Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Jurus Ampuh Agar Bos Mau Mengabulkan Permintaan Kamu Naik Gaji di Tahun Depan   

by Ariesta on 14 Desember, 2016

kenaikan gaji - CekAja.com

Normalnya, gaji seorang karyawan naik 10 persen setiap tahun untuk mengimbangi inflasi. Namun tidak semua kantor berbaik hati menaikkan gaji karyawannya kecuali karyawan tersebut mendapat promosi.

Tentunya kamu tidak ingin gaji-mu stagnan di tahun 2017. Apalagi kalau kamu sudah bekerja minimal dua tahun. Lalu bagaimana cara supaya mendapat kenaikan? Jawabannya adalah meminta pada bosmu.

Tapi masalahnya beranikah kamu? Takut, deg-degan, atau canggung pasti kamu rasakan. Agar mantap, simak jurus ampuh berikut ini agar bos kamu mau mengabulkan permintaan naik gaji di tahun depan.

Berlatih

Wawancara kerja saja butuh latihan, apalagi negosiasi gaji. Anggap saja menguasai wawancara kerja ada di level beginner, sedangkan negosiasi gaji merupakan level expert.

Cara untuk menaklukannya adalah dengan berlatih. Seperti saat wawancara kerja dulu, semakin sering kamu berlatih, semakin lancar kamu dalam bicara. Kamu bisa membuat beberapa skenario. Termasuk skenario seperti pertanyaan kenapa gajimu harus naik sampai ketika negosiasi angka.

Berlatih beberapa skenario akan membuatmu lebih siap dalam menghadapi kemungkinan terburuk. (Baca juga: 6 Cara Sederhana dan Efektif Bangun Disiplin Kerja)

Ketahui ‘hargamu’

Mencari tahu berapa standar umum gaji yang sesuai dengan posisimu sekarang ini lebih mudah dilakukan. Jika dulu bertanya pada orang lain dengan posisi sama di perusahaan lain menjadi satu-satunya cara, sekarang kamu bisa mengintip gaji orang lain di situ perbandigan gaji seperti qerja.com.

Memberikan rentang angka

Ketika ditanya berapa gaji yang kamu inginkan, studi yang dilakukan oleh Columbia Business School menyarankan agar mengajukan rentang angka. Misalnya jika gaji idealmu adalah Rp6 juta dari yang asalnya Rp5,5 juta. Maka kamu sebaiknya mengajukan Rp6-7 juta. Strategi ini akan membuatmu mendapatkan kenaikan sesuai harapan (meski disetujui di angka terkecil).

Mengapa metode ini efektif? Rupanya hal ini berkaitan dengan normal sosial, yakni norma kesopanan. Di satu sisi bosmu akan merasa tidak enak jika terang-terangan menolak hingga akhirnya mengabulkan pengajuan di angka terkecil. Tapi sudah untung besar bagimu bukan?

Kedepankan logika

Hari di mana kamu bicara empat mata dengan bosmu pasti melibatkan banyak emosi seperti takut, khawatir, dan sebagainya. Banyak orang enggan mengajukan kenaikan gaji karena mereka berpikir ini akan merendahkan harga diri mereka.

Survey salary.com menemukan bahwa hanya 37 persen karyawan di Amerika yang bernegosiasi gaji, sedangkan 18 persen lainnya menghindari menmbicarakan topik ini. Asal kamu tahu saja, menurut Margaret A. Neale, profesor di bidang negosiasi bisnis dari Universitas Stanford mengatakan bahwa tidak negosiasi gaji artinya mengorbankan penghasilan setahun. (Baca juga: 7 Hal Kecil yang Bisa Mendorong Motivasi Kerja)

Padahal jika mendapat kenaikan Rp500 ribu saja, dalam setahun kamu mengumpulkan Rp6 juta. Jika diivestasikan selama lima tahun dengan imbal hasil 20 persen, dalam setahun kamu bisa mendapatkan Rp51,7 juta (pembulatan).

Butuh kartu kredit yang berikan diskon belanja bahkan cash back jutaan rupiah? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami