Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Jokowi dan Pemimpin ISIS Masuk Daftar Orang Paling Berpengaruh Dunia

by Achmad Fauzi on 14 Mei, 2018

Baru-baru ini majalah Forbes merilis daftar tokoh paling berpengaruh di dunia. Pemikiran dan tindakan para tokoh ini dinilai bisa mengubah kondisi dunia. Sebanyak 75 tokoh mulai dari kepala negara, pengusaha, sampai dengan inovator dinobatkan sebagai orang-orang berpengaruh di dunia.

Menariknya, ada satu nama orang Indonesia yang masuk ke daftar orang-orang berpengaruh itu yakni, Presiden Joko Widodo. Presiden ke-7 Indonesia ini meraih urutan ke-74 orang paling berpengaruh di dunia.

Ini bukan pertama kali pria yang akrab dipanggil Jokowi itu. Sebelumnya, Jokowi juga masuk daftar 100 tokoh paling berpengaruh versi majalah time pada tahun 2015. Tidak hanya itu, Jokowi juga masuk dalam daftar 50 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia versi The Muslim.

Masuknya, Jokowi ke daftar orang berpengaruh karena dianggap berhasil meningkatkan investasi domestik dan asing di Indonesia. Hal itu terlihat dari makin maraknya pembangunan infrastruktur.

(Baca juga: Rupiah Tembus Rp 14.000 per Dolar AS Jelang Puasa, Simak Imbasnya!)

Selain itu, menurut majalah Forbes, Jokowi hingga saat ini masih populer di Indonesia. Forbes melihat sebesar 60% dari jumlah penduduk Indonesia yang sebanyak 260 juta orang masih mengidolakan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Tak hanya itu, dalam daftar orang-orang berpengaruh terdapat satu orang yang menyita perhatian yakni, Abu Bakr al-Baghdadi. Walaupun bukan posisi yang teratas sebagai orang berpengaruh, pemimpin gerakan Negara Islam Irak dan Suriah ini mampu menembus orang paling berpengaruh ke-73. Bahkan, posisinya dalam daftar tersebut di atas Presiden Jokowi.

Memang gerakannya melalui organisasi Negara Islam Irak dan Suriah sangat berbahaya. Pihaknya dinilai tidak pandang bulu dalam melakukan aksinya. Kekejamannya saat ini paling dikutuk di dunia. Pasalnya, Abu Bakr al-Baghdadi juga salah otak kegiatan teroris di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Nah, pasti Anda penasaran, selain Presiden Jokowi dan Abu Bakr al-Baghdadi, siapa-siapa saja sih yang masuk sebagai tokoh-tokoh berpengaruh di dunia versi majalah Forbes? Berikut 5 besar tokoh-tokoh yang paling berpengaruh di dunia.

(Baca juga: Pajak Memelihara Anjing dan Berbagai Aturan Pajak Kontroversial)

Xi Jinping

Presiden China Xi Jinping dinilai merupakan orang yang paling berpengaruh di dunia. Bagaimana tidak? Xi Jinping akan didaulat sebagai presiden seumur hidup di China, setelah parlemen China meresmikan penghapusan masa jabatan presiden.

Nah dengan posisinya sebagai presiden yang tak tergantikan di China, maka dia punya peluang paling besar untuk bisa mengubah dunia. Apalagi, dengan pemikiran-pemikirannya yang biasa disebut Chinese Dream.

(Baca juga: Ingin Buka Usaha Es Kepal Milo? Cek Modal dan Caranya!)

Vladimir Putin

Vladimir Putin menduduki urutan kedua dalam daftar orang-orang paling berpengaruh di dunia. Presiden Rusia ini bukan hanya kali ini sebagai orang berpengaruh di dunia, sebelumnya pada tahun 2013 dan 2016, Vladimir juga masuk ke dalam daftar orang-orang yang paling berpengaruh.

Majalah Forbes juga menyebutkan bahwa Vladimir Putin paling berpengaruh di Benua Eropa. Pasalnya, negara yang ia pimpin yakni Rusia, merupakan pemasok terbesar minyak dan gas di Benua Biru melalui perusahaan milik negaranya, Gazprom. Jadi, jika ada negara di Eropa yang bertersteru dengan dirinya, bisa saja pihaknya menyetop pasokan minyak dan gas ke negara itu.

(Baca juga: Akhirnya Indonesia Kuasai Freeport, Apa Saja Keuntungannya?)

Donald Trump

Munculnya Donald Trump sebagai orang paling berpengaruh ke-3 di dunia tidak lain karena posisinya sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) ke-45. Donald Trump mendapatkan posisi sebagai Presiden AS setelah mengalahkan Hillary Clinton. Kemenangannya itu pun tak juga diduga-duga oleh dunia yang memprediksi Hillary Clinton menang.

Kebijakan Trump selama menjabat sangat kontroversial bagi dunia. Beberapa kebijakan seperti membatasi laju imigran dari 7 negara yakni, Iran, Irak, Suriah, Sudan, Libya, Yaman, dan Somalia memicu kontroversi dan menjadi pembicara banyak pihak di dunia. Hal inilah yang membuat Trump menjadi orang yang berpengaruh.

(Baca juga: Berbagai Mobil Mewah Para Bintang Sepak Bola, Cek di Sini!)

Angela Merkel

Angela Merkel merupakan kanselir atau kepala pemerintahan di negara Jerman yang telah menjabat semenjak tahun 2015. Dia adalah wanita pertama yang meraih jabatan tersebut di Jerman. Hebatnya lagi, Angela Merkel telah sembilan kali dinobatkan sebagai wanita berpengaruh di dunia.

Prestasinya sangat gemilang di Eropa. Pasalnya, Merkel panggilan akrabnya, berperan dalam penangan krisis keungan di tingkat Eropa dan Internasional. Bahkan, dia mendapat julukan “sang pengambil keputusan”. Dengan prestasi itu, Merkel dinobatkan sebagai orang yang paling berpengaruh di dunia urutan ke-4.

(Baca juga: Ini Cara Batalkan atau Ubah Jadwal Tiket Kereta Api Mudik)

Jeff Bezos

Pendiri e-commerce ternama Amazon.com, Jeff Bezos, menempati urutan ke-5 dalam daftar orang-orang paling berpengaruh di dunia. Masuknya Jeff Bezos, menurut majalah Forbes bukan lain karena gagasannya untuk menyediakan wisata luar angkasa. Sehingga, ini memberi kesempatan masyarakat untuk berpergian ke luar angkasa.

Bagaimana menurut Anda? Apakah tokoh-tokoh tersebut bisa dianggap paling berpengaruh di dunia? Para orang paling berpengaruh di dunia itu ternyata berasal dari berbagai latar belakang. Yang menarik, ada juga nama Jeff Bezos yang merupakan pengusaha, bukan politikus atau pemimpin negara.

Nah, jika Anda ingin mengikuti jejak Jeff Bezos sebagai pengusaha yang handal, silakan kunjungi CekAja.com untuk mendapatkan dana pinjaman dalam merintis usaha. Ajukan segera untuk mendapatkan proses yang mudah, aman dan terpercaya.

(Baca juga: Kiat Dapatkan Limit Tinggi pada Kartu Kredit)

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.