Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

9 menit waktu bacaan

Tidak Cukup Berduit, Jangan Coba-coba Tempat Wisata Ini

by Tisyrin on 28 Juli, 2017

tempat wisata termahal _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Beberapa daerah di dunia masuk dalam daftar kota termahal dan termurah untuk liburan. Tempat wisata di Eropa dan Amerika masuk urutan berbiaya mahal.

Predikat kota-kota termahal untuk sebuah liburan tersebut diungkapkan oleh Hoppa, perusahaan penyedia transfer bandara independen terbesar di seluruh dunia. Melalui risetnya, Hoppa meneliti 84 lokasi wisata di dunia dan mengurutkannya dari yang termahal hingga yang termurah. Dasar perhitungannya adalah rata-rata tarif hotel, harga makanan, minuman, taksi dan hiburan yang bisa dihabiskan satu orang per malam di kota tersebut.

Hasilnya, ada Zurich di Swiss sebagai kota termahal dan ibu kota Bulgaria yaitu Sofia sebagai kota yang termurah untuk dikunjungi pada 2017. Penasaran siapa kota termahal di dunia dan dan kota termurah yang bisa dikunjungi menurut penelitian ini, berikut adalah daftarnya:

Kota Zurich – Swiss

Biaya: 170,43 pound sterling /  Rp2,97 juta per malam

Apa yang terbayang ketika mendengar kata Swiss? Pegunungan dan salju? Namun, jika punya keinginan untuk liburan ke Swiss tepatnya ke Kota Zurich, nampaknya perlu berpikir ulang. Sebab, menurut riset tersebut Zurich mendapat predikat kota termahal untuk berwisata.

Penyebab menjadi kota termahal bagi para pelancong salah satunya karena tarif hotel di Zurich dianggap mahal. Pasalnya, meski menemukan hotel mungil di Zurich, jangan heran apabila tarifnya tinggi. Namun biasanya, meskipun tarifnya tinggi, akan sebanding dengan pemandangan indah yang ditawarkan.

Karena itu, walau dianggap termahal, namun Zurich masih jadi wilayah favorit untuk liburan. Pesona pegunungan, danau, sungai, hingga bangunan bersejarah bisa dinikmati di kota ini. Bahkan, Zurich pernah mendapat predikat sebagai kota dengan kualitas hidup terbaik di dunia.

Mengunjungi Zurich tak lengkap apabila belum melihat Danau Zurich. Di sekitar danau, terdapat pemukiman orang-orang kaya yang punya kapal pribadi. Wisatawan juga bisa berkeliling menggunakan kapal pesiar di sepanjang Sungai Limmat. Tempat menarik lainnya adalah gedung-gedung bersejarah hingga butik-butik bertaraf internasional. Zurich juga cocok sebagai tempat berburu aksesoris eksklusif.

Selain merupakan pusat bisnis, Zurich  juga menyimpan kekayaan budaya. Terdapat setidaknya 50 museum di Zurich, 27 perpustakaan, dan kurang lebih 100 galeri seni, serta institusi budaya seperti gedung opera, teater, serta pusat konser yang menghasilkan karya seni klasik maupun modern.

Selain pegunungan dan salju, Swiss juga terkenal berkat cokelat nan lezat. Karena itu, pabrik cokelat di Zurich juga menjadi tujuan wisata yang menarik.

Meski jalan-jalan di Zurich bisa menghabiskan dana selangit, para pelancong tetap bisa melakukan upaya penghematan misalnya dengan membeli ZurichCard untuk menekan biaya transportasi dan tiket masuk ke museum.

Kota New York – Amerika Serikat

Biaya: 152,20 pound sterling / Rp2,74 juta per malam

Daya tarik utama New York adalah patung Liberty yang tersohor. Patung wanita memegang obor tersebut telah menjadi ikon Amerika Serikat. Selain patung Liberty, secara umum New York adalah kota gemerlap dengan deretan gedung pencakar langit dan menjanjikan hiburan kelas atas.

Coba saja menonton teater Broadway yang berkualitas tinggi baik dari segi tata panggung hingga akting para pemainnya, dan jangan kaget dengan harga tiketnya yang membuat kantong menjerit.

Selain teater Broadway, para pelancong kerap mengunjungi Empire State Building, sebuah gedung setinggi 443,2 meter. Empire State Building adalah gedung tertinggi ke-23 di dunia. Apa yang diperoleh jika datang ke sana? Pelancong akan terkagum-kagum dengan pemandangan New York dari ketinggian.

Sementara para penggila belanja biasanya menjejakan kaki di Fifth Avenue. Fifth Avenue merupakan salah satu pusat perbelanjaan termahal di dunia. Mudah sekali menjumpai merek-merek kelas atas seperti Gucci dan Louis Vuitton di Fifth Avenue.

Yang tak boleh terlewatkan oleh para pelancong ketika ke New York yaitu pusat hiburan yang sangat sibuk, Times Square. Sementara jika ingin suasana santai, Central Park adalah pilihan yang tepat. Central Park merupakan taman indah yang paling banyak pengunjungnya di Amerika Serikat.

Kota Kopenhagen – Denmark

Biaya: 150,72 pound sterling / Rp2,63 juta per malam

Berbeda dengan New York yang sibuk, Kota Kopenhagen lebih santai karena hampir tak ada gedung pencakar langit di sana. Selain itu, masih banyak warganya yang menggunakan sepeda untuk beraktivitas sehari-hari.

Tempat menarik di Kopenhagen antara lain Amalienborg Palace, istana tempat tinggal keluarga kerajaan Denmark. Wisatawan juga dapat melihat bangunan warna-warni di Nyhavn, yang merupakan kawasan dengan kanal cantik.

Denmark juga punya Taman Tivoli, taman hiburan tertua kedua di dunia yang sudah ada sejak 1843. Tempat ini cocok bagi wisatawan yang membawa keluarga saat berlibur ke Kopenhagen. Sayangnya, perlu perhitungan matang sebelum mengunjungi Kopenhagen, mengingat kota ini masuk di deretan kota termahal untuk berwisata.

Kota Oslo – Norwegia

Biaya: 147,36 pound sterling / Rp2,57 juta per malam

Kota Oslo di Norwegia memiliki Vigeland Park yang menyimpan ratusan patung manusia tanpa busana karya Gustav Vigeland. Patung-patung tersebut terbuat dari perunggu, granit, hingga besi tempa.

Yang tak kalah menarik di Oslo antara lain The Holmenkollen Ski Jump yang merupakan lokasi kompetisi ski jump. Di area tersebut ada Museum Ski tertua di dunia yang berdiri sejak 1923.

Ada pula Viking Ship Museum yang mengajak pengunjungnya untuk lebih mengenal suku Viking. Museum ini buatan seorang professor asal Swedia pada 1913. Selain itu, saat berada di Oslo, wisatawan juga bisa mendatangi Oslo Opera House, pusat pertunjukan di Norwegia.

Kota Stockholm – Swedia

Biaya: 131,14 pound sterling / Rp2,29 juta per malam

Berlibur di Kota Stockholm, wisatawan dapat mengunjungi kawasan kota tua terbesar di Eropa yaitu Gamla Stan. Di kawasan ini, terdapat berbagai tempat menarik seperti Museum Nobel, katedral hingga Royal Palace. Seperti namanya, Museum Nobel menyimpan berbagai informasi mengenai penghargaan Nobel yang telah diberikan sejak 1901.

Kawasan yang juga menarik adalah Djurgarden. Selain memiliki taman yang nyaman, kawasan tersebut memiliki deretan bangunan bersejarah, museum, pelabuhan yacht, hingga galeri. Salah satu museum di sana adalah Nordic Museum yang bangunannya berdiri sejak 1873. Daya tarik museum ini adalah koleksi tentang kehidupan masyarakat Nordik di masa lampau, sekitar 500 tahun lalu.

Untuk berkeliling Stockholm, wisatawan dapat mencicipi wisata kapal alias boat tour. Menyenangkan bukan? Sayangnya, wisatawan harus merogoh kocek lumayan untuk menginap di Stockholm.

Kota Venesia – Italia

Biaya: 127,03 pound sterling / Rp2,2 juta per malam

Siapa yang tak kenal Venesia? Kota Venesia dibangun di atas air sehingga terkenal sebagai kota terapung. Wisatawan dapat mengunjung St. Mark’s Square yang merupakan alun-alun Kota Venesia. Daya tarik kota ini adalah bangunan dengan arsitektur menawan serta burung merpati yang memadati alun-alun.

Bangunan menarik di sekitar alun-alun adalah St. Mark’s Basilica, gereja kenamaan yang berdiri sejak 1.094. Arsitektur gereja ini campuran antara timur dan barat. Tak hanya itu, ada Doge’s Palace yang menjadi salah satu landmark Kota Venesia yang saat ini berfungsi sebagai museum.

Yang tak boleh terlewat ketika datang ke Venesia tentu saja adalah naik gondola. Betapa romantisnya bukan mengeliling kota air yang memiliki bangunan-bangunan indah? Tak heran, banyak pasangan dari seluruh dunia menjadikan Venesia sebagai lokasi bulan madu. Meskipun harus merogoh kocek yang lumayan, pesona Venesia membuat banyak orang rela mengeluarkan uangnya.

Kota Amsterdam – Belanda

Biaya: 126,47 pound sterling / Rp2,2 juta per malam)

Belanda yang terkenal dengan kincir anginnya juga masuk dalam daftar kota termahal untuk wisatawan. Wisatawan dapat melihat kincir angin kuno di Amsterdam, yaitu Molen De Gooyer. Molen De Gooyer juga merupakan kincir angin kayu tertinggi di Belanda.

De Gooyer lokasinya bersebelahan dengan tempat pembuatan bir yang terkenal di Amsterdam. Di sana, wisatawan dapat mengintip proses pembuatan bir dan mencicipi bir segar.

Tempat lain yang menarik di Amsterdam adalah De Waag atau The Weight House, bangunan tua yang menyerupai kastil cantik yang berdiri sejak 1488. Saat ini bangunan tersebut berfungsi sebagai restoran, sehingga wisatawan bisa sekaligus berwisata kuliner.

Selain itu ada Rijksmuseum, museum yang paling banyak pengunjungnya di Belanda. Pada 2013 saja, jumlah pengunjungnya mencapai 2,2 juta orang.

Kota Honolulu – Amerika Serikat

Biaya: 124,23 pound sterling / Rp2,17 juta per malam)

Honolulu merupakan ibu kota Hawaii. Hawaii adalah kawasan kepulauan yang merupakan negara bagian Amerika Serikat. Lalu apa saja tempat menarik di Honolulu? Ada Pearl Harbour, tempat yang tergolong bersejarah karena memiliki fungsi penting ketika Perang Dunia II.

Di Honolulu, wisatawan juga dapat melihat gedung dengan arsitektur unik, salah satunya gedung berbentuk kerucut yang melambangkan gunung berapi yaitu State Capitol Building.

Hawaii terkenal dengan keindahan pantainya. Karena itu, wisatawan yang mengunjungi Honolulu tentu saja wajib menikmati keindahan pantai di sana. Hanya saja, wisatawan perlu menyiapkan dana cukup besar untuk menginap di Honolulu.

Kota Roma – Italia

Biaya: 123,37 pound sterling / Rp2,15 juta per malam)

Daya tarik utama Roma adalah Collosseum, berupa gedung pertunjukan besar dengan 80 buah pintu. Inilah lokasi wajib untuk berfoto bagi para pelancong yang mengunjungi Roma.

Wisatawan yang datang ke Roma juga bisa mengunjungi bangunan bersejarah bernama Pantheon yang saat ini berfungsi sebagai gereja. Desainnya unik yaitu berbentuk melingkar dengan atap segitiga. Bangunan ini sudah ada sejak abad ke-7 tetapi kondisinya masih sangat terawat dengan baik.

Roma juga punya museum yang terkenal yaitu Museum Vatikan. Pengunjung dapat melihat karya dari seniman luar biasa Michelangelo. Pecinta lukisan wajib datang ke tempat ini.

Di Roma, ada pula Basilika Santo Petrus yang konon merupakan gereja terbesar, bukan hanya di Roma tetapi juga di dunia.

Kota Caracas – Venezuela

Biaya: 123,08 pound sterling / Rp2,15 juta per malam

Kota Caracas merupakan ibu kota Venezuela. Caracas berada di lembah yang dikelilingi oleh pegunungan. Kota ini memiliki bangunan bersejarah dan menawarkan pemandangan indah. Wisatawan bisa mengunjungi Katedral Caracas atau Istana Miraflores.

Jika ingin makan, minum, hingga bersosialisasi, wisatawan dapat mengunjungi Chacao. Sementara apabila ingin melihat bangunan dengan arsitektur yang indah, bisa mendatangi Iglesia de San Francisco. Dan bagi penyuka wisata alam, tempat yang cocok untuk dikunjungi adalah pegunungan Parque Nacional El Avila.

Meskipun tergolong mahal untuk berwisata di Caracas, wilayah ini punya kekurangan yaitu termasuk wilayah yang kurang aman karena rawan kejahatan.

Daftar kota di Eropa mendominasi paling mahal

Berikut adalah tabel daftar kota termahal hingga termurah di dunia untuk berwisata dan liburan menurut riset Hoppa.

(Peringkat berdasarkan rata-rata harga hotel, makanan, minuman, taksi dan hiburan, per orang, per malam)

No Kota Biaya dalam pound sterling Biaya dalam rupiah
1 Zurich 170,43 2,97 juta
2 New York 157,29 2,74 juta
3 Kopenhagen 150,72 2,63 juta
4 Oslo 147,36 2,57 juta
5 Stockholm 131,4 2,29 juta
6 Venesia 127,03 2,2 juta
7 Amsterdam 126,47 2,2 juta
8 Honolulu 124,23 2,17 juta
9 Roma 123,37 2,15 juta
10 Caracas 123,08 2,15 juta
11 Dublin 122,80 2,14 juta
12 London 121,41 2,12 juta
13 Dubai 120,64 2,1 juta
14 Doha 118,10 2,06 juta
15 Paris 116,99 2,04 juta
16 Manama 116,77 2,04 juta
17 Tokyo 116,27 2,03 juta
18 Las Vegas 115,12 2 juta
19 Helsinki 114,89 2 juta
20 Hong Kong 110,14 1,92 juta
21 Edinburg 108,39 1,89 juta
22 Sidney 105,44 1,84 juta
23 Auckland 104,63 1,82 juta
24 Singapura 103,25 1,8 juta
25 Ibiza 98,02 1,71 juta
26 Barcelona 97,38 1,7 juta
27 Toronto 96,75 1,69 juta
28 Brussels 95,33 1,66 juta
29 Wina 92,83 1,62 juta
30 Palma 89,95 1,57 juta
31 Amman 88,70 1,55 juta
32 Punta Cana 88,61 1,54 juta
33 Havana 88,58 1,54 juta
34 Seoul 81,00 1,41 juta
35 Berlin 80,91 1,41 juta
36 Accra 80,84 1,41 juta
37 Athena 76,93 1,34 juta
38 Lisbon 73,27 1,28 juta
39 Dubrovnik 71,63 1,25 juta
40 Nairobi 71,40 1,24 juta
41 Cancun 70,40 1,23 juta
42 Arrecife 70,17 1,22 juta
43 Rio de Janeiro 70,17 1,22 juta
44 Corralejo 70,02 1,22 juta
45 Buenos Aires 69,69 1,21 juta
46 Tallinn 69,34 1,21 juta
47 Santiago 68,67 1,2 juta
48 Riga 67,77 1,18 juta
49 Taipei 67,64 1,18 juta
50 Santa Cruz 67,16 1,17 juta
51 Moscow 66,83 1,16 juta
52 Quito 66,55 1,16 juta
53 Benidorm 66,18 1,15 juta
54 Lagos 62,46 1,09 juta
55 Cape Town 61,52 1,07 juta
56 Beijing 61,49 1,07 juta
57 Lima 61,03 1,06 juta
58 Praha 59,50 1,04 juta
59 Paphos 58,86 1,03 juta
60 Dakar 57,74 1 juta
61 Las Palmas 57,59 1 juta
62 Budapest 56,69 988.673
63 Marrakesh 56,56 986.406
64 Andora la Vella 56,45 984.488
65 Jakarta 55,91 975.070
66 Johannesburg 55,75 972.280
67 Mumbai 55,05 960.072
68 Chania 54,81 955.886
69 Bangkok 54,73 954.491
70 Makkah 53,16 927.110
71 Ho Chi Minh City 52,69 918.913
72 Krakow 52,66 918.390
73 Kampala 52,13 909.147
74 Kuala Lumpur 51,71 901.882
75 Sliema 51,64 900.601
76 Mexico City 50,62 882.812
77 Manila 46,90 817.936
78 Kiev 46,73 814.971
79 Siem Reap 44,89 782.881
80 Antalya 43,97 766.836
81 Bukares 43,87 765.092
82 Cartagena 39,70 692.368
83 Kairo 39,09 681.729
84 Sofia 38,21 666.382

Keterangan: (1 rupiah = 17.440 per pound sterling)

Sumber: Hoppa

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.