Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Jurusan Meme Hingga Fakultas Kopi, Ini Berbagai Kampus Usulan Jokowi

by Miftahul Khoer on 23 November, 2018

Pemerintah saat ini tengah serius memperhatikan bidang pendidikan di Indonesia. Sektor pendidikan menjadi salah satu fokus utama program nawacita yang diusung oleh Presiden Joko Widodo saat kampanye dulu. Tak heran dalam beberapa kesempatan, Jokowi selalu menyinggung tentang inovasi di sektor pendidikan yang bisa disesuaikan dengan kondisi zaman digital seperti saat ini.

Berikut, harapan Jokowi terkait adanya fakultas atau jurusan di perguruan tinggi yang harus disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Fakultas Media Sosial

Pada September 2017, Jokowi hadir dalam peringatan Dies natalis ke-60 Universitas Padjajaran Bandung. Jokowi berorasi di hadapan ribuan civitas akademika membahas tentang perkembangan media sosial yang bergerak cepat.

Jokowi meminta kalangan instansi pendidikan khususnya perguruan tinggi untuk menyiapkan fakultas atau jurusan yang berkaitan dengan media sosial. Menurutnya, media sosial saat ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi dan politik.

(Baca juga: Cek Perhitungan Biaya Pendidikan untuk Anak)
Jurusan Meme

Dalam kesempatan yang sama juga, Jokowi meminta agar Unpad harus sudah menyiapkan Jurusan Meme atau Animasi. Kedua bidang ini dinilai begitu penting karena sedang digemari banyak orang.

Selain itu, Jokowi juga menyinggung wacana yang sama saat menghadiri peluncuran Pendidikan Program Vokasi di PT Astra Otoparts Tbk. pada Juli 2017 lalu.

Jokowi mengatakan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang ada harus mengikuti perkembangan zaman untuk membuka jurusan kekinian yang relevan dengan dunia industri, salah satunya Jurusan Animasi spesialisasi Meme.

Banner KTA CekAja

Fakultas Ekonomi Digital

Harus diakui, pemerintah Jokowi juga tengah mendorong keberadaan perusahaan-perusahaan rintisan yang semakin menjamur di Indonesia. Jokowi sadar betul perkembangan ekonomi saat ini juga ditopang oleh ekonomi digital.

Lagi-lagi, Jokowi menekankan pentingnya sebuah universitas untuk mengembangkan sebuah fakultas baru yakni Fakultas Ekonomi Digital. Hal itu ia sampaikan saat hadir di Dies Natalies Undip ke-60 pada Oktober 2017 lalu.

Ia meminta para perguruan tinggi untuk memberikan pembelajaran yang bisa disesuaikan dengan karakter generasi Y di mana mereka begitu tertarik dengan hal yang bersifat digital yang terkoneksi dengan internet.

(Baca juga: Cara Persiapkan Biaya Pendidikan dengan Modal Minim)
Jurusan Toko Online

Sadar akan berubahnya kebiasaan orang berbelanja dari konvensional menjadi online, Jokowi mendorong agar pihak instansi pendidikan membuka jurusan toko online. Ia merasa toko online saat ini sudah menjadi gaya baru semua orang dalam berbelanja.

Untuk itu, kalangan instansi pendidikan juga harus mengantisipasi pesatnya perubahan pola belanja dari konvensional ke skema online tersebut. Dia yakin betul pasar tradisional secara perlahan akan tergerus oleh kehadiran-kehadiran toko online.

(Baca juga: 10 Tip Sederhana Siapkan Tabungan Pendidikan Anak)
Fakultas Kopi dan Kelapa Sawit

Selain usulan beberapa fakultas dan jurusan di atas, usulan terbaru dari Jokowi adalah wacana tentang pendirian fakultas kopi dan kelapa sawit. Hal itu ia utarakan saat hadir di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Lamongan, Jawa Timur.

Menurut Jokowi, Indonesia merupakan salah satu produsen kelapa sawit dan kopi terbesar di dunia. Ada jutaan hektare luas lahan kelapa sawait dan kopi di Indonesia, tetapi belum ada rencana serius dari pihak instansi pendidikan untuk membuat fakultas kopi dan kelapa sawit.

Jokowi meminta agar para perguruan tinggi di Indonesia merespons terkait adanya riset terbaru tentang kelapa sawit dan kopi seiring selama ini Indonesia sering menjual kopi dalam bentuk mentahannya saja.

Nah, itulah beberapa usulan dari Jokowi kepada kalangan instansi atau lembaga pendidikan untuk membuat terobosan baru menciptkan jurusan atau fakultas yang sesuai perkembangan zaman. Apa Anda setuju dengan usulan-usulan Jokowi di atas?

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.