, seperti Pantai Ancol, Anyer, Pulau Tidung, serta Kepulauan Seribu.

4. Staycation

Lain halnya kalau kamu enggak mau beraktivitas di luar ruangan. Maka, staycation lah satu-satunya pilihan yang tepat untuk kamu coba di masa pandemi.

Sekarang ini, staycation bukan lagi diartikan sebagai liburan di sekitar rumah.

Namun, bagi kalangan milenial sendiri, staycation adalah kegiatan liburan dengan menginap di hotel atau apartemen yang memiliki lingkungan nyaman dan pastinya estetik.

Meski hanya menginap nih, staycation juga tak ubahnya menjadi kegiatan mengasyikkan bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman menginap, sembari menikmati berbagai fasilitas penunjang yang disediakan.

Beruntung lagi, kalau kamu bisa staycation di hotel berbujet murah namun dengan view yang bagus dan free breakfast.

Rekomendasi tempat staycation-nya sendiri bisa kamu temukan lewat layanan Traveloka, maupun sosial media seperti Twitter dan TikTok. Selamat mencoba!

5. Road trip

Berikutnya, jenis wisata yang diminati wisatawan saat pandemi adalah road trip bersama kerabat terdekat.

Walau terkesan melelahkan, namun kegiatan liburan dengan menggunakan mobil pribadi ini tentu saja menyenangkan, sekaligus minim risiko terpapar virus Corona.

Dengan mengendarai mobil pribadi pula, kamu bisa bebas berhenti di mana saja untuk mengeksplor kuliner maupun tempat wisata.

Nah, sebelum melakukan road trip, pastikan kamu dan penumpang lainnya sudah melakukan rapid test antigen, terlebih jika ingin keluar dari wilayah Jakarta saat libur akhir tahun nanti.

Selain itu, ada baiknya kerabat terdekat yang menjadi penumpang di mobil tidak berjumlah lebih dari 5 orang, perhitungan ini pun sudah termasuk kamu ya.

(Baca Juga: 5 Alternatif Agrowisata untuk Liburan Akhir Tahun)

6. Wisata bahari kapal layar dan selam

Terakhir, jenis wisata yang diminati wisatawan saat pandemi adalah wisata bahari kapal layar dan selam.

Hal tersebut juga senada dengan penuturan Dosen Program Studi Pariwisata Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Dr. Diaz Pranita, seperti yang dikutip dari laman Kumparan.com.

Menurutnya, di tengah pandemi Corona sekarang ini, ada sembilan jenis wisata minat yang semakin digandrungi oleh masyarakat, salah satunya wisata bahari kapal layar dan selam.

Wisata tersebut kian ramai digandrungi oleh semua kalangan, terlebih oleh para artis tersohor tanah air.

Mereka ramai mendatangi tempat wisata bertemakan keindahan laut yang terletak di Perairan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Wisata tersebut disebut pula wisata berpesiar dengan Pinisi.

Di sana, pengunjung bisa menikmati suara ombak laut, dan bila memungkinkan pengunjung juga diperbolehkan untuk memancing, snorkling, hingga diving.

Selain mencoba aktivitas tersebut, wisatawan juga akan diajak untuk berkunjung ke Pulau Komodo, Pantai Pink, hingga tempat wisata lainnya yang tak kalah bagus.

Untuk kisaran biayanya sendiri, wisata bahari ini harganya bisa mencapai Rp950 ribu untuk satu kali perjalanan, hingga Rp4 juta per orang untuk paket menginap.

Mau Jalan-jalan Hemat Bujet? Kartu Kredit Solusinya!

Jadi, sudah tahukan apa saja jenis wisata yang diminati wisatawan saat pandemi?

Nah, berlibur di momen akhir tahun nanti enggak ada salahnya kok, asalkan kamu memperketat protokol kesehatan sendiri.

Terus, selama menikmati masa berlibur, ada baiknya sih kamu memiliki kartu kredit agar segala biayanya lebih hemat, terlebih di musim akhir tahun ini pasti banyak promo menarik.

Belum punya kartu kredit? Gampang, kamu bisa langsung ajukan di CekAja.com, bahkan setelah membaca artikel ini.

Di CekAja pula, kamu bisa membandingkan dulu mana produk kartu kredit yang sekiranya paling sesuai dengan gaya hidup, kebutuhan, maupun bujetmu.

Kapanpun dan dimanapun, kamu bisa apply kartu kredit di CekAja.com, karena proses pengajuannya secara online dan tentu saja praktis.

Yuk, buruan langsung apply kartu kredit dari CekAja.com, dan nikmati seluruh promo terbarunya.