Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Jumlah Harta Terbaru 3 Menteri Muda Jokowi dari Nadiem hingga Erick

by Miftahul Khoer on 31 January, 2020

Pastinya kamu mengenal tiga menteri kabinet pemerintah era Presiden Jokowi yang baru ini, yakni Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama.

Sebelum menjadi menteri, mereka merupakan pengusaha yang cukup sukses. Banyak orang pasti sudah tahu sepak terjang mereka di dunia usaha.

Ketika dipercaya oleh Presiden Jokowi untuk memegang posisi penting dalam pemerintahan, mereka dengan berani meninggalkan usahanya, dan memilih fokus untuk mengabdi kepada bangsa, mendampingi Jokowi.

Untuk bisa menjalankan tugas sebagai seorang menteri, maka mereka bertiga harus menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Penyerahan laporan harta kekayaan ini merupakan upaya untuk pencegahan korupsi. Sehingga nantinya, akan diketahui apabila ada yang melakukan korupsi, dan bisa langsung diambil tindakan.

Dalam laporan yang dirilis di situs LHKPN, jumlah kekayaan ketiga menteri tersebut bisa disimak dalam penjelasan berikut ini.

1. Erick Thohir (Rp2,31 Triliun)

Erick Thohir berasal dari keluarga yang kaya-raya. Dia merupakan putra dari Teddy Thohir, salah satu pemilik grup Astra International. Karena itu, tidak mengherankan jika dia mempunyai harta yang cukup banyak.

Di antara ketiga menteri yang berasal dari pengusaha, ternyata Erick Tohir mempunyai total kekayaan yang lebih banyak.

(instagram.com/erickthohir)

Bahkan, total kekayaan mantan bos klub sepak bola Intermilan ini mengalahkan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, yang sebelumnya sempat tercatat sebagai menteri kabinet dengan harta yang paling banyak, yakni Rp1,9 triliun. Angka ini didapat setelah Prabowo melaporkan kekayaan hartanya saat maju sebagai capres di Pilpres 2019 lalu.

Erick Thohir melaporkan harta kekayaannya pada 15 Januari 2020 lalu. Kemudian, laporannya dinyatakan lengkap pada 20 Januari 2020. Begitu Menteri BUMN Erick Thohir melaporkan kekayaannya ke LHKPN, maka dia menjadi menteri dengan total kekayaan terbanyak, dengan total Rp2,3 triliun.

Dari total jumlah harta tersebut, terdiri dari harta bergerak dan tidak bergerak. Harta yang tidak bergerak terdiri dari 30 lahan tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor, Tangerang, hingga Manggarai Barat, dengan total senilai Rp242,54 miliar. Kemudian ada surat berharga senilai Rp1,69 triliun, serta kas senilai Rp139,42 miliar.

Adapun untuk harga bergerak ada 3 mobil dengan merek Mercedez-Bens dan 1 motor merek Honda NF125TR senilai Rp3,91 miliar, dan harta bergerak lainnya senilai Rp26,5 miliar.

Meskipun memiliki kekayaan banyak, ternyata Erick Tohir mempunyai utang senilai Rp60,11 miliar.

(Baca juga: Arah Baru, 5 Deputi Kementerian BUMN Jadi Bos di BUMN)
2. Wishnutama (Rp177,56 miliar)

Sepak terjang Wishnutama dalam dunia televisi dan bisnis sudah tidak diragukan lagi. Karena itu, tidak heran jika  dia sudah tidak asing lagi di dunia pertelevisian.

Wishnutama memulai meniti karir di dunia pertelevisian di Indosiar. Kemudian, dia bekerja di Trans 7 dan menjadi Direktur Utama Trans 7 dan Trans TV.

Kesuksesannya di Trans Corp ternyata belum cukup. Pada tahun 2013, Wishnutama mendirikan Net TV dan menjadi Direktur Utama. Dia kemudian mundur dari jabatan Direktur Utama dan menjadi Komisaris Utama Net TV. Setelah itu, dia pun direkrut oleh Jokowi untuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

kekayaan Wishnutama

Wishnutama melaporkan harta kekayaannya pada 8 Januari 2020 lalu. Laporannya pun dinyatakan lengkap pada 14 Januari 2020. Berdasarkan laporan tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini mempunyai total kekayaan sebanyak Rp177 miliar.

Dari total tersebut, Wishnutama mempunyai harta bergerak dan tak bergerak. Untuk harta tak bergerak ada sebidang tanah dan bangunan yang berada di Jakarta Selatan senilai Rp36,47 miliar, surat berharga senilai Rp112,85 miliar, serta kas senilai Rp17,96 miliar. 

Adapun untuk harga bergerak, mantan Komisaris Net dan Kumparan ini mempunyai 5 mobil yang masing-masing bermerek Land Rover, Toyota Land Cruiser, Mercedes Benz C240, BMW X5 dan Honda Freed senilai Rp7,23 miliar. Kemudian ada harta bergerak lainnya senilai Rp7,63 miliar. 

Wishnutama juga tercatat mempunyai utang sebesar Rp4,59 miliar.

(Baca juga: Deretan Menteri Milenial Dunia)
3. Nadiem Makarim (Rp1,22 triliun)

Mantan bos Gojek resmi ditunjuk Jokowi sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI. Meskipun sudah meninggalkan Gojek, Nadiem Makarim dikabarkan masih memegang saham Gojek. Dari Gojek inilah, namanya semakin dikenal dan pundi keuangannya semakin banyak.

Nadiem mulai melaporkan harta kekayaannya pada 19 Desember 2019 lalu. Laporannya kemudian dinyatakan lengkap pada 14 Januari 2020. Ternyata, Nadiem mempunyai kekayaan sebanyak Rp1,22 triliun. Jumlah tersebut terdiri dari harta bergerak berupa 3 mobil dengan masing-masing bermerek Honda Brio, Toyota Harrier, Toyota Vellfire senilai Rp2,07 miliar.

Sedangkan untuk harta tak bergerak, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini mempunyai enam bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta dan Rote Ndao senilai Rp38,67 miliar, surat berharga senilai Rp1,25 triliun, serta kas senilai Rp119,15 miliar. Dia juga mempunyai utang sebesar Rp185,35 miliar.

Itulah beberapa total harta kekayaan dari tiga menteri kabinet era Jokowi yang berasal dari pengusaha swasta. Mereka rela meninggalkan usahanya demi mengabdi kepada bangsa dan negara ini. Semoga mereka bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, demi kemajuan Indonesia.

Mau mulai berbisnis agar kekayaan kamu bisa menyaingi tiga menteri muda Jokowi? Jangan pernah jadikan kendala permodalan sebagai penghambat langkah kamu merintis bisnis sendiri ya. Pilih dan ajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang bisa kamu pilih dengan mudah dan cepat lewat CekAja.com sebagai solusinya!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.