Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Jika Resolusi Finansial Kamu di 2019 adalah Lunasi Utang, Ini Caranya

by Rafly Aditia on 31 Desember, 2015

lunasi utang - CekAja.comBerbicara tentang tahun baru, tentunya kamu harus mempersiapkan sesuatu yang baru, sebuah resolusi untuk menjadi lebih baik di masa depan dibandingkan dengan sekarang. Salah satu resolusi yang wajib kamu buat adalah mengenai resolusi finansial.

Kamu bisa membuat resolusi keuangan atau finansial di awal tahun dengan mengutamakan pelunasan utang-utang yang menumpuk di kartu kreditmu. Dengan semangat serta berbagai bonus yang datang menghampirimu di awal tahun, kamu bisa memanfaatkannya untuk melunasi utang-utangmu.

Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena semakin lama kamu menunda untuk membayar utang-utang yang ada dalam kartu kreditmu maka bunga yang dikenakan juga akan semakin tinggi. Hal tersebut akan membuat kamu semakin kesulitan dalam melakukan pelunasan utang, sehingga kamu memerlukan waktu yang lebih lama dalam melunasi utang tersebut.

(Baca Juga: Lima Tips Pakai Kartu Kredit Bebas Utang)

Untuk melunasi utang yang melilitmu saat ini, kamu dapat melakukan 3 strategi berikut di awal tahun 2019 nanti;

Kuras isi tabunganmu

Untuk menyelesaikan utangmu. Ini merupakan salah satu cara ekstrim yang bisa dibilang cukup efektif. Tidak ada salahnya untuk melunasi kewajiban terlebih dahulu, baru setelah itu kamu bisa mengisi kembali tabunganmu tanpa harus dipusingkan dengan tagihan-tagihan yang masuk ke kartu kreditmu.

Jual barang-barang bekas

Kamu dapat menjual barang-barang bekas terpakai dan masih memiliki kondisi cukup bagus. Daripada barang-barang tersebut mengendap di lemari, atau memenuhi gudang dan tidak dimanfaatkan lebih baik diuangkan bukan?.

Kurangi Konsumsimu

Ya, ini merupakan salah satu cara aman dan efektif untuk melunasi hutangmu. Kurangi jatah konsumsi harianmu, jangan terlalu sering hangout bersama teman atau pasanganmu lalu bayarlah cicilan bulanan dalam jumlah yang lebih besar sehingga kamu bisa lebih cepat melunasi utang-utangmu.

(Baca Juga: Dada Semakin Sesak dengan Utang Menumpuk? Gunakan Trik Ini untuk Menyelesaikannya)

Ketiga cara tersebut dapat kamu lakukan saat awal tahun 2018 nanti, untuk itu kamu sudah harus mulai mempersiapkannya sejak saat ini. Ingat, tetaplah fokus dan berada di jalur perencanaan keuangan yang telah kamu tetapkan.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami