Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Jika Rajin Lakukan Perawatan Sederhana Ini, Mobil Bekas Bisa Laku dengan Harga Tinggi

by Surtan Siahaan on 23 Mei, 2017

tips jual mobil_kredit kendaraan bermotor - CekAja.com

Mobil pertama tentu punya ikatan emosianal yang tinggi dengan pemiliknya. Maklum, untuk membelinya dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah.

Apalagi jika kendaraan itu dibeli menggunakan kredit kendaraan bermotor. Namun, ada kalanya pemilik mobil harus merelakan mobil pertamanya itu untuk dijual kembali. Alasannya bisa karena butuh uang cepat atau ingin membeli mobil baru yang lebih cocok dengan kondisi keluarga saat ini.

Namun, menjual mobil bekas bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi jika kita ingin harga jual yang bagus. Selain diperlukan strategi dagang yang cerdas, kondisi mobil juga harus prima. Nah, berikut ini perawatan sederhana yang bisa dilakukan agar mobil bekas tetap punya harga jual tinggi.

Gunakan BBM sesuai anjuran pabrik

Mesin adalah komponen mobil paling utama. Jika mesin rusak, harga mobil yang dijual kembali tentu akan terjun bebas. Sebenarnya merawat mesin mobil tidak sulit. Cukup lakukan servis rutin. Selain itu, selalu gunakan BBM sesuai anjuran pabrik.

Misalnya, jika mobil keluaran terbaru sebaiknya selalu diisi dengan bensin beroktan 92 dan RON 95, jangan paksakan dengan bensin beroktan 88. Selain bikin akselerasi mobil tidak lagi mantap, kebiasaan ini juga bisa membuat mesin mobil tak prima dalam jangka waktu lama.

Tidak membawa muatan berlebih

Shockbreaker adalah bagian terpenting pada kaki-kaki kendaraan. Biasanya, pembeli yang berniat membeli untuk kebutuhan transportasi sehari-hari, atau untuk kendaraan mudik, pasti akan mengecek bagian ini. Bila kaki-kaki sudah tidak prima, pembeli biasanya malas karena mengganti komponen ini cukup mahal.

Nah, agar shockbreaker mobil lebih awet biasakan tidak membawa beban berlebihan. Bawalah penumpang sesuai dengan kursi penumpang yang ada. Bila mobil hanya memiliki 4 seater, jangan paksakan membawa hingga 6 orang dalam satu mobil.

Hindari menutup mobil dengan sarung saat basah

Dari segi tampilan luar, body mobil akan sangat menunjang penjualan. Bila body masih mulus, yang terlihat dari cat mengkilap, tentu pembeli akan tahu bila pemilik sebelumnya pandai merawat mobil. Nah, ada tips sederhana yang bisa membuat cat mobil tetap awet.

Pertama, jangan biasakan menutup mobil dengan sarung dalam keadaan basah. Alasannya, kondisi lembab akan membuat cat rusak. Kedua, jangan terlalu sering memarkir mobil di tempat panas. Hal ini juga bisa membuat cat mobil kusam dalam jangka panjang.

Rajin mengisi elektrolit aki

Harga aki mobil cukup mahal. Selain itu, aki yang rusak juga bisa merembet pada komponen lain. Lagi pula, siapa sih pembeli yang akan tertarik ketika mencoba sebuah mobil tapi mobil tersebut mogok di jalan karena akinya rusak. Merawat aki sebenarnya cukup mudah.

Cukup jaga ketinggian permukaan elektrolit aki, mengarahkan kipas radiator agar panasnya tidak langsung mengarah ke aki dan menjaga kebersihan permukaan baik di terminal positif dan negatif dari kerak dan kotoran. Jika rutin melakukan ini, umur aki kendaraan bisa semakin panjang.

Hindari merokok saat AC menyala

AC juga komponen yang bisa meningkatkan harga jual mobil. Jika saat mobil dicoba AC terasa dingin, calon pembeli bisa semakin berminat pada mobil tersebut. Nah, agar AC mobil lebih awet ada beberapa tips yang harus dilakukan seperti rutin membersihkan kabin, tidak merokok saat AC mobil menyala dan pastikan AC dalam keadaan mati ketika menyalakan mesin mobil. Dengan kebiasaan-kebiasaan sederhana ini, AC mobil bisa lebih awet dan tahan lama.

Tentang Penulis