Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Jika Belum Punya Sejumlah Hal Ini, Tandanya si Dia Belum Siap Menikah

by Surtan Siahaan on 23 Februari, 2016

persiapan pernikahan _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Umur hubungan sudah bertahun-tahun, bahkan kedua keluarga sudah saling mengenal satu sama lain. Tapi, mengapa si dia belum juga berencana datang ke rumah untuk melamar? Sepertinya, pertanyaan ini sering dilontarkan para perempuan yang secara umur matang untuk menikah.

Semakin bertambahnya usia dan semakin tingginya biaya nikah, tidak sedikit yang mendesak pasangannya untuk datang melamar. Namun, jawabannya justru buntu. Nah, para perempuan, biasanya, kaum pria punya sejumlah alasan menunda melanjutkan hubungan ke tingkat yang lebih serius.

Untuk tahu jawabannya, kali ini CekAja mewawancarai sejumlah sumber yang cukup layak sebagai representasi baik dari segi usia, pekerjaan maupun umur hubungan. Berikut ini sejumlah faktor tersebut:

1. Belum punya tabungan rumah

Ini adalah alasan yang paling banyak disebutkan. Salah satunya adala Heronimus Panggabean (29) karyawan perusahaan swasta di Tangerang, Banten. Menurutnya, pernikahan bukan sekadar ikatan komitmen dan institusi, melainkan tanggungjawab.

Belum lagi sebagai suku Batak, pernikahan adat sudah seperti keharusan. Sementara, biaya menikah secara adat disebutnya tidak kecil. “Itu belum perhitungan mengenai kesiapan finansial setelah menikah seperti tempat tinggal,” tuturnya.

(Baca juga: Cara Bisnis Undangan Pernikahan dengan Modal Minim)

2. Belum punya rumah

Hal senada juga disampaikan Deovantus (28). Pebisnis yang berdomisili di Jakarta ini sudah menjalin hubungan dengan pacaranya selama 4 tahun. Deovantus bilang, saat membayangkan faktor kemapanan, keberanian untuk menikahi pacarnya selalu menghilang.

Salah satu yang paling dipikirkannya adalah rumah. Karena tidak dapat membayangkan tinggal di rumah orang tua setelah menikah, dia bertekad untuk punya rumah terlebih dahulu sebelum menikah. Namun, harga rumah yang tinggi di Jakarta dan sekitarnya membuat rencana pernikahan harus tertunda lebih lama lagi.

3. Pekerjaan belum mapan

Faktor satu ini, meskipun tidak banyak diungkapkan, juga kerap menjadi alasan pria menunda pernikahan. Sebelum memasuki dunia pernikahan, sebagian pria berkeinginan untuk mapan, setidaknya soal pekerjaan.

Hal ini disampaikan Leo (25) yang berprofesi sebagai staf marketing sebuah perusahaan asuransi. Meski sudah menjalin hubungan dengan pacarnya selama 5 tahun, Warga Bandung Jawa Barat ini ingin lebih dulu mencapai karir yang lebih mapan. Sebab, kesibukannya yang padat sekarang tidak memungkinkannya mengurusi persiapan pernikahan.

(Baca juga: Cara Mudah Mengatur Keuangan Keluarga Buat yang Baru Nikah)

4. Belum dapat restu orang tua

Jika pacar kamu sudah cukup mapan baik secara finansial dan pekerjaan, bisa jadi masalahnya di luar kalian berdua. Contohnya seperti restu orang tua. Maklum, bagi masyarakat timur, pernikahan bukan urusan dua orang melainkan dua keluarga.

Edmon (30) seorang dosen di Makassar juga punya masalah yang serupa. Secara penghasilan, pekerjaandan dan biaya pernikahan sudah cukup. Namun, rencanannya menikah selalu tertunda karena restu orang tua yang belum kunjung diterima.

Jika punya pengalaman seperti ini, cobalah untuk mencari tahu dengan mengajak pasangan berdiskusi dan mencari solusi. Seridaknya, kamu bisa mengukur apakah hubungan tersebut bisa berlanjut atau tidak.

Tentang Penulis