Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Jokowi Umumkan Ibu Kota Baru Indonesia di Kalimantan Bulan Depan

by Gentur Putro Jati on 30 Juli, 2019

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya buka suara soal kepastian pemerintah memindahkan ibu kota baru Indonesia dari Jakarta ke salah satu Provinsi di Pulau Kalimantan. Ia berjanji akan menyampaikan secara resmi tempat pemindahan ibu kota pada Agustus mendatang.

“Memang sudah dari dulu saya sampaikan pindah ke Kalimantan.  Nah, Kalimantannya yang mana yang belum. Nanti saya sampaikan Agustus,” kata Jokowi di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Selasa (30/7) siang.

Menurut Jokowi, kajian pemindahan ibukota itu hingga saat ini belum rampung dan belum tuntas 100 persen.

(Baca juga: Menjelajah 8 Objek Wisata di Daerah Calon Ibu Kota Baru Indonesia)

“Kalau sudah rampung detailnya akan dipaparkan. Pemerintah melakukan kajian kebencanaan, kajian air, keekonomian, demografi, masalah sosial politiknya, pertahanan keamanan, semuanya karena memang harus komplit,” jelasnya.

Tidak Buru-buru

Ia menegaskan, pemerintah tidak ingin tergesa-gesa dalam menentukan lokasi baru pusat pemerintahan Indonesia. Namun, ingin secapatnya diputuskan.

Sebelumnya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Bambang Brodjonegoro mengemukakan, bahwa pemindahan ibu kota baru Indonesia dari Jakarta akan diumumkan oleh Jokowi langsung.

Menurut Bambang, lokasi pemindahan ibukota ada di Pulau Kalimantan. Namun ia enggan menyebutkan nama provinsinya.

“Pulaunya Kalimantan, provinsinya nanti (menyusul),” ujar Bambang.

Sebagaimana diketahui, pada Mei lalu, Presiden Jokowi telah mengunjungi 2 (dua) tempat di Pulau Kalimantan yang dinilai berpotensi sebagai lokasi ibukota negara.

(Baca juga: Intip 5 Wisata Kota Bukittinggi yang Pernah Jadi Ibu Kota Negara)

Kedua lokasi itu adalah Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur, dan Kabupaten Gunung Mas yang berada di Kalimantan Tengah.

Buat kamu yang belum pernah menyambangi dua daerah tersebut, tidak ada salahnya merencanakan agenda liburan berikut bersama keluarga untuk mengenal calon ibu kota baru Indonesia pilihan Jokowi. 

Jangan lupa lindungi diri, keluarga dan rencana liburan seru tersebut dengan asuransi perjalanan yang bisa kamu dapatkan secara mudah lewat CekAja.com.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Gentur Putro Jati

Ego in debitum, ergo sum