Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Jualan 4 Barang Ini Saat Waisak Dijamin Untung, Dimodalin Bank Permata Lagi!

by Gito on 6 Mei, 2020

Pada tanggal 7 Mei 2020, Bangsa ini akan merayakan hari besar keagamaan untuk umat Budha, Waisak. Biasanya dalam perhelatan tersebut, candi-candi dan juga kuil bakal dipenuhi oleh aktivitas keagamaan umat Budha. Namun dalam keadaan PSBB, perayaan Waisak tahun ini diimbau untuk tidak dilakukan berkerumun, alias dilakukan dirumah. Nah kamu bisa manfaatkan momen tersebut untuk jualan 4 barang ini saat Waisak.

Dalam perayaan Waisak, ada tiga peristiwa penting yang terjadi pada saat hari yang sama.

Adalah hari kelahiran Sidharta Gautama alias Budha, tercapainya penerangan sempurna pertama Gautama dan wafatnya Budha. Oleh karena itu, Hari Raya Waisak juga dikenal sebagai Trisuci Waisak.

Sama ketika hari besar keagamaan lainnya, saat Waisak juga ada beberapa barang yang menjadi simbol kesucian dan keheningan.

Kebutuhan akan barang-barang tersebut diprediksi bakal bertambah tinggi saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilakukan.

Hal itu bisa kamu jadikan momen untuk berjualan guna menambah penghasilan.

Apalagi saat gempuran pandemi corona seperti ini, rasanya segala cara bisa dilakukan untuk menambah pendapatan. Siapa tahu rejekimu memang disitu, ya kan.

(Baca juga: Menikmati Kedamaian Waisak di Candi Borobudur)

1. Bendera Budha

Bendera Budha - Jualan 4 Barang Ini Saat Waisak Dijamin Untung

Bendera tidak hanya dimiliki oleh negara ataupuan partai politik. Agama Budha juga memiliki bendera yang umumnya dipasang saat perayaan Waisak.

Bendera ini memiliki 6 warna yang terbagi secara vertikal. Dimulai dari warna biru,kuning, merah, putih, oranye dan kumpulan dari semua warna tersebut.

Simbol ini pertama kali di kibarkan pada tahun 1885 di Kolombo, Srilanka salah satu negara yang menjadi pusat Pendidikan ajaran Budha dunia.

Biasanya bendera ini dipasang di rumah orang yang merayakan Waisak. Kamu bisa mencoba menjualnya.

Jelilah mencari supplier barang yang bagus, atau kamu juga bisa menjahitnya sendiri. Harganya cukup lumayan lo.

Apalagi jumlah penganut agama Budha di Indonesia menurut laman Indonesia.go.id, mencapai 0,7% dari total jumlah penduduk. Artinya terdapat pasar yang bisa kamu rengkuh sebanyak 1,8 juta penduduk.

2. Baju berwarna putih

Baju berwarna putih - Jualan 4 Barang Ini Saat Waisak Dijamin Untung

Putih memang selalu identik dengan kesucian dan kebersihan. Begitu pula saat menjalankan ibadah saat Waisak. Umat Budha dianjurkan untuk menggunakan kaus atau baju berwarna putih.

Hal itu dianjurkan ketika kamu ingin berdoa di kuil ataupun tempat beribadah lainnya seperti candi. Jadi saat Waisak kamu bisa jualan baju putih.

3. Lilin bermotif bunga lotus

Lilin bermotif bunga lotus - Jualan 4 Barang Ini Saat Waisak Dijamin Untung

Lilin ini dibentuk menyerupai bunga lotus. Bunga tersebut dilambangkan sebagai keindahan yang mekar dari dunia yang keruh dan berantakan.

Bunga lotus atau disebut juga bunga seroja merupakan salah satu tumbuhan air yang dijadikan lambang negara India. Tumbuhan ini memiliki nama latin nelumbo nucifera.

Akarnya yang menjuntai hingga ke lumpur yang berada di dasar danau atau kolam, membuat bunga lotus disebut mekar diatas wadah yang keruh. Saat Waisak, lilin ini dinyalakan sepanjang hari.

4. Lampu minyak

Lampu minyak - Jualan 4 Barang Ini Saat Waisak Dijamin Untung

Barang khas yang bakal dibutuhkan saat Waisak adalah lampu minyak atau dalam Bahasa jawa disebut sebagai lampu tempel dan lampu semprong.

Lampu ini menggunakan minyak tanah sebagai sumber energi untuk menyalakan api. Penerangan ini melambangkan mengusir kegelapan dan penerangan bagi kehidupan.

Kamu bisa memanfaatkan momentum Waisak untuk jualan lampu minyak. Menarik bukan. 

(Baca juga: Wisata Candi Borobudur, Salah Satu Warisan Dunia Kebanggaan Indonesia)

Pakai modal dari Bank Permata

4 barang tersebut merupakan celah yang bisa kamu manfaatkan untuk bisnis. Kamu bisa mulai mencari supplier barang tersebut dan menjualnya lewat laman jejaring sosial.

Urusan modal, kamu bisa dapatkan melalui fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Bank Permata. Proses pencairannya cepat, hanya 1 hari terhitung dari tanggal pengajuan.

Terpenting lagi adalah, suku bunga yang diberikan cukup kompetitif, jadi tidak perlu takut kalau bunganya bakal ketinggian.

Perolehan dana maksimal yang bisa kamu dapatkan mampu mencapai Rp300 juta. Jadi ketika bisnis kamu sudah semakin besar, kamu bisa langsung menyusun rencana bisnis dan bujet keuangan sekaligus.

Pentingnya dana eksternal untuk bisnis adalah agar kamu semakin termotivasi dan terpacu untuk menjual barang dagangan kamu.

Karena kelemahan banyak orang adalah, semangat di awal tetapi kendor di tengah jalan.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit