Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Jika Ingin Rezeki Lancar, Hal-hal Ini Pantang dilakukan Saat Imlek

by Ariesta on 8 Februari, 2016

peruntungan bisnis tahun ayam api 2017 - CekAja.com

Bagi orang Tionghoa, momen tahun baru Imlek diharapkan dapat membawa keberuntungan. Oleh karenanya, mereka percaya jika  melakukan, menghadirkan benda-benda, dan menyantap makanan  tertentu saat Imlek dipercaya mendatangkan kemujuran.

Orang Tionghoa percaya jika menyantap tangerine, mi, kue keranjang, cap cay, dan ikan utuh dipercaya mendatangkan rezeki epanjang tahun serta menghindarkan diri dari nasib buruk. Begitu pula sebaliknya, ada pantangan-pantangan yang tidak boleh dilakukan karena dianggap mengundang kesialan. Hindari melakukan hal-hal di bawah ini di hari imlek jika ingin mujur sepanjang tahun.

Membersihkan rumah

Seluruh rumah harus dibersihkan sebelum tahun baru berlangsung. Saat hari imlek, semua sapu, sikat, kemoceng, dan alat-alat kebersihan lainnya harus disembunyikan. Menyapu atau membersihkan debu tidak boleh dilakukan pada hari imlek karena dianggap dapat menyapu keberuntungan.

Setelah imlek selesai, lantai boleh disapu, namun tetap ada aturannya. Dimulai dari pintu, debu dan kotoran disapu ke tengah ruangan lalu ditempatkan di sudut-sudut dan boleh dibuang sampai hari kelima. Jika terbuang, keluarga tersebut berarti membuang rezeki.

(Baca juga: Trik Memaksimalkan Diskon Belanja Online di Momen Imlek)

rp_CekAja-Daftar-Kartu-Kredit-belanja-online-harbolnas- CekAja.com

Keramas

Di hari Imlek, orang yang merayakannya dilarang mencuci rambut atau keramas karena dianggap membuang keberuntungan selama setahun ke depan. Dalam Bahasa Mandarin, pengucapan kata rambut (发) dan karakter huruf sama dengan fa dalam facai (发财) yang artinya menjadi kaya. Oleh karenanya, keramas di hari tahun baru dianggap menghilangkan kekayaan.

Mencuci baju

Sama halnya dengan keramas, mencuci baju saat imlek dianggap tabu karena bisa melarutkan rezeki. Selain itu hari pertama dan kedua imlek dianggap sebagai ulang tahun dewa air Shuishen. Semua kegiatan mencuci harus dilakukan sebelum hari tahun baru.

Memakai baju warna hitam atau putih

Baju warna merah dianggap melambangkan kebahagiaan dan masa depan cerah. Sebaliknya baju warna hitam atau putih berarti melambangkan kematian dan duka.

(Baca juga: 5 Tradisi Positif Saat Imlek yang Bisa Kita Tiru)

Makan bubur

Bubur sebaiknya tidak disantap di tahun baru Imlek karena dianggap makanan orang kurang mampu. Semua orang pasti ingin kelimpahan sepanjang tahun. Oleh karenanya nasi haruslah menjadi makanan pertama yang disantap di awal tahun dengan harapan seluruh anggota keluarga akan sejahtera.

Menggunakan pisau, jarum, dan gunting

Penggunaan pisau, jarum, dan gunting harus dihindari untuk menghindari kecelakaan (terluka). Kecelakaan yang terjadi di permulaan tahun dianggap sebagai penanda buruk. Selain itu penggunaan alat-alat tersebut bisa membuat kekayaan menipis di tahun mendatang .

Menangis

Buat kamu yang suka galau atau baru putus dari mantan harus menahan diri untuk tidak menangis di tahun baru imlek. Menangis dipercaya membawa keburukan tidak hanya pada diri sendiri tapi juga pada keluarga.

Oleh karenanya, para orangtua berusaha agar jangan sampai anak mereka menangis. Orangtua juga tidak menghukum senakal apapun anak mereka.

Berkata buruk

Setiap orang dilarang mengatakan kata kasar, buruk, atau yang berkaitan dengan ketidakberuntungan. Contohnya mengucapkan kata ‘empat’ (ssu) yang terdengar seperti kata ‘mati’ dalam bahasa Mandarin.

Mati dan kematian adalah hal tabu untuk dibahas, begitu pula dengan cerita hantu. Membahas masa lalu juga sangat dihindari karena tahun batu berarti memulai awal yang baru.

(Baca juga: Mau Nikmati Serunya Perayaan Imlek di Beberapa Wilayah Indonesia? Ini Bujet yang Mesti Disiapkan)

Membiarkan orang lain mencuri

Jangan biarkan orang lain mengambil benda termasuk uang dari dalam sakumu. Semua benda berharga harus disimpamn ditempat yang aman. Jika mengalami kecurian di hari Imlek, hal ini diyakini kekayaanmu akan dicuri orang lain di tahun mendatang.

pinjaman tanpa jaminan kta tanpa agunan-CekAja.com

Tentang Penulis