Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Jokowi, Ayu Ting Ting, dan Sederet Hal Menarik di Instagram Tahun Ini

by Miftahul Khoer on 23 Desember, 2019

Di penghujung tahun, Instagram merilis tren apa saja yang terjadi di Indonesia sepanjang 2019. Tahun ini misalnya, menurut Instagram pengguna sangat suka mengunggah momen di saat bahagia seperti, tahun baru, Hari Paskah, Hari Kartini, momentum Idul Fitri serta musim libur sekolah menjadi hari-hari dengan jumlah postingan terbanyak di Instagram.

Momen tersebut menjadi favorit karena identik dengan momen berkumpul dan berbagi kebahagiaan bersama keluarga dan kerabat tercinta. Selain itu, Instagram menjadi tempat bagi pengguna untuk mencari inspirasi dan terhubung dengan hal-hal yang disukai hingga figur publik idola mereka.

Sementara tagar #indonesia, #katakatabijak, dan #reseprumahan menjadi tagar yang paling banyak diperbincangkan oleh para pengguna Instagram di Indonesia selama tahun 2019.

Adapun 10 akun Instagram yang paling dicintai warganet Indonesia tahun ini adalah Ayu Ting Ting yang konon masih menjadi artis Indonesia dengan followers terbanyak, Raffi Ahmada dan sang istri Nagita Slavina, Prilly Latuconsina, Syahrini, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gisella Anastasia, Luna Maya, Natasha Wilona, Raisa Andriana, dan Chelsea Olivia Wijaya.

Jokowi bisa dibilang sangat aktif di dunia maya. Setidaknya Presiden Indonesia ini sudah mengunggah lebih dari 1.755 foto di akun Instagram miliknya.

Bukan hanya memperlihatkan kegiatannya sebagai pemimpin sebuah negara, Jokowi juga kerap mengunggah kegiatan keluarganya, terutama kebersamaannya dengan sang cucu Jan Ethes.

Bukan tanpa haters, Jokowi juga kerap mendapatkan komentar pedas di Instagramnya. Meski begitu, tetap saja dirinya masuk sebagai 10 besar orang paling dicari di Instagram Indonesia.

Sementara artis-artis yang paling dicari juga bukan nama-nama baru, Prilly Latuconsina misalnya, meski kerap mendapat komentar negatif dan body shamming dari netizen mahabenar Indonesia, dirinya tetap menjadi artis yang paling dicari di usianya yang masih terbilang muda.

Seperti juga Syahrini, yang tahun ini banyak dicari karena kehidupan pribadinya dan juga status dirinya yang menikah dengan salah satu konglomerat, Reino Barrack.

(Baca juga: Ciri-ciri Beli Like Instagram dengan Followers Palsu)

Sama seperti Syahrini, kehidupan Raffi Ahmad dan keluarga juga selalu menarik bagi warganet. Semenjak memutuskan untuk rehat dari dunia hiburan, akun Instagram Raffi juga makin digemari karena memperlihatkan konten-konten mesra dengan sang istri, Nagita Slavina serta pemandangan indah. Sebab artis yang kerap disebut sebagai pengerek rating tersebut tengah keliling dunia.

  • Instagram Stories

Selain di feed, saat ini fitur Instagram Stories jadi tempat favorit untuk mengekspresikan diri. Secara global, pengguna aktif harian Instagram Stories mencapai 500 juta.

Tidak heran, Instagram selalu melakukan inovasi dan menambahkan berbagai fitur-fitur kreatif dan interaktif di Stories yang bisa membantu pengguna mengekspresikan diri seperti stiker, GIF, filter wajah, dan masih banyak lagi.

Tahun ini, stiker yang paling banyak digunakan oleh pengguna Instagram adalah stiker lokasi, waktu, pertanyaan untuk jajak pendapat, kenangan, dan suhu.

Selain itu, akhirnya Instagram meliris fitur Layout untuk membuat stories. Meski tidak signifikan, untuk menggunakan fitur ini pengguna kerap menggunakan aplikasi pihak ketiga. Fitur ini sudah mulai tersedia secara global di Instagram versi 123.0.0 sejak Selasa (17/12).

Fitur Layout hanya satu dari sekian fitur baru yang diperkenalkan Instagram Stories tahun ini. Beberapa fitur baru lainnya yang hadir di Instagram Stories pada tahun ini antara lain mode Create, membagikan Stories ke profile Facebook Dating, dan masih banyak lagi.

  • Lagi-lagi Saingan Tik Tok

Aplikasi Tik Tok memang banyak mengusik pengembang teknologi, kini Instagram dan Facebook yang merasa terusik. Oleh karena itu, Instagram pun meliris fitur Instagram Reels. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat video klip pendek selama 15 detik lengkap dengan audio seperti yang kerap bisa dilihat di Tik Tok.

(Baca juga: Cek 5 Tips Dagang di Instagram Dijamin Laris Manis)

Agar lebih ciamik, Instagram menyiapkan katalog audio. Reels bisa diakses di Instagram Stories, persis di antara Boomerang dan Super Zoom. Layaknya konten Instagram Stories, video akan otomatis hilang setelah 24 jam. Instagram Reels bisa digunakan di Android maupun iOS. Hanya saja saat ini masih terbatas di Brasil, belum ada informasi kapan fitur tersebut bisa mulai digunakan di Indonesia.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.