Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Jokowi Pindahkan Jalan Tol Terpanjang di Indonesia dari Jawa ke Lampung!

by Gentur Putro Jati on 8 Maret, 2019

Di penghujung masa pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) – Jusuf Kalla (JK) yang akan berakhir April tahun ini, masyarakat Lampung memperoleh kenang-kenangan berupa infrastruktur jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) yang beroperasi penuh mulai hari ini, Jumat (8/3).

tarif tol mudik

Jalan tol sepanjang 140,7 kilometer (km) dipastikan menjadi kebanggaan masyarakat Lampung, karena setelah diresmikan pengoperasiannya oleh RI-1, akan mengemban gelar sebagai tol terpanjang di Indonesia yang sebelumnya digenggam tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di Pulau Jawa dengan panjang 116,75 km. Peresmian Cipali sendiri dilakukan empat tahun lalu alias tahun 2015.

Manfaat jalan tol

Tol Bakter menjadi bagian dari ruas Tol Trans-Sumatera yang terus dikebut pembangunannya oleh kontraktor yang telah ditunjuk pemerintah, PT Hutama Karya (Persero). Beberapa bagian ruas tol Trans Sumatera yang sudah beroperasi lebih dulu adalah paket 1 Bakauheni-Sidomulyo sepanjang 39,4 km.

Peresmian yang dilakukan Jokowi hari ini merupakan perpanjangan dari ruas tersebut sehingga total panjangnya menjadi 140,7 km, meliputi paket 2 Sidomulyo-Kotabaru, Paket 3 Kotabaru-Metro dan Paket 4 Metro-Terbanggi Besar.

Tersambungnya ruas tol Bakter diharapkan pemerintah dapat memberi dampak positif terutama untuk mobilitas masyarakat di Pulau Sumatera, serta memperlancar arus logistik dengan waktu tempuh yang lebih singkat dan biaya terjangkau.

(Baca juga: Hore! Jokowi Permudah ASN, TNI dan Polri untuk Beli Rumah)

Sementara ruas Tol Trans-Sumatera lainnya yang juga sudah beroperasi lebih dulu adalah tol Palembang-Indralaya sepanjang 21,93 km, tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi untuk Seksi 2 sepanjang 7,05 km, seksi 3 sepanjang 4,4 km, seksi 4a yang membentang 6,6 km, seksi 4b sepanjang 6,22 km, seksi 5 sepanjang 9,6 km, dan seksi 6 yang memiliki panjang 7,8 km. Pemerintah juga sudah meresmikan pengoperasian tol Medan Binjai seksi 2 sepanjang 6,18 km dan seksi 3 sepanjang 4,28 km.

Data dan Fakta Tol Trans-Sumatera

Buat kamu warga Sumatera, tentu sudah tidak sabar untuk merasakan sendiri sensasi berkendara di ruas tol Bakter yang kini jadi yang terpanjang di Indonesia bukan? Namun, sebelum melakukannya ada baiknya mengetahui sejumlah fakta dan data terkait jalan tol itu sendiri:

  • Hutama Karya kontraktor utama

PT Hutama Karya (Persero) merupakan kontraktor yang mendapatkan penugasan dari pemerintah untuk menggarap 24 ruas Tol Trans-Sumatera sepanjang 2.770 km, dengan prioritas 8 ruas sepanjang 644 km.

(Baca juga: Setelah Taksi, Kini Giliran PT Pos Tergerus Teknologi)
  • Habiskan dana Rp16,8 triliun

Pembangunan Tol Trans-Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar menelan biaya investasi Rp16,8 triliun. Di mana 52 persen berasal dari ekuitas melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp2,217 triliun dan obligasi yang diterbitkan Hutama Karya sebesar Rp6,5 triliun. Sisa 48 persen dipenuhi dari pinjaman 7 sindikasi perbankan, yaitu Bank Mandiri, BNI, BCA, CIMB Niaga, Maybank, Bank Permata, dan Bank ICBC sebesar Rp 8,078 triliun.

  • Gratis satu bulan!

Setelah diresmikan, tol Bakter akan beroperasi penuh tetapi para penggunanya masih bisa melintas secara gratis selama satu bulan! 

“Beroperasi penuh, tapi akan dibebaskan dulu tarifnya untuk dua minggu atau satu bulan ke depan, sekaligus sebagai masa uji coba untuk masyarakat bisa menikmati ruas tolnya,” ujar Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S. Atmawidjaja.

(Baca juga: 4 Tahun Kepemimpinan, Ini yang Dibuat Jokowi – JK)
  • Dua tol yang lebih panjang bakal diresmikan

Predikat tol terpanjang di Indonesia kemungkinan tidak akan lama dipegang oleh tol Bakter. Karena sesuai jadwal, pada pertengahan tahun ini Hutama Karya juga akan merampungkan pembangunan dua ruas tol Trans-Sumatera lain yang jauh lebih panjang. Yaitu ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189,2 km pada pertengahan 2019, serta ruas tol Padang-Pekanbaru yang mencapai 244 km.

Pilihan asuransi terbaik

Nah, semakin penasaran kan untuk dapat melaju di atas ruas tol Bakter? Jadikan momentum mudik lebaran ke kampung halaman tahun ini yang tinggal beberapa bulan lagi untuk mencicipi ruas tol tersebut. Jangan lupa lindungi diri dan keluarga tersayang dengan asuransi perjalanan terbaik yang dapat kamu pilih lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Ego in debitum, ergo sum