Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Jika Belum Lakukan 5 Kebiasaan Ini, Kamu Gak Akan Pernah Kaya

by Rafly Aditia on 29 April, 2016

tips kaya _ investasi - CekAja.com

Kamu mau sukses dan kaya raya? Tetapi bingung bagaimana menggapai mimpi tersebut? Simpel saja kok, kamu hanya perlu mengubah kebisaan-kebiasaan buruk yang biasa dilakukan. Setelah itu, lakukan beberapa kebiasaan yang positif dan bisa mendorongmu untuk lebih cepat sukses dan kaya raya. Nah, penasaran kenapa kamu belum juga sukses dan kaya raya sampai sekarang? Mungkin kamu belum melakukan 5 kebiasaan berikut yang bisa bikin kaya raya:

Investasi dari sekarang

Sebagai seorang yang ingin kaya raya, investasi merupakan hal yang harus kamu lakukan. Langkah pertama merupakan langkah yang paling sulit, tetapi apabila dilakukan maka ke depannya akan lebih mudah. Mulai sekarang, kalau kamu menerima gaji setiap bulan coba sisihkan sedikit uang untuk investasi rutin.

Misal, penghasilan kamu sebanyak Rp 10 juta per bulan. Cobalah sisihkan 20% atau sekitar Rp 2 juta setiap bulan untuk berinvestasi. Pilihan instrumen investasi banyak macamnya, tetapi gak ada salahnya mencoba untuk investasi deposito dengan uang tersebut. Dengan berinvestasi harta yang kamu miliki dapat berkembang hingga berkali-kali lipat.

Gunakan tabungan rencana

Hari gajian merupakan hari yang paling ditunggu. Terkadang, karena terlarut dalam euforia hari gajian kamu bisa belanja gila-gilaan dan menghabiskan uang banyak. Padahal, seharusnya kamu mengutamakan tabungan terlebih dahulu saat mendapatkan gaji tersebut.

Maka dari itu, sebaiknya manfaatkan fitur tabungan otomatis atau tabungan rencana agar setiap tanggal gajian uang tabunganmu dapat didebet secara otomatis. Hal ini sama saja melindungi kamu dari pemakaian uang tabungan yang sampai sekarang masih sering kamu lakukan. Ingatlah pepatah “Rajin menabung, pangkal kaya”.

Jangan gunakan limit maksimal pada kartu kredit

Banyak orang yang merasa bahwa semakin besar limit kartu kredit hingga angka maksimal semakin baik. Padahal sebenarnya hal tersebut kurang baik untuk keuanganmu. Karena kartu kredit dengan limit maksimal cenderung membuat nafsu untuk belanja terus menggebu.

Akhirnya, kamu menggunakan kartu kredit tersebut untuk hal-hal yang sebenarnya kurang penting. Untuk itu, gunakan kartu kredit sewajarnya dengan limit yang cenderung normal. Kamu akan lebih bijak dalam belanja serta dapat mengatur keuangan dengan baik.

(Baca juga: 7 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin mata Minus Kembali Normal)

Hiduplah layaknya orang miskin

Banyak orang sukses dan kaya raya memiliki prinsip hidup yang unik. Salah satunya adalah prinsip “Hidup layaknya orang miskin”. Maksudnya, walau kamu memiliki pendapatan yang cukup besar maka kamu tidak perlu meningkatkan konsumsi yang membuat pengeluaran membengkak.

Tetaplah hidup dalam batas normal, tidak perlu mengikuti gaya hidup yang kekinian yang bisa membuat pengeluaranmu lebih besar dibandingkan pemasukan. Dengan melakukan hal ini, kamu bakal punya uang lebih banyak untuk menabung dan berinvestasi. Bahkan kamu juga bisa untuk membuka sebuah bisnis baru.

Memiliki tujuan yang jelas

Semua orang sukses dan kaya punya tujuan hidup yang jelas. Mulai dari tujuan-tujuan kecil hingga tujuan besar yang harus dicapai dalam hidup sudah mereka catat dengan baik. Bukan cuma itu saja, kalau kamu mau sukses juga harus memiliki rencana bagaimana untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Pastikan bahwa rencana itu memang masuk akal dan sesuai dengan kemampuan. Sehingga nantinya, tujuan yang kamu inginkan benar dapat tercapai. Utamakan untuk meraih tujuanmu terlebih dahulu dalam melakukan setiap pekerjaan.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.